Bayar Tanpa Ribet Dengan Mesin EDC Gopay SPOTS - aniskhoircom

Senin, 10 Februari 2020

Bayar Tanpa Ribet Dengan Mesin EDC Gopay SPOTS

mesin edc gopay spots

Bisa dibilang mudik yang saya lakukan beberapa hari lalu cukup spesial. Mudik yang bertepatan dengan libur panjang sekolah serta liburan akhir tahun sehingga bisa bertemu keluarga besar. Terutama keponakan yang kebanyakan berada di pondok pesantrean atau boarding school sehingga jarang sekali bertemu. Bisa dibilang cuma bertemu setahun sekali ketika lebaran. Karena itu saya memanfaatkan benar moment kebersamaan dengan mereka. 

Sebagai anak bungsu di keluarga, saya cukup dekat dengan keponakan. Cucu emak yang berjumlah 15 orang memang ada yang seumuran dengan saya, beberapa yang sekarang sudah dewasa dan remaja. Sehingga ketika jalan dengan mereka pun kami selayaknya teman, bukan lagi sebaga tante mereka. 
mesin edc gopay spots
pict dokpri :Kocok'in Pare 
Seperti kali ini saya diajak “kencan” oleh salah satu keponakan yaitu Ilham. Ilham yang tahun ini masuk boarding school rindu bisa jalan- jalan disekitaran tempat tinggal kami. Tempat tinggal kami yang dekat dengan Kampus Inggris Pare mulai berjamuran kafe kekinian untuk tempat nongkrong cantik. Sehingga kami pun jalan berdua, sedangkan si kecil Wan yang lagi tidak enak badan bersama budhenya dengan imbalan mainan ketika pulang. 
Benar saja, saya diajak ke tempat yang lagi ngehits dan instagramable banget di Pare yaitu Kocok’in. Ketika masuk ke area, pengunjung sudah ramai antri membeli. Terutama dibagian susu dan makanan. Padahal masih sekitaran setengah dua belasan yang artinya baru saja buka. Bukanya sendiri jam 11 siang. Segeralah kami cari minum karena haus ke bagian kasir minuman. Untung saja, meskipun pembeli banyak tapi segera terlayani dengan cepat. Apalagi saya lihat, kasirnya menggunakan mesin EDC Gopay

Apa Sih Mesin EDC Gopay itu? 
mesin edc gopay spots
pict dokpri : mesin edc Gopay SPOTS
Teman- teman seringkan perhatikan mesir kasir ketika melakukan pembayaran? Ada bermacam-macam mesin, dari mulai yang manual sampai yang kekinian. Dengan perkembangan jaman, hampir di setiap kasir sudah menyediakan mesin EDC (Electronic Data Capture) untuk memudahkan kostumer melakukan pembayaran. Salah satu mesin EDC yang multifungi yaitu mesin EDC Gopay atau yang sering disebut SPOTS. SPOTS merupakan perangkat aplikasi kasir dengan Point Of Sale (POS) yang dapat digunakan baik online maupun offline sehingga dapat membantu pengusaha untuk mengelola pesanan, pembayaran bahkan laporan dalam satu mesin aplikasi. 
Selama ini persepsi mesin kasir itu benda besar dan hanya berada di meja kasir saya, maka lain dengan Mesin EDC Gopay ini. Bentuknya yang kecil sehingga praktis ditaruh atau dibawa kemanapun. Serta Mesin EDC ini juga sudah terintegrasi dengan printer sehingga pengguna tidak perlu menggunakan printer secara terpisah. Serta memiliki beberapa fitir yang dianggap sudah memenuhi kebutuhan penggunanya. Beberapa fitur yang ada di Mesin EDC Gopay SPOT ini antara lain : 

1. Mengatur Menu 

Dengan mesin EDC Gopay SPOTS ini pengguna bisa mengatur menu sesui dengan jenis usahanya. Bisa juga jumlah, foto serta kategori menu sesuai kebutuhan
MESIN EDC SPOTS
Pict IG @spots.id

2. Bisa digunakan untuk pembayaran Gopay, kartu debit dan juga cash 
pict IG @spots.id
Biasanya mesin kasir hanya menerima satu jenis pembayaran namun untuk mesin EDC Gopay ini bisa ketiganya. Jadi tidak perlu ada mesin EDC lain untuk pembayaran dengan kartu debit. Karena di mesin EDC Gopay SPOTS merupakan mesin EDC dengan kartu debit. Jadi memudahkan banget bagi kostumer untuk melakukan pembayaran sesuai dengan yang dimilikinya. 
3. Cek resi instan 

