Mengenal Osteothritis dan Cara Pengobatannya - aniskhoircom | a personal blog by Anis Khoir parenting relationship lifestyle

Minggu, 22 September 2019

Mengenal Osteothritis dan Cara Pengobatannya

Pengobatan osteoarthristis
Pernah menemui orang yang lututnya sakit sehingga jika jalan harus terhutung-huyung? Saya hampir tiap hari menemuinya, karena nenek saya yang mengalaminya. Nenek saya mengalami lutut yang kadang sakit sekali sehingga untuk berjalanpun mengalami kesusahan. Ketika diperiksa ternyata nenek mengalami radang sendi lutut atau osteoarthritis. 

Apa sih Osteoarthitis 

Osteoarthritis sebenarnya merupakan proses degenerasi yang menyebabkan peradangan tulang rawan dan sibovial. Penipisan inilah yang menyebabkan rasa sakit dan kesulitan bergerak bebas. Biasanya sendi yang sering mengalami osteoarthritis adalah sendi tangan, lutut, pinggul dan tulang punggung. 
baca juga : barang yang dibawa untuk menjenguk orang sakit
Osteoarthritis ini biasanya terjadi karena beberapa factor seperti dibawah ini : 

1. Usia. Semakin tua usia sesorang resiko terkena osteoarthritis semakin besar, biasanya usia yang paling beresiko yaitu 50 tahun ke atas. 

2. Jenis kelamin. Wanita lebih beresiko mengalami osteoarthritis dari pada pria. 

3. Cedera sendi juga memiliki pengaruh terhadap terkena osteoarthristis 

4. Obesitas. Sebagian berat badan seseorang membuat resiko terkena osteoarthristis semakin besar 

5. Genetika. Factor keturunan juga bisa menjadi penyebab seseorang mengalami osteoarthristis 

Gejala Osteoarthristis 

Gejala osteoarthristis biasanya muncul secara bertahap. Pada awalnya sendiri terasa sakit dan kemudian sulit digerakkan. Untuk letak sendinya sendiri berbeda- beda lokasi tempat osteoarthristis terjadi. Namun secara umum gejala osteoarthristis juga diikuti dengan gejala : 

1. Sendiri menjadi tidak lentur 

2. Sendi bersuara ketika digerakkan 

3. Otot melemah 

4. Masa otok berkurang 

5. Jika terjadi di tangan, ada kemungkinan ada benjolan dan bengkak disekitar jari. Selain itu jari secara berlahan juga akan mengamai pembengkokan. 

Pengobatan osteothritis 

Seseorang yang mengalami osteothritis tidak bisa disembuhkan. Pengobatan yang dilakukan hanya sebagai pengurang gejalanya saja. Dan gejala tersebut jika mendapatkan penanganan yang tepat akan perlahan menghilang seiring waktu berjalan. Adapun cara berikut dapat mengurangi gejala yang dialami oleh seseorang yang mengalami osteothritis : 

1. Rajin berolahraga 

2. Menjaga berat badan sehingga tidak sampai terjadi obesitas 

3. Menjadi terapi okupasi 

4. Menggunakan alat khusus yang berfungi sebagai alat bantu berdiri 

5. Mengkonsumi obat-obatan khusus seperti pereda rasa nyeri juga obat anti depresen 

Untuk kondisi osteothritis masih tahap ringan berbagai cara pengobatan diatas mengkin bisa membantu. Namun jika kondisi telah parah, maka harus konsultasi ke dokter. Biasanya dokter akan menyarankan untuk menjalani prosedur- prosedur tertentu misalkan suntik kortikosteroid atau bahkan tindakan operasi penggantian sendi yang rusak. 
baca juga : kunci sabar merawat orang tua sakit
Biasanya pada stadium 4 atau kondisi osteothritis yang parah operasi penataan tulang harus dilakukan. Prosedurnya dengan memotong tulang diatas atau dibawah sendi. Juga operasi ini menggeser titik tulang taji semakin membesar. Apabila kondisi sudah parah sekali, artoplasti akan dilakukan yaitu mengganti seluruh lutut/ sendi dengan perangkat logam atau platik. 

Untuk pengobatan osteoarthristis dengan cara operasi lutut tentu harus mencari dokter yang berpengalaman. Ketika sudah menghubungi dokter disekitar tempat tinggal dan perlu dokter lain untuk pertimbangan , maka bisa menghubungi dokter.my 
bac juga : lakukan segera untuk gejala kanker rahim
Mengapa harus dokter.my 

Dokter.my bisa menjadi pilihan karena rumah sakit rekanannya telah berpengalaman selama 20 tahun dalam operasi lutut. Selain itu teknik yang digunakan dalam operasi lutut menggunakan minimal invasive subvatussehingga lebih cepat sembuh. Dan yang terpenting meskipun pelayanan pasien yang didapatkan prima harga operasi dan perawatan relative murah.

Tidak ada komentar:

Terima kasih telah meninggalkan JEJAK di Rumah ku ini :D