Juli 2019 - aniskhoircom | a personal blog by Anis Khoir parenting relationship lifestyle

Selasa, 30 Juli 2019

Ingin Jualan Online Mudah, di Blibli.com Aja

“Uang bisa dicari, ilmu bisa digali, tapi kesempatan untuk berbakti pada orang tua tak akan terulang lagi” 

Sore itu entah berkah atau musibah pada akhirnya keputusan besar kami ambil. Setelah pertimbangan baik buruknya kami memutuskan kembali ke desa. Sebelumnya kami tidak membayangkan bagaimana kehidupan kami di desa. Ya, sejak menikah kami tinggal di kota yang jauh dari kampung halaman suami. Namun karena kondisi bapak mertua yang memerlukan bantuan anak lelakinya untuk mengelola sawah di desa, mau tak mau dan atas nama pengabdian kami pulang. 

Pulang kampung bagi yang lama diperantauan layaknya memulai hidup baru lagi. Terutama saya, yang bukan asli warga disana. Untuk itulah sebagai bentuk kemandirian berumah tangga, kami membangun rumah sendiri. Meski tidak besar tapi cukup menguras tabungan kami dan juga utang disana sini. 
Rumah sederhana yang kami bangun
Dengan kondisi keuangan kami diatas, tentu saya sebagai istri tidak bisa berdiam diri. Bagaimanapun saya harus membantu suami mencari penghasilan lain. Sebagai opsi pertama kami membuka toko kebutuhan sehari juga menyediakan pakan ternak. Namun ternyata tak semudah membalikkan tangan. Meskipun lokasi toko kami strategis, di dekat jalan utama kampung namun ternyata ada beberapa toko tetangga di sana. Mau tidak mau kami harus bersaing dengan mereka. Belum lagi masyarakat di desa kami yang masih mempercayai klenik. Jadi percaya tidak percaya menggunakan dukun dan semacamnya masih lumrah untuk melariskan dagangannya. 
Membuka toko sebagai penghasilan tambahan

Memulai Membuka Toko Online di Blibli.com 

“Kenyataan hidup mengajarkan, bukan peluang yang menciptakan kemauan, tetapi kemauanlah yang menciptakan peluang ( John C. Maxwell) 

Disela- sela menjaga toko yang bisa dikatakan mati enggan hidup pun tak mau, saya tetap menjalankan hobi yaitu menulis. Ternyata konsistensi tersebut menghasilkan reward yang bentuknya bisa uang atau juga berupa voucher belanja. Salah satu yang sering saya dapatkan yaitu voucher belanja Blibli. Ternyata voucher yang diberikan blibli tersebut membuat saya kecanduan. Bagaimana tidak, meskipun tidak mendapatkan voucher, saya tetap dan suka belanja di Blibli karena berbagai kemudahan yang diberikan serta lebih aman dari penipuan. Dari pengalaman tersebut, saya ingin membuka menciptakan peluang dengan menjadi jualan online Mulailah saya mencari tahu berbagai persyaratan serta ketentuan untuk menjadi The Big FAMILY OF BLIBLI. 

Menjadi Seller Blibli, Tak Sulit Kok. 

Masih percaya menjadi Seller itu sulit? Berarti kamu belum kenal Blibli. Karena di Blibli itu mudah banget dan tidak sesusah yang dibayangkan. Hanya perlu 3 langkah saja hasil penjualan udah diterima ditangan. 

1. Buka Toko. Yang namanya mau jualan harus buka toko dulu dong. Buka toko di Blibli gak perlu bangun toko yang keluargan biaya berjuata- juta, atau sewa kios yang tidak kalah mahalnya. Semua bisa dilakukan dengan gratis tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Cukup masuk ke Blibli.com klik “Daftar Sebagai Penjual” kemudian tulis data lengkap serta upload dokumen yang diperlukan. Bagi seller perorangan cuma perlu KTP dan NPWP saja. Kalau sudah, tunggu email konfirmasi. Saat sudah menerima email verifikasi yang berisi kode OTP itu artinya sudah siap buka toko dan jualan. Segitu mudahnya ya jualan online di Blibli ya. 

