Pendidikan Karakter Anak Melalui Cerita Naila dan Nafa - aniskhoircom | a personal blog by Anis Khoir parenting relationship lifestyle

Kamis, 11 April 2019

Pendidikan Karakter Anak Melalui Cerita Naila dan Nafa

Buku joyo juwoto naila dan nafa

Cerita menjadi sesuatu yang menarik bagi siapa saja, termasuk saya. Saya ingat benar ketika kecil bapak selalu menyuguhi dengan cerita setiap kali malam. Dengan imbalan memijat tubuhnya, saya dan mbah akan mendapatkan aneka cerita. Dari mulai kisah heroic beliau yang turut melawan penjajah Jepang, kisah Mahabarata sampai tentang hewan hasil rekaan bapak. Dan sampai sekarang banyak kisah dari bapak yang masih saya ingat baik alur cerita maupun hikmahnya. 

Ketika sekarang saya diamanahi untuk menjadi ibu, kebiasaan yang bapat tanamkan dulu turut saya wariskan pada anakku. Meskipun tidak sepandai bapak dalam penghayatan atau tidak sekaya tokoh yang diciptakan bapat namun saya tetap berusaha untuk bercerita. Karena saya yakin, melalui cerita anak dapat berimajinasi, mendapatkan banyak kosakata baru serta menumbukan rasa ingin tahu. Sehingga dengan cerita atau dongeng saya gunakan sebagai salah satu metode pembentukan karakter anak. 

Memilih bahan untuk cerita anak bisa dikatakan gampang- gampang susah. Gampang karena dengan kemudahan teknologi internet khususnya, apapun yang dibutuhkan manusia sebatas sentuhan jari. Susah diartikan lebih pada beragam pilihan yang dihadirkan serta konten yang sesuai dengan kebutuhan. Sehingga menjadi ibu yang bisa menghadirkan cerita yang sesuai dengan anak dituntut untuk cerdas. Salah satu cara yang bisa ditempuh yaitu dengan memilih sumber cerita yang tepat. Bagi saya mengambil cerita dari buku anak yang bagus jadi pilihan karena sudah terbukti kualitas baik konten maupun kesesuaian dengan karakter anak. 

Satu lagi yang jadi pertimbangan memilih buku anak yaitu tidak melepaskan karakter dasar anak untuk senang dalam segala hal tanpa paksaan. Juga memilih cerita yang dekat dengan keseharian anak akan mampu memberikan kenangan tersendiri sampai mereka besar nanti 

Buku Cerita Naila dan Nafa 

Buku Cerita Naila dan Nafa merupakan buku anak berkisah tentang petualangan Naila bersama sang adik Nafa. Buku yang terdiri dari 15 cerita Naila dan Nafa bisa dikatakan ceritanya sangat dekat dengan anak. Saya sebagai pembaca seolah dibwa ke masa kecil kembali. Misalnya saja dalam cerita Berkemah di Halaman Rumah. Pada cerita tersebut, Naila da sang adik senang bermain rumah-rumahan menggunakan jarik, yang juga saya lakukan dulu. Di cerita lain juga mengisahklan tentang Bermain boneka Barbie jagung yang dulu banyak anak perempuan lakukan. 

Memberikan Cerita Naila dan Nafa pada anak, seolah saya bertutur tentang masa kecil saya sendiri. Sehingga lebih bisa menjiwai ketika membacakan cerita. Juga cerita Naila dan Nafa juga mengenalkan tentang berbagai kegiatan yang bisa dilakukan seorang anak. Tentu kegiatan disini memanfaatkan alam sekitar serta meningkatkan daya imajinasi serta kreativitas anak. 

Bapak di balik lahirnya Cerita Naila dan Nafa 

Buku cerita Naila dan Nafa merupakan sebuah buku anak dari Bapak Joyo Juwoto yang layak dibaca serta menjadi hadiah untuk anak. Buku ini sebenarnya merupakan memoar Bapak Joyo Juwoto terhadap buah hatinya yang bernama Naila dan Nafa .Dengan bahasa yang ringan serta certa yang tidak terlalu panjang pada setiap kisahnya membuat buku Naila dan Nafa mudah dipahami serta dibaca anak-anak. 

