Menu Buka Puasa Favorit Keluarga - aniskhoircom | a personal blog by Anis Khoir parenting relationship lifestyle

Selasa, 05 Juni 2018

Menu Buka Puasa Favorit Keluarga

menu buka puasa

Ramadhan merupakan bulan yang paling ditunggu oleh umat Islam. Selain karena datangnya hanya sebulan dalam setahun, juga pada bulan Ramadan berlipat bonus pahala yang diberikan Allah kepada umatnya. Bahkan bulan Raamadhan menjadi bulan yang keutaamannya lebih baik dari seribu bulan. Itulah mengapa pada bulan Ramadhan umat Islam berlomba-lomba untuk memanfaatkan sebaik mungkin dengan memperbanyak amal kebaikan.

Selain untuk peningkatan beribadah bulan Ramadan bisa dimanfaatkan sebagai bonding kepada keluarga termasuk saya. Sebagai seorang ibu, khusus bulan Ramadhan menu buka puasa maupun sahur merupakan masakan sendiri. Selain untuk berhemat juga merupakan kepuasan sendiri bisa menyajikan menu buka puasa favorit keluarga pada bulan Ramadhan.

Berikut ini ada beberapa menu buka puasa favorit keluarga saya ketika bulan Ramadan :

Lele Bumbu Pedas

Lele merupakan ikan favorit keluarga kami terutama suami. Awalnya kami hanya memasak lele sebagai lele goreng untuk teman sambal maupun sayur. Ketika membeli belut pedas yang banyak dijual di Tuban, saya terinspirasi untuk memasak lele sesuai dengan bumbu belut tersebut. Bisa dipastikan suami sangat menyukai lele pedas buatan saya dan menjadi makanan favorit keluarga. Untuk itu ketika berbuka saya sesekali juga memasak lele pedas ini selain sebagai menu berbuka puasa favorit keluarga. Biasanya untuk sahur pada malam harinya juga dengan menu yang sama. Sehingga saya pun bisa hemat tenaga karena bisa memasak berbuka sekaligus untuk menu sahur.

Untuk membuatnya mudah sekali. Pertama bersihkan lelenya, kemudian potong kecil-kecil atau sesuai selera. Kemudian goring sampai kering. Untuk bumbunya sendiri saya memakai bawang merah, bawang putih, cabai yang cukup banyak dan penyedap (opsional). Untuk bumbu dihaluskan kemudian tumis. Setelah bumbu bau harum masukkan lele yang sudah di goreng tadi sampai matang. Cukup praktiskan. Oh ya biasanya biar tambah nikmat untuk nasinya diganti dengan sego jagung. Tambah lengkap nikmatnya 

Soto Ayam atau daging

soto ayam atau daging merupakan makanan favorit saya dan si kecil Wan. Karena selain berkuah, proses memasaknya juga sangat mudah. Saya termasuk pecinta makanan yang berkuah apalagi, jika disertai dengan sambal pedas. Begitupun dengan si kecil, makan dengan soto ayam atau daging dia akan lahap sekali sehingga soto sering saya masak setiap harinya. Tak terkecuali pada bulan puasa soto menjadi menu buka puasa favorit keluarga. 

Sayur asem klentang iwak panggang 

Sejak kecil saya sudah suka dengan sayur asem. Emak saya dulu pun sering memasaknya karena kesegarannya. Ketika saya pindah ke Tuban saya menemukan sayur asem baru yaitu buah pohon kelor atau yang disebut dengan klentang. Selain daunnya banyak manfaatnya, sehingga di sebut “ the miracle of tree” ternyata buahnya juga nikmat dibuat sayur asam.

Apalagi jika sayur asam tersebut pedas dan diberi pelengkap ikan panggang. Sebagai daerah pesisir di Tuban dengan mudah ditemukan ikan. Biasanya untuk mengawetkan atau untuk memasak menu yang lainnya, ikan juga bisa dipanggang/diasapi. Biasanya sayur klentang ini ditambah ikan panggang sehingga menambah aroma dan juga rasa pedasnya yang lebih mantap. Sayur asem iwak panggang ini bisa menjadi menu buka puasa favorit keluarga saya. 

Sayur bening bayam dan pepes pindang

Sayur bening bayam dan pepes pindang merupakan menu buka puasa favorit keluarga. Kuah sayur bening yang pedas dan dipadukan dengan ikan pepes yang pedas dan asam tomat sangat pas untuk menu berbuka. Untuk anak saya pun yang masih kecil, menu sayur bening ini jadi bisa dibilang menu makanan favorit. Biasanya untuk anak bukan ikan pepes pindas sebagai lauknya tapi ikan pindang goreng. 