2. Upload Produk. Kalau toko sudah jadi giliran persiapkan barang untuk dijual. Untuk barang dagangannya mudah banget lho. Cukup upload foto barang yang kita jual ya. Kasih deskripsi sejelas mungkin produk tersebut, dari mulai harga sampai spesifikasinya. Kalau sudah siap semua, kita tunggu pesanan yang datang 

3. Respon Pesanan

Kalau sudah ada pembeli barang kita, akan ada pemberitahuan lewat email serta SMS. Segera respon dengan mengirimkan produk sesuai pesanan. 
Cara bikin toko online di Blibli

4. Terima pembayaran. Kalau barang sdah terkirim, tunggu ya konfirmasi dari penerima barang. Kalau barang udah sampai di tempat pemesan, kita akan menerima pembayaran di rekening yang terdaftar. Pembararan bisa kita dapatkan seminggu sekali ya.. 

Benefit gabung jadi seller Blibli

Selain karena udah seneng sejak jadii konsumen dulu, alasan memilih Blibli sebagai marketplace adalah karena beberapa hal berikut ini : 

1. Keluasan pilihan kategori. Jadi di Blibli banyak pilihan produk yang dapat dijual sehingga membuka peluang penjual lebih besar menawarkan berbagai produknya. 

2. Gratis photo produk. Bagi penjual yang bingung foto barang dagangannya, tidak usah kawatir karena Blibli menyediakan gratis foto produk yang bisa dimanfaatkan para seller. 

3. Kemasan gratis. Dulu setiap beli barang di Blibli itu senang banget karena salah satunya dari sisi kemasan. Barang yang kita pesan dikemas secara rapi dan menggunakan kardus khusus dengan label Blibli sehingga kesan profesial terlihat. Dan ternyata kemasan tersebut didapat seller gratis dari Blibli. Asyikkan.. 

4. Gratis biaya kirim. Yang sering jadi kendala berjualan online itu biasa karena biaya kirim yang cukup tinggi. Apalagi yang letak daerahnya jauh. Tapi di Blibli baik pembeli maupun penjual dimanjakan dengan gratis biaya kirim. 

5. Kemudahan proses pengiriman. Mengalami proses pengiriman ribet? Tidak ada lagi jika berjualan di Blibli. 

6. Asuransi pengiriman produk. Pernahkah merasa takut rusak atau hilang barang yang kita jual? Saya pernah merasakan. Berjualan di Blibli tidak perlu merisaukannya lagi. Ada asuransi pengiriman produk yang membuat penjual menjadi tenang. 

7. Layanan merchant care. Ada masalah dalam pembayaran atau kendala lain?, langsung aja menghubungi merchant care yang tersedia 24 jam. 

8. Terdepan dalam inovasi In Store. Menjadi seller Blibli tidak perlu takut ketinggalan inovasi, karena Blibli terus melakukan inovasi, termasuk inovasi In Store 

Menjadi Seller Milenial Kudu Tetap Belajar 

Menjadi seller bukan berarti hanya berdiam diri dan terima gaji. Karena dunia akan berkembang pesat terlebih di era revolusi industri 4.0 ini. Agar menjadi seller milenial tentu butuh banyak belajar, Blibli memberikan kesempatan edukasi bagi seller untuk pengembangan bisnis online melalui Blibli University. Di sini para seller bisa belajar berbagai tutorial bisns, video learning dan artikel pengembangan bisnis 

Koneksi itu Penting

Orang yang berhasil adalah orang yang bisa menginspirasi dan mau diinspirasi orang lain. Oleh karena, selain sebagai tempat jual beli, Blibli juga memberikan ruang pada seller untuk mengembangkan koneksi bisnis dengan pemilik merchant lainnya. Jadi disini para merchant bisa diskusi, berkoneksi dan tentunya menginspirasi. 

Membuka toko di Blibli bagi saya seperti menemukan dewi fortuna bagi ekonomii keluarga. Bagaimana tidak, saya bisa mendapatkan penghasilkan meskipun dirumah saja. Bahkan bisa dibilang penghasilan dari toko di Blibli lebih besar dari toko dirumah dulu. Bagaimana tidak, kostumer saya bisa berasal dari seluruh penjuru Indonesia bahkan Papua. Dan yang bikin tenang lagi, saya tidak perlu saingan lagi dengan tetangga dalam berjualan. Dengan begitu, saya bisa berbakti pada orang tua, hubungan dengan tetangga tetap terjaga serta pundi-pundi rupiah tetap mengalir setiap minggunya. Kalian mau seperti saya? Buka saja toko di Blibli segera.