Siapa Joyo Juwoto 

Bagi pegiat serta pecinta literasi di daerah Tuban khususnya, tentu tidak asing lagi dengan Joyo Juwoto. Mbah Joyo lebih akrabnya beliau dipanggil, telah membidani banyak buku. Tidak hanya buku antologi, tapi Mbah Joyo yang aktif di Komunitas Kali Kening, Forum Lingkar Pena serta Komunitas Blogger Tuban juga telah melahirkan beberapa buku solo. Buku solo beliau yang telah terbit antara lain Dalang Kentrung Terakhir, Secercah Cahaya Hikmah dan Jejak Sang Rosul. Rupanya Mbak Joyo tidak puas hanya mencoba di satu Genre buku saja. Buktinya beliau juga mencoba menulis buku anak Cerita Naila dan Nafa yang merupakan buku anak pertama Mbak Joyo. 

Kalau boleh kasih bintang sih saya kasih 8 dari 10 bintang untuk buku Cerita Naila dan Nafa. Untuk spesifikasi buku sebagai berikut ya : 

Judul Buku : Cerita Naila dan Nafa 

Penulis : Joyo Juwoto 

Penerbit : Niramedia 

Tahun Terbit : 2019 

Jumlah halaman : 96 hal 

12 komentar:

Okti Li mengatakan...

Buku cerita anak cocok nih buat penambah koleksi perpustakaan pondok mengaji Al Hidayah di rumah. Stok buku lama sudah sering dibaca anak santri. Harus ada penghuni baru but dibaca mereka nih

Uci mengatakan...

Bukunya wajib dimiliki di rumah, karena bisa mengajarkan anak mengenai kehidupan sehari hari dengan cara yang sangat menyenangkan. Karena sekarang budaya membaca, harus mulai dibudayakan sejak dini, agar saat dewasa anak hobi membaca, karena membaca adalah jendela dunia.

Andhika Nur Afian mengatakan...

Memang mantap buku cerita naila dan nafa yang di tulis mbah joyo ini.

Juliastri Sn mengatakan...

Cerita anak memang membuat anak senang, meluaskan imajinasi, menambah kosakata baru, Dan Menimbulkan rasa ingin tahu. Noted mba. Thank for sharing.. :)

yurmawita mengatakan...

rekomended nih ya, nafa dan naila Penasan nih apa bisa dipesan di online ya.

Annafi mengatakan...

Bagus juga nih bukunya untuk ponakanku, kalau baca buku cerita anak sering flashback ke masa kecil ya mba 😀

Melysa Luthiasari mengatakan...

Aku malah sebaliknya mba, setiap mau tidur malah anakku yg bercerita, sampai di lelah sendiri dan tertidur. Mamanya mah ga pandai bercerita, Hehehe. Btw cerita buku ini bagus juga yah buat anakku nih.

Agustina Dwi Jayanti mengatakan...

Kalo say dari dulu gak dapat dongeng. Jadi saya mulai suka membaca karena melihat film kartun jepang...kebiasaan membaca itu memang baik. Apa lagi memilihkan bacaan anak yang pas

Fenni Bungsu mengatakan...

Lewat cerita, anak bisa dididik yah karakternya

Maliha mengatakan...

Sepertinya rekomendasi banget nih buku cerita ini untuk mengembangkan ketrampilan dasar anak dasar anak melalui isi ceritanya

Tukang jalan jajan mengatakan...

Tidah banyak penulis yang mau membuat buku anak dengan pendidikan karakter. Tentu ini jadi pembelajaran bagus. Orang tua pun semakin mudah mencari buku yang sesuai. Maju terus literasi untuk anak

Himala mengatakan...

Buku Cerita Naila dan Nafa itu 1 buku isi 15 cerita atau judul buku yg terdiri dari beberapa seri gitu, mbak?

Kadang aku rada sebel lihat buku anak kecil sekarang. Tiap buku isinya 1 cerita, tapi tulisannya cuma 1-2 baris & gambarnya doang yg gede2. Jadi bingung gimana cara ceritanya klo nggak ada alurnya hahaha...

Jadi kangen buku model "kumpulan cerita". Dulu tiap adikku mau tidur pasti kubacain buku kaya gitu