Meskipun kecil, mesin EDC Gopay SPOTS ini sudah terintegrasi dengan printer lho. Jadi gak perlu beli mesin kasir serta printer secara terpisah ya.
Pict : IG @spots.id
4. Dapat mendapatkan laporan setiap hari 

Biasanya mesin kasir yang manual harus membuat laporan keuangan berkala secara manual. Namun untuk mesin EDC Gopay ini bisa langsung merekap omzet setiap harinya yang dapat dikirim melalui email. Jadi dimanapun berada, tetap bisa mengkontrol kondisi usaha dengan laporan omzet penjualan dari SPOTS 

5. Biaya cukup terjangkau 

Siapa bilang sesuatu yang canggih harus mahal? Mesin EDC Gopay ini contohnya. Meskipun dengan berbagai kelebihan yang dimiliki biayanya pun tidak mahal. Hanya dengan biaya pendaftaran sebesar Rp. 490.000,- serta biaya harian sebesar Rp. 49.000,- para pemilik usaha sudah bisa menggunakannya. 

Mesin EDC Gopay ini merupakan bagian dari grup perusahaan GOJEK. Jadi sudah terjamin dong kualitasnya. Sehingga sampai saat ini pengguna SPOTS sudah mencapai 15.000 lebih gerai di seluruh Indonesia. 

Cara menggunakan Mesin EDC Gopay: 

Dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya pasti pemilik usaha inginkan memakai mesin EDC ini. Apalagi untuk menggunakannya pun sangat mudah layaknya memakai smartphone. Dengan 

menyalakan tombol power mesin, kemudian terdapat daftar menu penjualan, kemudian pilih daftar pesanan. Setelah itu pilihan pembayaran sesuai dengan pesanan. Disamping mesin EDC Gopay terdapat alat gesek untuk kartu debit. Setelah selesai, maka hasil printer akan keluar dari mesin EDC Gopay ini. 
pict dokpri
Bagian kalian pengguna atau yang ingin memakai mesin EDC Gopay ini bisa ikutin instagram SPOTS ya @spots.id . Di akun tersebut akan banyak up date info terbaru baik tentang SPOTS maupun tips usaha yang sayang banget untuk dilewatkan.




29 komentar:

Wahyu Widyaningrum mengatakan...

Sangat praktis banget ya. Buat aku yang gaptek masih agak bingung. Di desa, nggak pernah pakai kak. Btw aku kepo sama kampung Inggris Pare. Belum kesampaian sampai sana lho.

Brillianty mengatakan...

Apalagi Spots Kedepannya akan mendukung transaksi dgn kartu debit, tinggal sosialiasi saja dan transaksi makin mudah ya.

Deny Ir mengatakan...

ini berarti sistem kerjanya seperti mesin debit di mall-mal kn mb? Tapi perbedaanya disini biaya pendaftaran untuk mendapatkan mesin EDC Gopay terbilang murah nih cuman 490ribu. Cocok banget untuk menunjang suatu bisnis karena lebih simpel dan praktis.

itsmutiara.com mengatakan...

Di jaman sekarang, pembayaran cashless emang udah makin menjamur ya kak. Selain mudah dan ga ribet, hal ini juga aman untuk transaksi. Ada laporannya dan lebih mudah mengelola pengeluaran.

Bambang Irwanto mengatakan...

Saat ngebolang, saya sudah sering melihat mesin pembayaran spots ini, Mbak. Dan bagusnya bisa digunakan berbagai usaha. Baik penjual dan pembeli sama-sama merasa diuntungkan karena sangat cepat dan praktis proses pembayarannya.

Latifika mengatakan...

Aku malah gaptek, belum pernah lihat di kotaku pakai ini, hihihi. Biasa mah di sini, viralnya sudah dari kapan ramainya baru kapan. Jadi bener2 baru dapat info dari tulisan mba Anis ini.

Hanila PendarBintang mengatakan...

Adanya EDC Gopay ini emang bikin mudah banget ya buat transaksi.
Semakin banyak merchant semakin asyik juga kita berbelanjanya.

Okti Li mengatakan...

Dengan mesin SPOTS ini warung biasa bisa jadi lebih modern dengan aplikasi ini ya. Inovasi Gojek emang hebat

Maria G Soemitro mengatakan...

Semoga umkm mau menggunakan ini ya?
Karena mayoritas konsumen udah menggunakan jasa ojol
Sehingga keuangan mereka bisaeterekap

Jasmi Bakri mengatakan...

Kayaknya di Gramed BCS Batam aku liat mesin spot ini. Denger orang di depan aku transaksi pakai Gopay Spots ini dan dapat cashback.