Rabu, 24 Juli 2019

Cara Menyapih Anak dari ASI Tanpa Rewel
Cara menyapih ASI tanpa rewel
Sebuah kebahagian bagi ibu bisa memberikan ASI kepada buah hatinya. Terlebih mampu memberikan selama full 2 tahun sesuai yang dianjurkan baik segi medis m aupun ketentuan agama. Bukan hanya sang ibu telah memenuhi kebutuhan nutrisi, tapi memberikan ASI juga meningkatan kedekatan emosi. Namun bukan berarti ASI harus terus diberikan. Karena usia 2 tahun menyapih harus segera dilakukan. 

Cara menyapih satu anak dengan yang lainnya berbeda- beda. Ada yang penuh drama air mata karena anak susah disapih, namun sebaliknya ada yang biasa saja.a Memang semua itu tergantung dari kesiapan kedua belah pihak yaitu ibu dan anak serta dukungan keluarga. Mengapa demikian? Karena dengan menyapih artinya zona nyaman sang anak dengan ibunya akan berbeda serta diperlukan sosok lain yang bisa membuat anak nyaman ketika disapih sehingga berhasil dalam menyapih. 
Baca juga : 5 hal yang harus diperhatikan dalam mengajari toilet training pada balita
Maka sebelum menyapih, tentu harus diperlukan prosejugs panjang untuk mengetahui kesiapan ibu dan anak. Kesiapan yang tidak matang malah bisa menjadia kan anak sulit disapih. Misalkan saja karena ingin segera menyapih langsung tanpa melihat k bahkan bissiapan sang anak. Bukan berhasil menyapih namun biasanya anak kedepannya lebih susah ketika disapih menimbulkan trauma tersendiri. 

Saya sendiri bisa dikatakan terlambat dalam menyapih Wan. Awalnya sih berniat menyapih Wan diusia tepat dua tahun. Namun karena kondisi masyarakat desa kurang mendukung dengan menganggap menyapih itu tidak perlu. Toh pada akhirnya anak akan tidak mau sendiri menyusu. Begitupun kurangnya komunikasi serta dukungan suami, terutama membuat keputusan untuk menyapih bisa dikatakan maju mundur cantik. Apalagi keadaan saya yang full di rumah menyebabkan untuk bisa menyapih agak susah. 
baca juga : Ketika anak bertengkar dengan teman
Baru ketika Wan berusia 2 tahun lebih tekad menyapih akhirnya bulat. Namun bukan berarti kemudian saya langsung menyapihnya. Ternyata tidak semudah itu. Meskipun ada pilihan misalnya menggunakan “dukun” untuk menghilangkan ketergantungan anak pada menyusui atau menakuti anak dengan memberikan bahan yang ditakuti anak pada bagian yang disusui. Karena saya ingin proses tersebut menyenangkan meskipun berlahan mau tidak mau ya memakan waktu yang cukup lama. 

