Menghilangkan Bau Mulut Ketika Berpuasa - aniskhoircom | a personal blog by Anis Khoir parenting relationship lifestyle

Rabu, 06 Juni 2018

Menghilangkan Bau Mulut Ketika Berpuasa

menghilangkan bau mulut ketika berpuasa
Aniskhoir.com Berpuasa merupakan sebuah suatu kewajiban bagi umat muslim . Selain sebagai perintah agama, puasa terbukti secara klinis bermanfaat untuk kesehatan dan melatih untuk lebih peka dalam hubungan social. Namun di samping, ada beberapa kendala ketika menjalani puasa. Salah satunya yaitu bau mulut. Bau mulut sangat mengganggu bagi seseorang, terutama tiap hari harus bertemu orang berkomunikasi dengan orang lain. Bau mulut menjadikannya seseorang tidak percaya diri sehingga mengganggu aktivitasnya. Sehingga orang pun mencari berbagai cara menghilangkan bau mulut ketika berpuasa. 
Bau mulut terjadi karena beberapa faktor baik dari dalam tubuh seseorang maupun karena faktor dari luar. Terutama bau mulut ketika berpuasa tidak bisa dihilangkan begitu saja dengan makan permen mint atau penyemprot mulut. Untuk itulah menghilangkan bau mulut bisa dengan hal berikut yang dapat anda coba. 

1. sikat gigi dengan teratur 

Bagaimanapun yang namanya bau mulut berasal dari mulut dan salah satu faktornya karena yaitu sikat gigi. Meskipun sedang berpuasa tetap harus menjaga kebersihan gigi kita yaitu dengan tetap menjaganya dengan sikat gigi secara teratur. Jangan lupa, setelah berbuka maupun setelah sahur untuk selalu bersikap gigi. Tidak hanya sikat gigi saja, lidahpun kita bersihkan dari sisa-sisa makanan yang bisa mengakibatkan bau mulut ketika berpuasa 

2. Menggunakan obat kumur non alkohol 

Beberapa obat kumur yang tersedia di pasaran terbukti secara ampuh dapat mengurangi bau mulut ketika sedang berpuasa. Tentunya sebagai seorang muslim tentu mencari kehalalan suatu produk. Maka memilih obat kumur non alkhohol non sebagai obat kumur bisa dipakai setelah sikat gigi utuk lebih membersihkan kuman yang masih tertinggal di mulut. Jadi dengan menggunakan obat kuman mati dan bau mulut pun tak ada lagi 

3. Menghindari makanan yang berbau menyengat 

Ketika kita sedang berbuka puasa maka mata terasa lapar segalanya. Apapun makanan yang tersedia saat berbuka puasa kita lahap tanpa memperhatikan efek sampingnya. Terutama makanan yang mengandung bau menyengat seperti petai, durian dan lain. Sebagainya akibatnya, jika tidak membersihkan mulut dengan benar maka bisa menyebabkan bau mulut. Sehingga cara yang terbaik agar tidak terjadi bau mulut ketika berpuasa yaitu dengan menghindari makanan yang mengandung bau menyengat untuk sementara waktu 

4. Tidur terlalu lama. 

Ketika sedang berpuasa seseorang cenderung malas untuk melakukan kegiatan. Mereka lebih banyak menghabiskan waktu untuk tidur. Tidak salah memang, karena dari pada melakukan perbuatan yang negative dan membatalkan puasa, meimilih tidur lebih baik. Namun yang jadi catatan, selain karena tidur terlalu lama tidak baik bagi kesehatan juga berdampak bau mulut. Untuk mneghindari bau mulut akibat dari tidur lterlalu lama, bisa dengan melakukan hal yang positif tetapi tidak membutuhkan banyak tenaga seperti mengaji Alquran misalnya. 

5. Berobat ke dokter gigi 

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan bau mulut selain karena faktor kebersihan seperti diatas. Bau mulut bisa juga karena faktor dari dalam mulut, misalnya karena gigi berlubang sehingga sisa makanan tidak bisa keluar. Atau bisa karena karang gigi yang meskipun sudah sikat gigi tetapi tetap tidak bisa bersih. Cara terbaik untuk menghilangkan karang gigi yaitu pergi ke ke ke dokter gigi. Di dokter gigi ini nanti karang gigi akan dibersihkan oleh ahlinya. Dengan bersihnya karang gigi dan juga gusi yang sehat maka bau mulut pun bisa terhindari meskipun kita sedang berpuasa 

6. Olahraga dengan teratur 

Sebenarnya tidak ada korelasi secara langsung antara olahraga dengan bau mulut. Tetapi seseorang yang mempunyai tubuh sehat juga berpengaruh terhadap kondisi mulut seseorang Misalnya saja ketika badannya sehat maka mulutnya pun tidak akan sakit terutama ketika berpuasa. Sehingga meskipun kita sedang berpuasa olahraga pun tetap harus dilakukan. Karena selain agar badan sehat, bau mulut ketika berpuasa bisa berkurang karena berolahraga. Yang jadi catatan tentu memilih waktu olahraganya harus tepat. Bagaimanapun saat berpuasa energi dalam tubuh harus di hemat sampai datang waktu berbuka. 

Bau mulut tidak menjadi alasan untuk lebih khusu’ dalam berpuasa. Beberapa tips diatas bisa Anda coba sebagai cara menghilangkan bau mulut ketika puasa sehingga bisa lebih meningkatkan ibadah di bulan Ramadhan. Selain rasa tidak percaya diri karena bau mulut tidak akan ada lagi sehingga meskipun berpuasa aktivitas harian tetap berjalan seperti biasanya.

