Agar Blog Aman dan Terpercaya, Lakukan Hal Berikut - aniskhoircom | a personal blog by Anis Khoir parenting relationship lifestyle

Jumat, 31 Agustus 2018

Agar Blog Aman dan Terpercaya, Lakukan Hal Berikut

Aniskhoir.com Bagi seorang blogger, mereka memiliki 2 rumah yang paling dicintainya yaitu rumah dalam artian sebenarnya dan rumah maya yaitu blog. Selayaknya rumah sebenarnya, rumah maya pun butuh perawatan. Selain sebagai branding seseorang, rumah maya atau blog merupakan separuh jiwa bagi pemiliknya. Karena di blog biasanya seseorang menuliskan berbagai ide yang ada dikepalanya sehingga dibaca orang lain. Bahkan melalui blog seseorang mendapatkan pundi-pundi penghasilan.

Begitu pentingnya blog bagi sesorang sehingga tidak mengherankan berbagai upaya dilakukan. Terutama untuk menghindari kasus hilangnya blog karena dihapus oleh pemilik platform atau terkena hacker. Untuk itulah beberapa upaya berikut bisa dilakukan agar blog tetap aman dan terpercaya

Menggunakan domain berbayar
Agar blog aman dan terpercaya seorang blogger yang serius mengelola blognya akan menggunakan domain berbayar Meskipun mereka mengeluarkan uang untuk sewa domain setiap tahunnya namun ada kepuasan bagi mereka. Bukan itu saja, dengan memiliki domain berbayar seorang blogger dianggap lebih professional sehingga bagi yang ingin memonetisasi blognya memiliki peluang yang lebih besar. Dan untuk domain berbayar pun banyak jenisnya. Ada yang domain dengan harga cukup mahal bahkan ada juga domain yang sangat murah. Saran saya jika ingin beli domain, untuk menghemat pengeluaran kadang di beberapa website penyedia domain sering terdapat promo domain murah

Menggunakan hosting Berbayar
Awal ngeblog terus terang saya belum paham apa bedanya hosting dengan domain. Jadi gini, bagi yang  kebingungan seperti saya dahulu, secara singkat dan sederhana saya jelaskan ya. Ibaratnya domain adalah alamat rumah kita di dunia maya. Jadi kalau ada seseorang tanya dimana alamat kita, maka akan memberitahukan dengan memberikan alamat blog kita. Sedangkan hosting ibaratnya adalah status rumah yang dimiliki. Rumah atau blog yang dimiliki tersebut berstatus numpang alias gratisan, atau menyewa. Menyewa rumah atau blog inilah yang dimaksud dengan hosting. Sama halnya dengan menggunakan domain berbayar, untuk hosting biasanya dibayar setiap tahunnya. Untuk besar kecilnya pembayaran, tergantung besar kecilnya kapasitas hosting yang disewa. Jadi semakin besar hosting yang disewa maka akan semakin mahal biaya sewa yang harus dibayarkan setiap tahunnya.

Tentu bagi blogger, harga bukanlah masalah. Karena dengan hosting banyak sekali keuntungan yang didapat. Berikut ini keuntungan hosting berbayar :
1. Lebih leluasa mengelola blog. Bagi yang menggunakan hosting berbayar, blogger lebih leluasa mengelola blognya. Blogger bisa memasang berbagai plugin yang dibutuhkan sesuai selera.
2. Lebih longgar dalam TOS (Term of Service). Lebih mudahnya TOS merupakan ketentuan dari tempat hosting kita. Jika hosting gratis biasanya ada ketentuan apa yang boleh dilakukan dan tidak dilakukan di blog yang dimiliki. Jika melanggar maka ada kemungkinan blog akan dihapus oleh pemilik hosting gartisan. Berbeda dengan hosting berbayar, blogger lebih leluasa mengelola blognya tanpa terikat TOS dari pemilik hosting gratisan. Karena ibaratnya kita sudah menyewa sendiri, dan tidak numpang di pemilik hosting. Dengan begitu, hosting bisa menghindari dari suspend karena melanggar TOS dari pemilik hosting gratisan.
3. Lebih professional. Memiliki hosting berbayar atau yang lebih dikenal dengan selfhosting akan terlihat lebih professional. Blogger professional tentu ingin lebih leluasa mengatur blognya sehingga lebih optimal dalam mesin pencarian.

Bagi Anda yang ingin menggunakan hosting berbayar, saran saya tentukan dulu tujuannya. Kemudian pilih hosting berbayar sesuai dengan kebutuhan, dan yang terakhir sewa hostingnya di penyedia hosting yang terpercaya ya

Menggunakan SSL Certificate
Keamanan bagi blogger juga penting sekali. Tidak hanya bagi si pemilik blog, tapi juga bagi pengunjung blog. Untuk itulah dibutuhkan SSL diblog Anda. SSL yang merupakan singkatan dari Secure Locked Layer merupakan teknologi yang bisa mengamankan link bagi bagi pengunjung maupun blog anda. Blog yang telah terpasang SSL biasanya pada nama domainnya diawali dengan https:// .Selain dari segi keamanan, adanya SSL pada sebuah blog atau website juga dapat meningkatkan google rank blog. SSL juga dapat  menaikkan tingkat kepercayaan pengunjung ke blog kita.

Agar blog aman dan terpercaya sebenarnya masih banyak yang bisa dilakukan. Namun ke tiga hal diatas penting dilakukan  bagi Anda yang ingin mengelola blog secara professional dan melindungi blog Anda dari kemungkinan hilang.

3 komentar:

  1. Aku udah pke domain berbayar+https. Cuma yang my.id...itungannya SLD ya...bukan TLD. Dulu pas beli...belum mudeng..😀

    BalasHapus
  2. saya sudah lakukan semua, thanks tipsnya mbak

    BalasHapus
  3. 3-3 nya udh aku lakuin :). Walopun minta bantuan temen yg memang ngurusin blogku utk soal2 seperti itu, maklum akunya gaptek :p. Cuma bisa posting tulisan dan membalas komen2nya wkwkwkwk. Tp tujuanku membayar utk domain, hosting dan ssl, supaya makin rutin nulis aja. Kan sayang yaa kalo udh mahal bayar, tp ga diupdate

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan JEJAK di Rumah ku ini :D