Memang untuk tahapannya sendiri cukup panjang dari mulai pengkondisian saya sebagai ibu maupun Wan untuk menerima tidak menyusui lagi. Juga akhirnya dukungan suami juga saya katongi sehingga semua berjalan dengan baik. Terus apa saja yang saya cara menyapih yang tidak menyebabkan anak rewel? Berikut ulasan saya. 
  • Sounding 
Sounding adalah mengucapkan sesuatu pada anak secara berulang dengan tujuan anak akan memahaminya. Sounding diberikan pada anak terbaik yaitu saat anak mulai menutup mata dan mengantuk tapi belum benar-benar tidur. Pada kondisi anak berada pada gelombang Alfa diotaknya ini paling baik untuk sugesti bawah sadar anak bahwa mereka sudah besar sehingga harus disapih. Dalam kondisi berada di gelombang alfa, otak memproduksi hormone serotonin dan endorphin yang menyebabkan seorang anak merasa senang, nyaman dan bahwa yang dilakukan adalah membuatnya bahagia termasuk untuk tidak menyusui lagi. 
  • Melalui cerita. 
Baca cerita anak
Tidak dipungkiri anak menyukai cerita. Maka ketika ingin menyapih saya memberikan cerita Wan tentang tema menyapih misalkan menitiktekankan ibu tetap sayang pada anak meskipun sudah tidak menyusui lagi. Cerita tersebut bisa dimodifikasikan dengan sesuatu yang anak sukai, misalkan dengan tokohnya hewan, tumbuhan atau lainnya. 
  • Membuat kreasi makanan yang disukai anak 
Bento lucu
Membuat kreasi makanan bertujuan anak mau makan sehingga tidak rewel minta menyusui. Bisa juga dengan membuat makanan pendamping atau menyediakan berbagai macam biskuait serta buah yang disukai anak. 
  • Mendekatkan anak dengan dengan ayah atau anggota keluarga lainnya 
Tidak dipungkiri, dibawah 2 tahun dunia anak berpusat pada ibu. Maka ketika berniat untuk menyapih salah satu caranya yaitu mendekatkan anak kepada selain ibu. Cara ini bukan berarti mengurangi kasih sayang ibu kepada anaknya, tentu tidak. Maksudnya adalah untuk mengurangi keinginan anak untuk menyusui ketika melihat ibunya sehingga ia lupa untuk bahwa waktu menyusui. 
  • Membuat program permainan yang menarik untuk anak. 
Namanya anak paling suka diajak bermain. Apalagi jika permainan itu menarik. Biasanya ketika sudah asyik bermain anak akan lupa dengan kebiasaannya untuk menyusui. Biarkan anak bermain sampai puas. Kemudian selanjutnya jika sudah capek bermain dia akan merasa ngantuk dan mudah sekali tidur tanpa harus menyusu pada ibunya terlebih dahulu.. 

Ketika tiba waktunya menyapih. 

Tidak dipungkiri, awal memutuskan untuk menyapih bisa dikatakan tidak tega. Namun demi kebaikan anak tentu apapun harus dilakukan. Maka ketika hari pertama menyapih Wan, saya jelaskan kalau mulai hari ini Wan sudah tidak boleh minta ASI lagi. Intinya kata-katanya sama dengan saat sounding. Yang membedakan hanya penekanana “mulai hari ini”. Karena sudah terbiasa dengan kata- kata tersebut, bisa dikatakan saya melakukan sounding hampur 6 bulan. Alhamdulillah sih Wan okey saja. Sedikit drama sih ketika Wan akan tidur, karena biasanya diwaktu itulah waktu ng-ASI. Meskipun tidak sampai rewel tapi cukup bikin sedih juga. Saya kemudian memberikan pilhan tidur pada Wan untuk menggendongnya saat mau tidur. Alhamdulillah di hari kedua, dan seterusnya tidak ada acara rewel. Ketika mau tidur Wan minta dibelai saja badannya. Terus sebagai jaga-jaga ketika malam minta ASI saya sediakan minuman di dekat tempat tidur. Jadi ketika Wan bangun, langsung minum sehingga tidak sampai nangis. 
baca juga : berdamai dengan diri sendiri ketika marah dengan anak
Ternyata menyapih itu tidak seseram yang saya bayangkan. Tidak semengerikan seperti cerita orang lain. Karena ya itu, setiap anak beda dan juga tergantung dari kesiapan kedua belah pihak baik ibu maupun anak. 



Selasa, 09 Juli 2019

Cara mendapatkan hosting murah

Bicara tentang blog, sebenarnya cukup lama saya mengenal istilah tersebut. Tepatnya ketika awal masa kuliah dan tertarik dunia literasi digital. Dulu awal- awal sih nulis di blog hanya sekedar curhat. Hitung- hitung biar tulisan tidak hilang jika ditaruh di buku catatan. Namun dengan berjalannya waktu, saya mulai menikmati dunia blogging. Apalagi ketika banyak manfaat yang saya dapatkan. Dari mulai pertemanan, branding diri sampai dalam bentuk materi. 

Sudah tidak asing lagi kalau blog bisa menjadi sumber penghasilan. Bahkan saya memiliki teman yang rela melepas kariernya sebagai PNS demi menjadi full time blogger. Terus bagaimana hasilnya? Iya dari dunia blogger dia bisa meraup puluhan juta tiap bulannya. Amazing memang. 

Yang jadi catatan, untuk menjadi seperti temanku tadi jelas tidaklah instan. Saya ingat benar, ketika saya baru mengenal blog, pengunjuang harian blog temanku tadi sudah diangka dua harian tiap harinya. Dan yang kutahu, temanku juga konsisten serta terus belajar mengikuti perkembangan dunia digital yang terus berkembang. 

