Barang Yang di Bawa Menjenguk Orang Sakit - aniskhoircom | a personal blog by Anis Khoir parenting relationship lifestyle

Rabu, 27 Juni 2018

Barang Yang di Bawa Menjenguk Orang Sakit

jenguk orang sakit
Aniskhoir.com. Tidak seorang pun menginginkan musibah sakit. Baik sakit itu menimpa dirinya sendiri ataupun keluarga, sahabat, bahkan tetangganya. Apalagi jika sakit tersebut sampai mengharuskannya untuk menjalankan perawatan di rumah sakit. Sehingga tentu ketika ada orang yang dikenal sakit maka akan turut merasakannya. Salah satu cara sebagai bentuk kepedulian yaitu dengan menjenguk orang sakit tersebut. Tentu tidak menjenguk saja karena biasanya ada barang yang dibawa untuk menjenguk orang sakit tersebut.
Biasanya ketika menjenguk orang sakit akan kebingungan barang apa yang cocok dibawa. Karena namanya orang sakit ada pantangan yang tidak diperbolehkan dan tentunya barang yang dibawa nantinya juga bermanfaat bagi si sakit. Untuk itulah berikut ini ada beberapa barang yang dibawa untuk menjenguk orang sakit..

1. Uang
Biasanya menjenguk orang sakit yang paling praktis yaitu membawa uang. Karena membawanya tidak ribet, tentu saja uang sangat berguna untuk membantu biaya perawatan. Selain itu, bagi yang tidak mengetahui jenis penyakit si sakit secara pasti, membawa uang untuk menjenguk si sakit juga untuk menghindari kemubadziran. Biasanya sakit banyak sekali pantangan yang tidak diperbolehkan. Dan dengan uang tentu saja selalu dibutuhkan apalagi sakit banyak memerlukan biaya baik untuk pengobatan maupun selama proses penyembuhan
Baca juga : Kunci sabar merawat orang tua sakit

2. Makanan
Bagi yang tahu pasti keadaan si sakit, membawa makanaan tertentu apalagi yang disukai si sakit tentu sangat bermanfaat. Dengan membawa makanan kesukaannya, akan membuat si sakit bahagia. Dengan begitu akan membantu proses penyembuhannya. Namun bagi yang tidak tahu secara pasti sakit yang di deritanya, membawa makanan tentu kurang efektif juga. Siapa tahu apa yang kita bawa merupakan makanan pantangan yang tidak diiperbolehkan. Bisa juga sih nanti akan dimakan untuk penunggu si sakit, namun bisa juga kurang bermanfaatkan.

3. Buah
Banyak orang membawa buah untuk menjenguk orang sakit. Biasanya buah menjadi salah satu yang diperbolehkan untuk dikonsumsi si sakit. Selain itu buah juga bisa di makan oleh penunggu si sakit. Buah juga lebih tahan meskipun berada di luar ruangan sehingga lebih awet. Namun yang jadi catatan, tentu membawa buah yang netral. Artinya buah tersebut biasanya bisa di konsumsi oleh orang sakit misalnya pisang, apel dan pir. Hindari membawa buah yang bau menyengat seperti durian karena bisa juga menggangu orang lain yang tidak menyukainya, lebih-lebih pasien yang lain. Atau ada yang tidak suka dengan baunya terutama si sakit

4. Susu 
Orang sakit biasanya tidak berselera untuk makan. Atau karena harus menghindari makanan tertentu sehingga tidak makan seperti sedia kala. Selain itu untuk proses penyembuhan tetap harus perlu asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Biasanya untuk mempercepat proses penyembuhan serta sebagai asupan gizi, susu penting sekali untuk si sakit. Maka untuk meringankan membeli susu, kita dapat menjenguk si sakit dengan membawa susu. Tentu lebih baik lag jika mengenal karakter si sakit atau juga sakitnya sehingga susu yang dibawa akan lebih berguna.
Baca juga : barang yang dibawa untuk tilik bayi
5. Roti
Sakit adalah salah satu sinyal bahwa tubuh butuh istirahat. Tidak terkecuali organ tubuh terutama bagian pencernaan untuk istirahat dari kerja berat. Itulah mengapa biasanya sakit di sarankan untuk konsumsi makanan yang lembut agar tubuh tidak menolak dan mempercepat proses penyembuhan. Salah satu makanan yang disarankan untuk di konsumsi biasanya yaitu roti. Roti dengan teksturnya yang lembut bisa di konsumsi oleh si sakit sehingga anda bisa membawanya untuk menjenguk orang sakit. Lebih baik lagi jika roti yang di bawa adalah roti tawar. Dengan roti tawar si sakit bisa menyesuaikan rasa / selai yang diinginkan atau sekedar di campur dengan susu. Juga dengan roti tawar menghindari bahan makanan yang tidak dperbolehkan bagi si sakit misalnya saja coklat.

6. Mainan
Dalam keadaan apapun dunia anak adalah bermain termasuk ketika sakit. Akan sangat membahagiakan jika ketika sakit anak mendapatkan mainan yang disukainya. Biasanya jika menjenguk anak sakit, saya lebih suka membawa mainan. Karena mainan tersebut akan langsung dimainkan anak sehingga membantu proses penyembuhan juga bisa mengalihkan perhatiannya dari rasa sakitnya. Untuk mainan sendiri tentu disesuaikan dengan jenis kelamin anak. Akan lebih baik lagi jika mengetahui mainan yang disukai anak tersebut. JIka tidak mengetahui, membelikan mainan yang sedang ngetrend bisa menjadi solusi karena biasanya anak menyukai sesuai yang baru termasuk mainan.

