Tips Posisi Menyusui Yang Benar - aniskhoircom | a personal blog by Anis Khoir parenting relationship lifestyle

Minggu, 04 November 2018

Tips Posisi Menyusui Yang Benar


Asi adalah asupan yang harus dipenuhi bayi hingga 2 tahun. Maka untuk memenuhi asupan asi ini, anda para ibu harus terus mengoptimalkan diri agar bisa menyusui bayi hingga 2 tahun. Mungkin 6 bulan juga bisa dibilang waktu yang juga bisa anda pilih untuk menyusui bayi anda, jika anda tidak merasa sanggup hingga 2 tahun. Sebenarnya beberapa faktor yang menyebabkan anda tidak percaya diri menyusui hingga 2 tahun. Salah satunya adalah posisi menyusui yang salah. Maka pengetahuan posisi menyusui yang benar harus anda ketahui agar anda tidak menyerah untuk memberikan asi hingga 2 tahun. Posisi menyusui yang benar juga sangat berpengaruh untuk memperlancar asi. Beberapa tips berikut ini bisa anda jadikan referensi untuk mendapatkan 
posisi yang


Posisi menyusui yang benar untuk membuat anda merasa nyaman yaitu anda bisa berbaring di tempat tidur dengan tangan mennyanggah kepala dan badan anda dengan posisi miring. Anda juga bisa menggunakan bantal untuk mendapatkan posisi yang nyaman. Posisi berbaring ini sebenarnya agak susah untuk bayi yang baru lahir. Namun tidak menutup kemungkinan jika posisi berbaring menjadi pilihan anda untuk menyusui. Ketika anda melakukan posisi berbaring. Maka ada hal hal yang harus anda perhatikan. Pertama, jangan sampai badan bayi tertindih oleh badan anda. Mengingat anda bisa saja tertidur ketika menyusui sambal tidur. Kedua, hal yang harus anda perhatikan ketika menyusui  sambal tidur adalah anda harus pindahi pindah posisi, agar asi di masing-masing payudara bisa diminum oleh bayi anda. 

Posisi menyusui dengan duduk di atas sofa juga bisa menjadi posisi menyusui yang benar. Hal dikarenakan kenyamanan dalam menyusui menjadi hal yang penting dalam menyusui. Namun anda harus memperhatika posisi duduk anda. Anda harus duduk senyaman mungking dengan menyenderkan punggung anda. Lalu jangan menggantungkan kaki anda. Kemudian anda gendong bayi anda untuk menyusui. Anda juga bisa menggunakan bantal yang agak tebal dan tinggi agar bayi bisa dekat dengan payudara anda. Apalagi sekarang sudah banyak yang menjual bantak menyusui. Bantal menyusui yang banyak dijual biasanya berbentu bulan sabit. Caranya dkalungkan di perut anda. 
Kemudian taruh bayi di atasnya. 
Hal- hal yang harus anda perhatikan untuk mendapatkan posisi menyusui yang benar juga dipengaruhi pad acara anda memposisikan bayi anda. Misalnya ketika anda memilih posisi duduk di sofa maka anda harus meletakan bayi anda di atas bantal menyusui dengan benar. Kemudian arahkan kepala bayi ke puting anda. Lekatkan puting anda ke mulut bayi. Caranya bisa dengan berbicara dengan bayi, atau menggoda bayi agar menemukan puting anda. Cara lainnya anda bisa memegang payudara anda kemudian masukkan puting anda ke mulut bayi. 

Tidak mudah untuk membuat bayi mengarah pada payudara anda, maka anda harus mengetahui taktik yang tepat agar bayi mau menyusui. Posisikan kepala bayi tepat di depan payudara anda. Kemudian anda bisa mengeluarkan sedikit asi dari puting anda. Lalu anda oleskan ke mulut bayi. Cara tersebut bisa membuat mulut bayi terbuka lebar, sehingga putting payudara anda, bisa gampang masuk ke mulut bayi. Jika anda masih susah untuk memasukkan putting ke mulut bayi. Anda bisa menempelkan mulut bayi ke putting anda, kemudian bayi anda akan mencari puting anda. Anda bisa membantu memasukan puting ke mulut bayi.  

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Very goߋd information. Lucky me I found your ᴡebsite by accident (stumbleupon).
I have saved it for later!