Mau tidak mau untuk berkembang harus tahu apa yang dibutuhkan. Untuk bisa menjadi atau “dianggap” blogger professional, salah satunya yaitu dengan memakai domain TLD atau berbayar. Dan juga, demi menjaga keamanan blog serta meningkatkan performa blog, banyak yang memilih untuk hosting pada blognya. 

Memang diperlukan biaya sih untuk perpanjangan domain dan hosting tiap tahunnya. Dan juga harganya bisa dikatakan tidaklah murah. Namun, jangan karena alasan mahal maka keinginan jadi professional blogger terkendala ya. Karena biasanya penyedia hosting atau domain berbayar akan mengadakan promo hosting dan domain murah yang bisa dimanfaatkan.

Bagi kalian yang sedang ingin hosting untuk blognya, atau menambah domain baru dengan harga yang murah, tips berikut bisa di coba ya. 

1. List penyedia hosting dan domain yang terpercaya. Jika berniat hosting serta membeli domain TLD kalian harus menentukan dimana akan memberikan kepercayaan blog tersebut. Tentunya mencari penyedia hosting dan domain yang sudah tahu kualitasnya. Caranya bisa dengan googling pendapat para netizen terhadap penyedia tersebut. Atau yang paling ampuh, langsung tanya kepada teman yang berpengalaman dimana penyedia hosting dan domain yang terpercaya. 

hosting murah 2019
2. Sering pantengin penyedia hosting dan domain yang diinginkan. Pnyedia hosting dan domain berbayar biasanya akan memberikan promo tidak setiap saat. Jadi jika ingin mendapatkan promo hosting dan domain murah, maka harus sering ceki- ceki ke situs resmi penyedia hosting. Biasanya sih penyedia hosting dan domain memberikan promo domain dan hosting murah saat hari- hari besar nasional, misalkan saja saat kemerdekaan Republik Indonesia. Atau juga saat Harbolnas (Hari belanja online nasional) juga memberikan promo besar-besaran. 

Gimana, sudah siap untuk mendapatkan hosting dan domain yang diinginkan dengan harga murahkan? Tips diatas silahkan dipraktekan ya

Jumat, 05 Juli 2019

Mengisi Liburan Sekolah Anak Dengan Kegiatan Bermanfaat
Liburan sekolah
Liburan sekolah menjadi saat yang dinanti anak-anak. Karena mereka dapat bersenang- senang dan terbebas dari rutinitas aktifivitas di sekolah. Tidak salah memang, bagaimanapun anak-anak butuh merefresh otaknya. Yang jadi pertanyaan, kegiatan apa yang dilakukan anak-anak selama liburan. Itu yang terpenting. 

Banyak orang tua yang bingung ketika liburan sekolah tiba. Karena mereka harus mengeluarkan uang lebih untuk berwisata anaknya. Belum lagi jika semua anaknya di rumah, tidak bisa dihindari keramaian dirumah pun terjadi serta rumah bak kapal pecah. Belum lagi dengan anak yang menghabiskan waktu yang hanya menonton TV dan bermain gatged saja sehingga menghabiskan waktu secara sia-sia. Padahal tidak selamanya demikian. Orang tua bersama bersama anak bisa mengisi liburan sekolah bersama dengan kegiatan bermanfaat. Caranya terlebih dahulu komunikasikan dengan sang anak, kegiatan apa yang dilakukan. Selanjutnya, untuk ekseskusi bisa dilakukan bersama- sama. 

Berikut ini ada 5 cara mengisi Liburan sekolah anak dengan kegiatan bermanfaat, yaitu 

Membuat Craft 

Membuat kerajinan bersama anak bisa digunakan untuk mengisi kegiatan selama liburan sekolah. Untuk kerajinan sendiri, tentu disesuaikan dengan usia anak. Jadi bisa sesuatu yang sederhana tapi tentunya yang bermanfaat. Untuk memulai membuat kerajinan bersama anak, diskusi dahulu dengan mereka barang apa yang akan dibuat bersama nantinya. Selanjutnya bisa dengan memcari bahan bersama serta yang terakhir mengerjakannya. Oh ya, kegiatan membuat craft atau kerajinan ini selain sebagai pengisi kegiatan yang bermanfaat selama liburan juga meningkatkan bonding dengan anak dan orang tua. Juga kegiatan ini melatih daya cipta serta kreatifitas anak. 

