Mengisi Liburan Sekolah Anak Dengan Kegiatan Bermanfaat - aniskhoircom | a personal blog by Anis Khoir parenting relationship lifestyle

Jumat, 05 Juli 2019

Mengisi Liburan Sekolah Anak Dengan Kegiatan Bermanfaat

Liburan sekolah
Liburan sekolah menjadi saat yang dinanti anak-anak. Karena mereka dapat bersenang- senang dan terbebas dari rutinitas aktifivitas di sekolah. Tidak salah memang, bagaimanapun anak-anak butuh merefresh otaknya. Yang jadi pertanyaan, kegiatan apa yang dilakukan anak-anak selama liburan. Itu yang terpenting. 

Banyak orang tua yang bingung ketika liburan sekolah tiba. Karena mereka harus mengeluarkan uang lebih untuk berwisata anaknya. Belum lagi jika semua anaknya di rumah, tidak bisa dihindari keramaian dirumah pun terjadi serta rumah bak kapal pecah. Belum lagi dengan anak yang menghabiskan waktu yang hanya menonton TV dan bermain gatged saja sehingga menghabiskan waktu secara sia-sia. Padahal tidak selamanya demikian. Orang tua bersama bersama anak bisa mengisi liburan sekolah bersama dengan kegiatan bermanfaat. Caranya terlebih dahulu komunikasikan dengan sang anak, kegiatan apa yang dilakukan. Selanjutnya, untuk ekseskusi bisa dilakukan bersama- sama. 

Berikut ini ada 5 cara mengisi Liburan sekolah anak dengan kegiatan bermanfaat, yaitu 

Membuat Craft 

Membuat kerajinan bersama anak bisa digunakan untuk mengisi kegiatan selama liburan sekolah. Untuk kerajinan sendiri, tentu disesuaikan dengan usia anak. Jadi bisa sesuatu yang sederhana tapi tentunya yang bermanfaat. Untuk memulai membuat kerajinan bersama anak, diskusi dahulu dengan mereka barang apa yang akan dibuat bersama nantinya. Selanjutnya bisa dengan memcari bahan bersama serta yang terakhir mengerjakannya. Oh ya, kegiatan membuat craft atau kerajinan ini selain sebagai pengisi kegiatan yang bermanfaat selama liburan juga meningkatkan bonding dengan anak dan orang tua. Juga kegiatan ini melatih daya cipta serta kreatifitas anak. 

Membaca buku bersama dan pergi ke perpustakaan umum. 

Membaca bersama anak sebenarnya bisa menjadi kegiatan harian. Namun di masa liburan sekolah, bisa dengan membuat target bahan bacaan yang akan diselesaikan dengan anak. Setelah selesai orang tua dan anak dan mengulas bersama buku yang dibacanya. Selain itu membawa anak untuk pergi ke perpustakaan juga lebih mengenalkan berbagai buku serta pengalaman lainnya, seperti mendaftar menjadi anggota perpustakaan juga bertanggung jawab terhadap buku yang dipinjamnya. 
Baca juga : Tips sederhana agar balita gemar membaca
Pergi liburan ke rumah nenek atau keluarga. 

Bagi yang tinggal jauh dari keluarga besar, moment liburan sekolah dijadikan sebagai waktu untuk bersilaturahmi. Biasanya untuk lebih mengenal keluarga besar serta menghabiskan liburan anak tinggal dirumah nenek/ kakek atau saudaranya di daerah yang berbeda. Tentu dengan tinggal sementara di keluarga besar tanpa orang tua akan melatih kemamdirian anak serta lebih mendekatkan kepada keluarga besarnya. 

Mengikuti program liburan 

Selama liburan berbagai lembaga mengadakan kegiatan khusus liburan. Ada yang berupa berkemah bahkan sampai di luar daerah, kegiatan membuat pra karya bersama atau kegiatan liburan kursus memasak untuk anak atau robotic misalnya. Tentu dengan mengikuti kursus liburan semacam ini banyak hal positif yang didapatkan anak-anak. Mulai dari teman baru, pengalaman dan pengetahuan. Yang jadi catatan bagi orang tua yang akan mengikutkan anaknya untuk program khusus liburan, harus tahu dahulu minat dan bakat anak. Ini penting sekali sehingga ketika mengikutinya anak akan merasa senang dan tidak bosan. Selain itu, memperhatikan biaya juga penting sekali sehingga kedepannya orang tua tidak keberatan dengan biaya yang dikeluarkannya. 
Baca juga : 5 Perlengkapan anak yang wajib dibawa ke daycare/ penitipan anak
Pergi ke wisata edukasi 

Banyak yang dilakukan orang tua dan anak ketika liburan yaitu pergi ke tempat wisata. Sehingga tidak mengherankan jika pada masa liburan tempat wisata selalu penuh oleh pengunjung. Tidak salah memang pergi ke tempat wisata, namun orang tua juga harus memperhatikan kemanfaatan yang didapat anak selain rasa senang. Misalkan saja, bisa sesekali mengajak anak untuk liburan ke museum sehingga sang anak dapat belajar tentang sejarak. Atau bagi yang usia anak usia balita, pergi ke kebun binatang bisa jadi pilihan. Mengenalkan berbagai benatang secara langsung memberikan kesan tersendiri yang akan dibawa anak sampai besar nanti. 
Baca juga : Destinasi wisata di Bandung yang ramah anak
Liburan sekolah, masih satu minggu lagi. Sudah punya rencana untuk menghabiskan liburan sekolah yang bermanfaat bersama anak? Tulisan diatas bisa menjadi referensi para orang tua bersama anaknya. Selamat liburan


2 komentar:

Anisa mengatakan...

Banyak juga ya ternyata kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi hari libur sekolah

Sasa mengatakan...

Kalau saya sendiri sih biasanya melakukan craf itu Mbak. Seru banget