7. Buku
Ketika sedang sakit tubuh dituntut untuk istirahat. Terlebih ketika harus perawatan di rumah sakit, tubuh lebih banyak berbaring di tempat tidur. Tentu sangat membosankan tidak melakukan apapun. Apalagi bagi penyakit yang memerlukan waktu pemulihan yang lama meski kondisi sudah baikan tapi masih dilarang untuk banyak bergerak. Bagi yang memiliki teman yang sedang sakit dan kebetulan menyukai buku, membawa buku sebagai barang yang dibawa menjenguk orang sakit bisa bermanfaat. Buku bisa menjadi teman si sakit dalam proses penyembuhan sekaligus menambah koleksi buku orang yang dijenguk.

8. Buket Bunga
Setiap orang punya cara sendiri menunjukkan kepedulian terhadap orang lain, termasuk ketika orang lain tersebut sedang sakit. Kepedulian itu diwujudkan dengan datang menjenguk dengan membawa barang yang disukainya yaitu salah satunya bunga. Bagi seseorang yang menyukai tanaman, bunga mempunyai arti tersendiri. Bunga bisa menjadi penyemangat serta pengalihan dari rasa sakit yang di derita si sakit.
buket bunga untuk jenguk orang sakit

Barang apapun yang dibawa menjenguk orang sakit sebenarnya bukan hal yang paling penting. Yang terpenting adalah kedatangan kita, kepedulian, serta semangattermotivasi untuk sembuh serta merasa  yang diberikan sehingga membuat si sakit merasa disayangi oleh orang disekitarnya. 

15 komentar:

Andhika Nur Afian mengatakan...

menjenguk orang sakit, cukup bawa uang bu. obat paling mujarab itu. hehe

Helmiyatul Hidayati mengatakan...

Alhamdulillah berkunjung dimari krn nanti siang mau menjenguk keluarga yang sakit. Jadi ada banyak pilihan yg bisa dipertimbangkan. Trims sharingnya mbakk

Kurnia amelia mengatakan...

Kalau jenguk orang sakit biasanya kalo aku sih buah atau kue2 gitu hehe tapi kalau jenguknya bareng2 biasanya duit.

Tian lustiana mengatakan...

Buku, oke juga ya buat yang sakit. Tapi kalau yang vertigo dikasi buku gimana ya heheh malah tambah pusing atau bacanya buat nanti kali yah

fenni bungsu mengatakan...

Daku belum pernah sih jenguk orang sakit bawa buket bunga. Seringnya dikasih bunga sama... Cieea. Tapi idenya boleh juga mbak, jadi masukan yang oke.

Okti Li mengatakan...

Menjenguk orang sakit perbuatan terpuji. Tapi jangan kecewa ketika tidak dapat melakukannya. Saat tidak bisa menjenguk, ada kekuatan doa yang kasatmata tapi yakin mantap ketajamannya :)

Zilqiah Angraini mengatakan...

kalau soalan jenguk orang sakit
aku selalu balikin ke gimana kalau aku yang sakit pengen dibawain apa hihi
dan selalunya roti dan susu
itu worth it banget
tapi blom pernah nyoba bawain bunga sih ihheheheh
ini jadi nice tips banget ^^
salam kenal yaaaa kk

www.faradiladputri.com mengatakan...

Aku malah ga lernah bawa bunga buat yang sakiiit , seringnya makanan hehehee

April Hamsa mengatakan...

Saya suka tu bawain buku atau majalah. Makanan jg sih, tapi biasanya yang sakit gk boleh makan, tapi gpp biar dimakan sama yang nungguin si sakit :D

Abby Onety mengatakan...

Klo saya tergantung sih, org yang di besuk itu siapa. Tp selama ini klo besuk org sakit banyakan bawa uang ketimbang yang lainnya apalagi bunga blom pernah sama sekali.

Sara Neyrhiza mengatakan...

Sekarang saya sellau memilih membawa uang / memberikan uang ketika menjenguk orang sakit. Karena lebih bermanfaat. Kalau makanan kebanyakan yang makan justru yang nunggu pasien.

Elva susanti mengatakan...

Kalau saya biasanya jenguk orang sakit dgn membawa makanan, roti2 atau susu kaleng, ataupun bawa buah2an. Kalau bunga, blm pernah sih karena saya pikir juga bunga hnya untuk keindahan aja.

miko mengatakan...

orang sakit jika dijenguk sudah senang sekali, walaupun kita tidak membawa apa2. dengan kehadiran kita pun biasanya sudah sangat menghibur.

Afifah Nurul Haq mengatakan...

Kalau saya jenguk orang sakit, saya biasanya bawa makanan buat yang nungguin nya.. hehe, dan juga jaga etika, ga lama2 nengok karena yang sakit sangat perlu istirahat :))

Reezumi mengatakan...

Semuanya udah pernah kecuali bawa bunga dan buku. Sebenarnya bagus juga sih bawa buku, apalagi sy punya banyak buku inspiratif. Tp sepertinya orang2 dilingkungan saya blum terbiasa dibawakan buku atau bunga. Hm... Bolehlah dicoba sekali2.