Membaca buku bersama dan pergi ke perpustakaan umum. 

Membaca bersama anak sebenarnya bisa menjadi kegiatan harian. Namun di masa liburan sekolah, bisa dengan membuat target bahan bacaan yang akan diselesaikan dengan anak. Setelah selesai orang tua dan anak dan mengulas bersama buku yang dibacanya. Selain itu membawa anak untuk pergi ke perpustakaan juga lebih mengenalkan berbagai buku serta pengalaman lainnya, seperti mendaftar menjadi anggota perpustakaan juga bertanggung jawab terhadap buku yang dipinjamnya. 
Baca juga : Tips sederhana agar balita gemar membaca
Pergi liburan ke rumah nenek atau keluarga. 

Bagi yang tinggal jauh dari keluarga besar, moment liburan sekolah dijadikan sebagai waktu untuk bersilaturahmi. Biasanya untuk lebih mengenal keluarga besar serta menghabiskan liburan anak tinggal dirumah nenek/ kakek atau saudaranya di daerah yang berbeda. Tentu dengan tinggal sementara di keluarga besar tanpa orang tua akan melatih kemamdirian anak serta lebih mendekatkan kepada keluarga besarnya. 

Mengikuti program liburan 

Selama liburan berbagai lembaga mengadakan kegiatan khusus liburan. Ada yang berupa berkemah bahkan sampai di luar daerah, kegiatan membuat pra karya bersama atau kegiatan liburan kursus memasak untuk anak atau robotic misalnya. Tentu dengan mengikuti kursus liburan semacam ini banyak hal positif yang didapatkan anak-anak. Mulai dari teman baru, pengalaman dan pengetahuan. Yang jadi catatan bagi orang tua yang akan mengikutkan anaknya untuk program khusus liburan, harus tahu dahulu minat dan bakat anak. Ini penting sekali sehingga ketika mengikutinya anak akan merasa senang dan tidak bosan. Selain itu, memperhatikan biaya juga penting sekali sehingga kedepannya orang tua tidak keberatan dengan biaya yang dikeluarkannya. 
Baca juga : 5 Perlengkapan anak yang wajib dibawa ke daycare/ penitipan anak
Pergi ke wisata edukasi 

Banyak yang dilakukan orang tua dan anak ketika liburan yaitu pergi ke tempat wisata. Sehingga tidak mengherankan jika pada masa liburan tempat wisata selalu penuh oleh pengunjung. Tidak salah memang pergi ke tempat wisata, namun orang tua juga harus memperhatikan kemanfaatan yang didapat anak selain rasa senang. Misalkan saja, bisa sesekali mengajak anak untuk liburan ke museum sehingga sang anak dapat belajar tentang sejarak. Atau bagi yang usia anak usia balita, pergi ke kebun binatang bisa jadi pilihan. Mengenalkan berbagai benatang secara langsung memberikan kesan tersendiri yang akan dibawa anak sampai besar nanti. 
Baca juga : Destinasi wisata di Bandung yang ramah anak
Liburan sekolah, masih satu minggu lagi. Sudah punya rencana untuk menghabiskan liburan sekolah yang bermanfaat bersama anak? Tulisan diatas bisa menjadi referensi para orang tua bersama anaknya. Selamat liburan


Kamis, 04 Juli 2019

Merk Ball Bearing dari Logam Makmur
Ball bearing logam baru
Salah satu bagian dari kendaraan yang tak boleh ketinggalan perhatiannya adalah bearing roda. Besi kecil berbentuk bulat tersebut perlu penanganan juga. Jika diabaikan begitu saja maka fungsinya tidak bisa maksimal. 

Fungsi dari bearing tersebut yakni untuk menjaga supaya poros bannya tak bergesekan langsung dengan roda. Komponen yang satu ini memiliki desain yang minim friksi. Dengan begitu maka saat roda berputar maka bisa jadi lebih stabil. 

Bearing ini sendiri memiliki banyak jenis. Salah satu yang cukup sering dipakai adalah Ball Bearing. Bearing yang satu ini dapat Anda temukan di Logam Makmur selaku penyedia macam-macam bearing terbesar di pasaran. 