Selain praktis, Gopay Spots juga sering kasih cashback, gitu kata mbak kasir pas aku bayar pake debit.

Andy Hardiyanti mengatakan...

Kapan hari saya pernah nanya ke teman yang punya usaha kuliner dan udah pakai SPOTS gini. Katanya usahanya emang jadi lebih terbantu dengan adanya SPOTS. Urusan terima orderan, bayarbayar, semuanya jadi lebih simple.

Fida mengatakan...

All in banget ya untuk sistem di kasir. Jadi bukan cuma sebagai mesin gesek kartu pembayaran, tapi juga mesin print out data pembelian yang terhubung dengan komputer kasir.

ginanelwan mengatakan...

Sebuah terobosan baru dalam pembayaran apalagi pada pedangang2 kecil. Jadi kita terbantu dengan gak bw cash hanya bayar pake mesin edc

April Hamsa mengatakan...

Terintergrasi sama gopay gtu ya mbak?
Dari sisi penjual emang mesin pembayaran kyk gini lebih memudahkan untuk memantau keuntungan harian ya, jd gak usah melakukan pencatatan yang kadang keliru tapi tinggal praktis aja nyocokinnya :D

April Hamsa mengatakan...

tes

Dian Restu Agustina mengatakan...

Di toko dan warung sekitar rumahku sudah ada yang menggunakan edc gopay spots ini. Memang praktis sekali bagi pembeli. Dan aku baru tahu keuntungan dan manfaatnya bagi penjual. Membantu keduanya ya berarti. Keren!

Naqiyyah Syam mengatakan...

Mesin EDC Gopay ini bikin penasaran aja pantesan sering melihat penjual menggunakan ini ternyata bentuknya kecil dan praktis sangat membantu ya.

Shyntako mengatakan...

Mesin edc spots ini sangat memudahkan kita sebagai pelanggan untuk memilih jenis pembayaran yang kita inginkan ya mba. Plus untuk pelaku UMKM jadi punya catatan transaksi untuk pembukuan bisnisnya. Keren sih!

Fira Firdaus mengatakan...

Pas lirik-lirik kasir, saya juga sering ngeh dengan alat EDC SPOTS ini. Karena layar sentuh jadi keliatan paling praktis dibanding alat pembayaran lain.

Anggita Diah Hadi Ratnasari mengatakan...

Penggunaan EDC udah semakin meluas ya, terutama di modern market, pastinya lebih praktis ya kak. Jadinya gak perlu ribet nulis nota lagi dan pekerjaan semakin cepat diproses.

Marfa U mengatakan...

Buat penjual mudah ya kak krn all in one device, bisa sekaligus sekalian print bukti pembayarannya dlm mesin sekecil itu :3

ZEEVORTE mengatakan...

Sangat simpel untuk di jaman serba canggih dan pesat ini.. jika dilihat mesin EDC Gopay ini sudah hampir merata atau belum ya?

Lasmicika mengatakan...

Saya belum pernah lihat mesin di di sekitar tempat tinggal. Mungkin karena jauh dari kota kali ya. Pastinya akan sangat memudahkan dan menguntungkan bagi penjual dan pembeli.

Ichun mengatakan...

Wahh memang yaa.. sekarang jadi mudah banget. Dulu pernah pake tinggal scan doang beres

Siska Dwyta mengatakan...

Praktis banget ya zaman sekarang. Untuk pembayaran pun gak perlu rempong karena sudah ada mesin kasir seperti ECD gopay ini yang terjangkau dan bisa dipakai oleh para UMKM.

Akarui Cha mengatakan...

Wah ternyata Mba, tante kecil ya. Soalnya punya ponakan yang hampir seumuran. Semoga mesin EDC ini mau digunakan sama UMKM. By the way, saya malah baru tau banget soal mesin ini.

Marita Ningtyas mengatakan...

Aku pernah lihat benda seperti itu di rumah omku yang jualan kebab.oooh ternyata EDC spots itu Kaya gitu... Banyak ya fungsinya.. zaman sudah maju semua digital.. termasuk Pembayaran :)

Hastin Pratiwi mengatakan...

Sepertinya pernah lihat mesin ini meskipun dlu belum tahu apa namanya. Ternyata efisien sekali ya. Ada utk kartu debit, terhubung dgn printer, dan include rekap datanya di dalam mesinnya. Padahal mesinnya imuttt :)

Nengsih Hariyanti mengatakan...

Kayaknya aku prnah ngeliat mesin ini waktu blnja di salah satu minimarket dech. Oya, cara kerjanya sama kayak mesin hitung biasany kan mbk? Hanya saja ini versi yg mininya