Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Tanpa Santan - aniskhoircom | a personal blog by Anis Khoir parenting relationship lifestyle

Jumat, 09 November 2018

Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Tanpa Santan

Membuat bubur kacang hijau tanpa santan

Bubur kacang hijau kental dan enak tanpa santan ini bisa menjadi menu pilihan makan sehat keluarga anda. Bubur kacang hijau ini memiliki rasa yang manis, enak, dan empuk sehingga menjadikan makanan tradisional ini menjadi salah satu makanan yang populer di masyarakat. Makanan ini sangat disukai banyak orang, baik anak-anak, orang dewasa, maupun orang tua. Bubur kacang hijau ini memang banyak dijual oleh pedagang keliling yang bisa dicampur dengan bubur ketan hitam, bahkan bisa ditambah dengan potongan roti yang bisa menambah rasa nikmat bubur kacang hijau ini.


Makanan yang kaya akan vitamin ini sudah dikenal sejak jaman dahulu, karena selain rasanya yang manis dan enak juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sehingga makanan ini sanga baik untuk dikonsumsi, baik oleh bayi, anak-anak, orang dewasa, maupun ibu hamil. Dan membuat bubur kacang hijau ini sangatlah mudah, sehingga bisa dibuat sendiri di rumah. Adapun mengenai beberapa manfaat dari mengonsumsi bubur kacang hijau sebagai berikut => dapat mencegah penyakit anemia, dapat memelihara kesehatan tulang & gigi, dapat memelihara kesehatan jantung, mencegah cacat kelahiran pada bayi, bagus untuk perkembangan janin, mencegah penyakit ostheoporosis, melancarkan system pencernaan, menurunkan demam pada anak, menyembuhkan batuk – influenza, sebagai sumber protein, pemasok energy, dan masih banyak lagi. Mengingat manfaatnya yang sedemikian rupa, maka tak heran jika bubur kacang hijau ini wajib dijadikan menu sarapan pagi atau pun dijadikan sebagai camilan malam hari.

Pada resep kali ini akan membuat bubur kacang hijau tanpa santan, atau santan dipisah karena juga bisa disajikan dengan mengunakan susu sebagai pengganti santan. Salah satu triks supaya bisa menghasilkan bubur kacang hijau yang empuk dan nikmat, adalah prose perendaman kacang hijaunya. Untuk merendam sebaiknya gunakan wadah yang lebih besar karena kacang hijau biasanya akan mengembang setelah menyerap air, dan gunakan air yang lebih banyak supaya kacang hijau tetap terendam, atau selalu menambahkan air secara berkala pada setiap kacang hijau mulai mengembang, untuk menjaga supaya kacang hijau tidak menjadi toge atau kecambah. Berikut ini cara pembuatan bubur kacang hijau tanpa santan :

Bahan-Bahan Yang Harus Ada :
- Kacang hijau 250 g, rendam seharian selama 24 jam
- Air 1 L
- 3 lembar daun pandan
- 2 sdm tepung tapioka atau bisa juga maizena, lalu larutkan dengan sedikit air
- 5 cm jahe lalu memarkan
- 150 gram gula pasir atau juga gula merah
- 1 sachet vanilli bubuk
- 1200 ml air untuk rebusan kacang hijau
- Susu kental manis secukupnya
Cara pembuatannya adalah :
1. Pertama rendam kacang hijau selama kurang lebih 2 jam
2. Kemudian rebus kacang hijau dengan air 1 L, masukkan jahe yang sudah dimemarkan sebelumnya, gula pasir, daun pandan, vanilli,  serta garam. Lalu aduk hingga rata.
3. Setelah itu larutkan tepung maizena dengan 2 sdm air, dan masukkan dalam rebusan kacang hijau tersebut.
4. Lalu masukkan susu kental manis ke dalam lalu aduk hingga rata. Aduk hingga mendidih.
5. Bubur kacang hijau tanpa santan siap dinikmati.

Bagaimana, cara membuatnya sangat mudah dan simple banget kan? Nah itulah resep cara membuat bubur kacang hijau tanpa santan yang bisa anda coba sendiri di rumah. banyak. Dengan demikian, bunda pun tidak perlu lagi membeli bubur kacang hijau di pasaran. 

7 komentar:

Anonim mengatakan...

I seriously love your blog.. Great colors & theme. Did you build
this amazing site yourself? Please reply back as I'm wanting to create
my very own site and want to find out where you got this from or just what the theme is called.
Many thanks!

Okti Li mengatakan...

Bubur kacang hijau sangat disukai anak. Setiap ke posyandu para balita suka banget kalau dibagi bubur kacang ini. Hujan2 gini seruput hangat, wah mantap...

Nia Haryanto mengatakan...

Ini sih makanan favorit aku. Hampir tiap hari aku makan. Tapinya beli aja dari yang lewat. Kalo bikin, jarang banget. Lama soalnya. tapi memang sih, kalo bikin bisa banyak dan bisa lebih enak. Hehehehe...

Echi Mustika mengatakan...

Wah sehat banget nih mba tanpa santan, aku biasanya ditambah jahe biar tambah sedap juga... Makaaih info dan tipsnya mba

Andini Ria Agusti Harsono mengatakan...

Makanan kesukaan ku sedari kecil nih. Dari kecil juga kalo dimasakin bubur kacang ijo gak pernah pake santan mengingat ada gangguan perut 😊

Siti Nurjanah mengatakan...

Proses penggodokan ini kadang yg agak tersulit, karena klo tak tepat kacang hijau bisa lembek bgt

Dwi Puspita mengatakan...

Mudah sekali ya mbak...bisa dicontoh ini resepnya. Apalagi hujan2 gini maunya nyemil terus...