3 Merk Ball Bearing dari Logam Makmur yang Menjadi Andalan

Dengan memakai ball bearing yang berkualitas maka hambatan putaran bisa dikurangi dengan baik. Dengan begitu maka pemakaian bahan bakarnya jadi lebih irit karena putarannya lebih ringan. Jadi walaupun bentuk dan ukurannya kecil namun manfaatnya terbilang sangat berguna. Maka dari itu, penting untuk memilih bearing berkualitas supaya tidak cepat rusak atau karatan.
Apabila Anda tengah mencari ball bearing dengan kualitas bagus dan harga menarik maka mungkin bisa memilih salah satu dari bearing yang disediakan oleh Logam Makmur yang satu ini. Berikut akan diulas satu per satu.

Bearing Racing Koyo

Jenis bearing pertama yang ada di Logam Makmur merupakan bearing racing Koyo. Brand yang berasal dari Jepang tersebut terkenal akan kualitasnya karena memang sudah menjadi partner kerja dari PT. Yamaha Motor Kencana Indonesia. Itu sebabnya bearing yang satu ini ada di setiap komponen bearing motor yang berasal dari brand Yamaha.

Baca juga : Peluang Bisnis sayur organik
Salah satu produk berkualitas dari Koyo yakni Hi Speed Bearing bernama Koyo Seiko. Untuk bearing yang ada di setiap motor dari Yamaha bearing yang dipakai memanglah laher merk Koyo dengan versi global, bukannya Koyo Seiko. Namun, Anda masih bisa mendapatkannya di Logam Makmur dengan harga yang bersaing.

Bearing Racing FAG

Ball bearing selanjutnya yang tersedia di Logam Makmur adalah merk FAG. Bearing yang satu ini didatangkan langsung dari negara Portugal. Untuk kalangan pecinta motor otomotif, bearing tersebut memiliki harga yang terjangkau namun kualitasnya juga sangat baik. Sudah banyak pihak yang mengakui kualitas dari brand FAG tersebut di antaranya pecinta otomotif serta mekanik. Karena itulah brand yang satu ini terbilang laris di pasaran.

Bearing Racing SKF

Brand terakhir yang ada di Logam Makmur merupakan SKF. Merk bearing itu memiliki kepanjangan Svenska Kugelahaar Fabricen. Dilihat dari namanya saja sudah jelas jika bearing tersebut berasal dari negara Swedia. Walaupun asalnya dari Swedia namun manufacturingnya sudah ada di Indonesia. Bearing racing tersebut terbilang tangguh untuk digunakan di berbagai jenis mesin untuk motor balap. Terlebih bagi bearing yang memiliki seri C4. Bearing tersebut mengandung bahan material keramik yang bermanfaat penting untuk meminimalisir gesekan yang bisa terjadi.
Keunggulan lain dari bearing merk ini yakni bearing tersebut terikat material khusus yang dipasang di bagian ring dalam namun dapat digeser keluar dari laher ring luarnya akan tetapi tidak sampai lepas dari rumahnya. Dengan begitu laher jenis ini bisa stabil walaupun posisi kruk-asnya terus bergerak saat berputar atau saat mendapatkan tekanan.

Itulah tadi 3 merk ball bearing dengan kualitas bagus yang terdapat di Logam Makmur. Untuk informasi mengenai merk lain yang juga disediakan di sana Anda bisa mengunjungi website resminya langsung. Semoga penjelasan ini bisa menambah info bagi Anda.

Rabu, 03 Juli 2019

 5 Hal Yang Harus Diperhatiakan Dalam Mengajarkan Toilet Training Pada Balita
Toilet training pada balita

Toilet training bagi masyakat di desa saya yaitu di sebuah desa kecil di Kediri sudah tidak asing lagi. Bahkan banyak orang tua dulu telah mengajarkan toilet training pada anaknya sedari kecil. Toilet training yang lebih dikenal dengan Tatur yaitu mengajarkan anak merasakan/ memahami tubuhnya ketika buang hajat. Jadi biasanya sang ibu, akan memberikan tanda atau aba-aba (sounding) bahwa si balita akan mengeluarkan hajatnya. 

baca juga : penyebab takut pada anak yang perlu orang tua ketahui
Dijaman serba mudah sekarang, orang tua dimudahkankan dengan adanya diaper. Namun kemudahan itu tidak jarang malah melenakan. Sehingga meski ada yang sudah mendekati usia lima tahun misalnya, belum lulus toilet training. Sekarang yang jadi pertanyaan kapan balita belajar toilet training dan lepas dari diaper ? Yuk baca ulasan saya lebih jauh.. 