Garang asem ikan manyung 

Garang asem sendiri merupakan menu khas yang bisa ditemukan di banyak rumah makan di Tuban. Garang asem bisa dibuat dari daging sapi, ayam maupun ikan laut. Untuk ikan yang paling nikmat untuk garang asem yaitu ikan manyung terutama bagian kepalanya. Saya sendiri bisa masak garang asem ketika tinggal di Tuban dan kemudian menjadi menu buka puasa favorit keluarga. Garang asem sendiri hampir mirip dengan sayur asem tetapi rasanya lebih pedas dan juga rempah-rempahnya juga terasa. Di Tuban sendiri garang asem yang paling terkenal yaitu garang asem ikan manyung .Sebenarnya bagian ikan manyung bisa juga yang lainnya di buat garang asem tetapi yang paling favorit dan bisa dibilang harganya paling mahal yaitu ndas manyung. Meskipun ndas manyung ini juga dibuat sayur asem, bau amisnya tidak terasa. Bagi anda yang sedang berbuka puasa bisa dicoba resepnya. Atau bagi yang anda sedang melewati Tuban bisa mampir ke warung warung garang asem di sepanjang jalan Pantura Tuban, yang menyediakan menu khusus garang asem ndas manyung
garang asem

Setiap keluarga pasti mempunyai menu buka puasa favorit maupun sahur tersendiri. Daftar di atas merupakan menu buka puasa favorit keluarga kami. Kalau keluarga Anda memiliki menu buka favorit keluarga juga kah? .Yuk sharing di kolom komentar.

20 komentar:

  1. Daku baru denger nih menu makanannya, sayur asem iwak panggang. Kelihatannya enak, coba ayub mbak dikirimken kepadaku 😁😁

    BalasHapus
  2. enak-enak banget menunya, kalau keluarga aku sih yang penting di saat sahur ada masakan berkuah dan di saat buka ada gorengan dengan sambal kacang

    BalasHapus
  3. Apapun menunya buat kami tetap tidak jauh dari ikan asin lalap dan sambal. Maklum orang sunda mah terkenal seperti kambing... Suka makan rumput hijau, eh... Lalapan mentah, maksudnya.

    BalasHapus
  4. Dari menu-menu di atas aku mupeng dengan sayur asam iru,kayaknya spesial banget ya rasanya. Bayangin mamamnya pakai sambal terasi...nyummmmi

    BalasHapus
  5. Wah garang asem ikan manyung enak banget tuh... :)

    BalasHapus
  6. Liat makanannya memanjakan lidah banged... Enaknya :D

    BalasHapus
  7. Menu menu nya enak semua ya. Tapi aku paling penasaran sama garang asem ikan manyung. Ikan manyung kayak gimana, aku belum ngeh

    BalasHapus
  8. Wah, masakannya yang jarang aku masak nih. Akunya sih gak bisa masak. Aku biasanya masak yang cuma dioseng-oseng aja. HIhihi...

    BalasHapus
  9. Wuaa baru tahu kalau ikan asap enak ya mba ditambahin dalam sayur asem. Jadi terinspirasi dengan sayur asem klentangnya. Saya biasanya ikan sayap dimauski gulai daun ubi. :-)

    BalasHapus
  10. Menunya beragam banget ya Mba dan tradisional sekali. Klo keluargaku ngga punya menu spesial Ramadan. Masak yg ada di kulkas ajah wkwkwk

    BalasHapus
  11. Sayur asem the best lah ya hehe tapi menu keluarga saya sih kalau buka ya gorengan sama lontong aja haha.

    BalasHapus
  12. Menu menggugah selera ya ini. Dari senua yang udah aku masak sayur bening dan soto hahaha. Maklum tak pandai masak dan sibuk jadi cari yang praktis-praktis kalau masak. Sehat kekuarga ya mba

    BalasHapus
  13. Kalo aku gak ketinggalan tempe goreng..ikan pindangnya keliatan lezat..ah ntar buka puasa bikin pindang ikan

    BalasHapus
  14. Buka puasa memang nyaman nya sama yang berkuah ya, seger dan gak sempet. Itu makanan bikin keroncongan deh, padahal abis sahur nih haha

    BalasHapus
  15. menu favorit keluarga saya serba yang garingan..seperti jamur goreng dikasih sambel teri..

    BalasHapus
  16. wah menunya banyak banget, jadi pengen coba juga terutama menu lele pedasnya.. aku Dan keluarga biasanya cukup makan sayur Dan buah saja tapi camilannya banyak banget.. jadi kenyang duluan deh

    BalasHapus
  17. wuihhh menu buka puasa keluargamu spesial sekali mba :) tradisional dan unik2. aku suka aku suka. aku nih nonmuslim dan gak puasa tapi seneng berburu tajil dan ikut makan bareng temen2 yg buka puasa di kantor biasanya, hehehe

    BalasHapus
  18. Garang asemnya bikin laper hehehe,kalau aku biasanya sukanya yang simple masaknya kayak bihun goreng atau sayur tumis.

    BalasHapus
  19. mba, lele bumbu rendang atau lele asam manis juga enak. duh, jadi lavar akooohh. hihi

    BalasHapus
  20. kok ngiler liat jenis masakanya yaaaaa... duhh

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan JEJAK di Rumah ku ini :D