24 komentar:

  1. Hindari makanan yg baunya menyengat bener banget mba, untungnya aku kurang suka bawang jadi nafasnya nggak heboh kayak org rumah yg hobi nabur bawang goreng 😂

    BalasHapus
  2. ealah berarti saya masuk kategori kebanyakan tidur nih hehe.semoga puasa kita bisa membuat perubahan ke arah kebaikan..amin eh olahraga juga penting ya meski saat berpuasa

    BalasHapus
  3. Ga nyaman juga ya kalau bau mulut hehehhe,makasih sharing tips nya

    BalasHapus
  4. Kumur menggunakan obat kumur emang membantu banget mengurangi bau mult ya.

    BalasHapus
  5. obat kumur sih selalu jadi andalan mbak, trus kadang aku jarang makan yang terlalu pedas pas buka puasa

    BalasHapus
  6. Eh baru tau kalau olahraga teratur bisa menghilangkan bau mulut. Bener ya mba kalau badannya sehat, bau mulut pun pasti dipikirkan. Xixixi

    BalasHapus
  7. Kalau aku ngilangin bau mulut rajin berkumur pakai antiseptik ka. Minimal sehari sekali. Alhamdulillah sekalipun berpuasa, mulut tidak bau. Terima kasih sharing tips lainnya ya ka

    BalasHapus
  8. Kalau tips leluhur saya, biar tidak bau mulut sehabis makan makanan yang memiliki bau menyengat ialah dengan makan mentimun. Coba deh. Ini sudah kami buktikan loh...

    Tahu sendiri kami urang Sunda suka makan dengan lalap pete jengkol plus sambal pedas. Dan setelahnya kami makan mentimun plus sikat gigi juga dong. Alhamdulillah bebas bau tuh :)

    BalasHapus
  9. Sikat gigi itu emang basic banget ya
    Walaupun rajin kumur2 dengan obat kumur tetapi harus diimbangin dengan sering sikat gigi juga

    BalasHapus
  10. Nggak makan yang berbau menyengat deh. Khawatir aromanya nggak kunjung hilang meski sudah gosok gigi.

    BalasHapus
  11. Kayaknya aku punya point-point lain.. Bentar aku pengen bikin tulisannya juga ah, sebagai tulisan tanggapan dari Mbak Anis hihi itupun kalau kamu berkenan lho Mbak (^^)v

    BalasHapus
  12. Pun bau mulut saat puasa adalah jamak ya. Tetapi menjaga kebersihan mulut adalah keharusan ya

    BalasHapus
  13. Banyak makan sayur dan konsumsi air putih...biar sariawan jauh.., dan mulut bau gak muncul lagi...

    Apalagi jengkol..Pete ., Jangan dulu deh..

    BalasHapus
  14. saya bau mulut sih ga ya mbak, cuma sempat sih 2 kali muncul mucocele. Saya baca2 di internet akibat dari kurangnya kebersihan mulut. Padahal saya sudah sikat gigi sebelum tidur dan setelah sahur. yahh, mungkin kurang air juga kali ya

    BalasHapus
  15. Wah, baru tau kalo tidur lama bisa bikin mulut bau pas puasa. Kalo malam hari gimana. Gitu juga ya. Intinya sikat gigi sebelum tidur bisa ga

    BalasHapus
  16. Nah ini penting, justru gosok gigi harus teratur ya. ingat waktu kecil banyak yang bilang gosok gigi bikin batal puasa, jadi aja takut mau gosok gigi

    BalasHapus
  17. Iya aku juga dpt info dari dokter gigi yg biasa aku periksa bahwa salah satu penyebab nafas bau adalah adanya gigi yg bolong. Krn itu, kebersihan dan kesehatan gigi dan gusi hrs sll dijaga

    BalasHapus
  18. Alhamdulilah sih, sejauh ini masih dalam level aman. Lagi puasa juga bau mulutnya masih dalam tahap wajar. Jadinya, belum perlu untuk ke dokter. Paling-paling kalo lagi panas dalam. Suka lebih bau. Tapi dengan diatasi panas dalamnya, segera normal lagi. Makasih tipsnya. :)

    BalasHapus
  19. Bener memang, aku menghindari makanan seperti gorengan, sambal dan yang enak-enak lain. Ternyata bener mulut enakan

    BalasHapus
  20. Aku suka kalau mau wudhu buat sholat sikat gigi lagi, abisnya emang agak gmn gtu rasanya mulu pas puasa.
    Kalau gak ya kumur2 juga pakai obat kumur sih mbak, asal gak ditelen hihihi.

    BalasHapus
  21. Baru tahu nih mba, kalau tidur terlalu lama ternyata membuat bau mulut timbul. Tidur sesuai kebutuhan aja ya mba, dan lebih baik perbanyak kerja juga ibadah agar lebih bermanfaat.

    BalasHapus
  22. Owalah kebanyakan tidur juga bisa mengakibatkan bau mulut rupanya. Ok deh langsung introspeksi diri hahaha.

    BalasHapus
  23. Hehe iya sih kalau puasa pasti bau mulut dan ga nyaman banget kalau ngobrol sama orang. Untuk mengatasinya biasanya saya pakai obat kumur kak.

    BalasHapus
  24. Wah, penting nuh pas banget moment bulan puasa. Meski baynya mukut orang berpuasa itu konon pahala, tapi tetap mengganggu komunikasi.harus tetap diperhatikan soal BM ini. Thx atas sharingnya

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan JEJAK di Rumah ku ini :D