Indikator Balita Lulus Toilet Training 

Seorang balita dikatakan lulus toilet training jika mampu mengindentifikasi dirinya ketika akan melakukan aktifitas buang hajat. Jadi ketika balita lulus toilet training tidak akan lagi ngompol atau buang air bukan di toilet. 

Kapan Balita Mulai Toilet Training? 

Kapan yang tepat untuk toilet training itu relative setiap balita. Artinya balita yang satu dengan yang lainnya berbeda. Ada yang sedari lahir sudah di tatur sehingga tidak terbiasa menggunakan diaper dan hanya bisa buang air di toilet. Namun sebaliknya ada yang baru usia tertentu baru memahami toilet training. Seorang psikolog ketika saya mengikuti Talkshow Parenting mengatakan, untuk usia dikatakan siap toilet training balita laki- laki dan perempuan berbeda. Untuk laki- laki dikatakan siap untuk toilet training ketika berusia 2,5 tahun. Sedangkan, balita perempuan usia 2 tahun sudah bisa lepas diaper karena dalam segi emosi perempuan lebih cepat matang dari pada laki- laki. 

Baca juga : Anak bermain kotor-kotoran? Yey or Ney
Okey bunda, jika dari sekarang bunda ingin memulai toilet training maka apa saya yang harus diperhatikan? Berikut setidaknya ada 5 hal yang bisa bunda perhatikan ya.. 

1. Sounding. Jadi sebelum memulai toilet training, maka sebagai ibu kudu “ banyak bicara” tentang kegiatan yang berkaitan dengan toilet. Misalnya saja mengatakan “ adik sudah besar, jadi diapernya tidak dipakai. Jadi BAB/ BAK di kamar mandi ya”. Yang namanya sounding tidak sehari dua hari, jadi lakukan terus menerus sampai berhasil. Di sounding inilah kesabaran menjadi kuncinya. 

2. Memberi pemahaman tentang BAB/ BAK. Memberi pemahaman kepada balita tentu harus dengan bahasa balita juga ya. Jadi penjelasannya sederhana saja. Misalnya saja menunjukkan kalau popoknya basah karena BAK maka harus di dibersihkan dikamar mandi dan ganti popok yang bersih. 

3. Mengingatkan anak waktu- waktu tertentu untuk buang air misalnya sebelum dan bangun tidur, sehingga di waktu- waktu tersebut anak akan terbiasa untuk buang hajat di kamar mandi. 

4. Orang tua mengingatkan anak untuk buang air misalnya dengan mengambil jarak setiap beberapa jam sekali. Dengan mengingatkan seperti itu, anak akan terbiasa ke kamar mandi sehingga tidak sampai ngompol. 

5. Bertahap. Namanya balita tidak bisa langsung lulus toilet training. Maka untuk toilet training harus dilakukan bertahap. Misalkan saja, untuk tahap awal orang tua akan melepas diaper si balita pada siang hari. Tujuannya si balita mulai bisa membedakan kondisi tubuhnya ketika akan buang air. Jika pada waktu siang sudah lulus toilet training, maka akan berlanjut malam hari. 

Terus gimana jika mengalami gagal toilet training? 

Saya sendiri mulai melatih Wan untuk toilet training sejak usia satu tahun. Jadi dari setahun sengaja untuk siang hari tidak memakaikan diaper, kecuali jika bepergian atau ada acara. Sedangkan untuk malam hari, Wan sudah tidak ngompol ketika usia 2 tahun. Namun, justru ketika BAB hingga usia 3 tahun belum juga lulus toilet training. Namun Alhamdulillah, di usia Wan 3,5 tahun akhirnya bisa mengungkapkan dirinya jika ingin buang air. 
Baca juga : Ketika anak bertengkar dengan teman
Jika bunda mengalami hal seperti saya yang merasa “gagal toilet training” , bagaimana solusinya? 

Yang pertama bunda lakukan adalah sabar. Iya sabar untuk terus mengenalkan konsep tentang toilet training. Selanjutnya yaitu jangan lupa untuk terus sounding saat balita akan tidur. Dan terakhir, tentunya tidak menyamakan dengan balita lainnya. Karena setiap anak unik dan punya kelebihan masing- masing. Setujukan bunda?