Proses Pembuatan Tote Bag dari bahan Kanvas - aniskhoircom | a personal blog by Anis Khoir parenting relationship lifestyle

Sabtu, 19 Oktober 2019

Proses Pembuatan Tote Bag dari bahan Kanvas

Suatu pertanyaan tersirat, apakah anda hobi keluyuran kemana saja dengan membawa Tote Bag berbahan kanvas? Dan entah kebetulan atau tidak, jenis tas jinjing satu ini kerapkali menggunakan kanvas sebagai bahan utamanya, karena selain berbiaya cukup murah, bahan kanvas juga memiliki daya tahan yang cukup kokoh. Di samping itu, kerennya lagi, bahan satu ini begitu mudah dikreasikan alias tergantung kepada daya kretivitas kita, termasuk disablon maupun ditambahi berbagai pernak-pernik aksesoris supaya lebih terlihat enak dipandang mata. 

Nah walaupun begitu, jika anda memiliki kain kanvas sendiri, maka sangat memungkinkan jika anda berkreasi sendiri membuat Tote Bag yang anda idam-idamkan. Atau, anda juga bisa mencari jasa print tote bag untuk membuat tote bag idaman anda. Kebetulan juga disini kami akan uraikan cara-cara atau proses serta tata cara membuat tas jinjing berbahan kanvas itu, dengan syarat anda memiliki modal dasar keahlian menjahit yang lumayan baik.

Sebenarnya berikut bahan-bahan yang harus dipersiapkan untuk membuat tas tersebut cukuplah simpel, yaitu kain kanvas itu sendiri, peralatan jahit termasuk mesin jahit, jarum dan benang, pensil atau kapur jahit, penggaris, serta pastinya gunting.

Nah, adapun proses pembuatannya sebagai berikut :
Proses awal adalah tentukanlah ukuran tas jinjing yang ingin anda buat itu. Setelahnya, anda mesti mengukur segera serta memberikan tanda dengan menggunakan pensil atu kapur jahit di atas kanvas yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Sebagai informasi tambahan, ukuran-ukuran Tote Bag itu sendiri biasanya : 30 x 35 cm (small), 35 x 40cm (medium), dan 60 x 50 cm (large).

Lalu langkah setelahnya adalah, anda perlu memotong bahan kanvas tersebut berdasarkan size yang ingin anda kreasikan sebanyak dua lembar.

Kemudian anda perlu menjahit dua lembaran tersebut dengan menyatukannya secara saling berhadap-hadapan. Setelah itu, anda disarankan untuk menjahitnya secara lurus dan mesti menyisakan satu sisi yang tidak perlu dijahit. Nah supaya lebih kelihatan bagus setelah dijahit, anda perlu melakukan obras supaya serat-serat kanvas itu tidak terurai dengan mudahnya.

Habis dijahit, anda harus membalikkan badan Tote Bag itu sampai bagian baiknyalah yang nampak di luaran. Jangan lupa, anda perlu merapikan bagian atas Tote Bag tersebut dengan menjahitnya secara lurus supaya kelihatan lebih rapi.

Proses selanjutnya adalah, anda harus menjahit gantungan tas tersebut pada badannya. Namun sebelumnya, anda dapat saja menandai pada bagian mana gantungan itu dijahit dengan cara melipat bagian atas Tote Bag sebanyak tiga kali lipatan.

Demikian proses pembuatan Tote Bag berbahan kain kanvas tersebut, dan kini anda pun dapat pergi kemana saja dengan membawa menggunakan tas jinjing tersebut yang dibuat oleh anda sendiri

Begitulah ulasan singkat proses pembuatan Tote Bag dari kain kanvas yang bisa anda lakukan di rumah sendiri, sehingga anda pun dapat menekan biaya karena tentunya lebih terjangkau biayanya jika anda membuat sendiri Tote Bag di rumah. 

Mungkin awalnya akan sulit, tapi jika anda sudah mahir melakukannya, anda bisa membuat tote bag yang berkualitas bagus dan mungkin bisa dijual lagi. Bukankah sangat menarik jika anda bisa melakukan hal yang anda senangi sekalian menciptakan produk yang diminati orang lain.

Semoga artikel ini ada manfaatnya, ya, dan selamat berkreasi!

9 komentar:

  1. Menginspirasi.
    Saya menggunakan totebag ini ke pasar agar bisa mengurangi sampah karena dapat digunakan berulangkali.

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah bisa menambah ilmu dan meningkatkan kreatifitas saya Mbak heheh.

    BalasHapus
  3. Ternyata bahan yang digunakan untuk membuatnya cukup mudah didapatkan ya Mbak.

    BalasHapus
  4. Wah, bisa memanfaatkan barang yang tidak dipakai menjadi barang yang bermanfaat nih Mbak hehe.

    BalasHapus
  5. Awalnya memang sulit sih ya Mbak, tetaoi kalau memang sudah terbiasa pasti akan mudah heheh.

    BalasHapus
  6. Kanvas meskipun harganya murah tetapi kualitas dan kekuatannya baik dan kuat ketika digunakan.

    BalasHapus
  7. Wah pasti seru nih Mbak bisa menggunakan gambar yang kita sukai dengan bebas heheh.

    BalasHapus
  8. ini serius gak ada gambar cara pembuatanya?
    sayang mba, jadi kurang powerfull tulisan bagusnya :))

    BalasHapus
  9. Tulisannya bagus, jadi pengen coba bisnis ini, nextnya posting cara buatnya mas. Sukses selalu mas.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan JEJAK di Rumah ku ini :D