Tips untuk Menggunakan Kamera DSLR untuk Newbie - aniskhoircom | a personal blog by Anis Khoir parenting relationship lifestyle

Sabtu, 26 Mei 2018

Tips untuk Menggunakan Kamera DSLR untuk Newbie

cara menggunakan kamera DSLR
Di jaman modern sekarang ini, dunia digital sedang sering-sering digunakan. Seperti contohnya penggunaan media sosial semakin hari semakin bertambah mulai dari generasi anak-anak hingga orang tua. Akan tetapi banyak diantara mereka yang masih anak remaja. Salah satunya untuk penggunaan instagram, mungkin sekitar 50 persen pengguna dari Indonesia adalah anak-anak remaja dan 30 persen diantaranya adalah mereka yang gemar akan fotografi. Banyak pengguna dari mereka yang menggunakan media sosial untuk memposting hasil foto yang mereka ambil mulai dari foto alam, keluarga, dan objek-objek yang lain.
Postingan foto yang mereka dapatkan hampir sebagian besar mereka ambil dari kamera DSLR karena foto yang dihasilkan akan lebih tajam, detail, dan lebih kreatif. Kamera jenis ini hadir dengan banyak fitur dan teknologi terbaru. Dan hal ini dibutuhkan sedikit adaptasi bagi mereka, newbie, yang terbiasa memakai kamera handphone atau kamera pocket ke kamera DSLR. Selain itu, penggunaan kamera DSLR tidak semudah menggunakan kamera handphone. Banyak yang perlu diketahui seperti setting kamera dan aturan pemakaian kamera DSLR. Berikut adalah tips menggunakan kamera DSLR  untuk newbie.

1. Kenali tombol yang ada dalam kamera DSLR. Ketika pertama kali akan menggunakan kamera DSLR pasti akan ditemukan beberapa tombol baru dan berbeda dibanding menggunakan kamera pocket atau kamera handphone. Kamera DSLR memiliki lebih banyak tombol dan fitur dibanding kedua kamera tersebut. Oleh karena itu, perlu dipelajari setiap ikon pada tombol agar bisa menggunakan kamera dengan lebih maksimal. 
2. Mengenal white balance. Ini adalah salah satu masalah yang sering dijumpai oleh pemula bahkan mereka yang sering menggunakan kamera DSLR ialah memotret dengan warna yang kurang sesuai. Maka dari itu, harus mengenal terlebih dahulu white balance agar kamera bisa memotret dengan warna yang sesuai dengan keadaan.

3. Mengenal histrogram. Banyak yang mengatakan bahwa histogram adalah hal yang rumit. Padahal komponen ini cukup penting dalam menyeting kamera dan aturan pakai kamera DSLR. Dengan hsitogram bisa diketahui hasil foto lebih detail.

4. Memegang kamera dengan benar. Menjadi seorang pemula tentu akan sedikit janggal saat menggunakan kamera DSLR yang rata-rata berbodi besar. Oleh karena, itu harus memahami cara memegang kamera dengan benar. Dan ingat cara memegang kamera dengan stabil dan benar menjadi landasan dalam memotret yang sempurna. Ketika salah memegang kamera bisa akan membuat kualitas foto tak sempurna.

5. Melepas shutter. Tombol shutter dalam kamera DSLR tidaklah digunakan sembarangan. Untuk tips dasar fotografi, kita harus mempelajari teknik melepas shutter. Terkadang menekan setengah shutter bisa membuat fokus lensa. Jadi perhatikan dengan benar kapan shutter harus dilepas.

6. Mengetahui cara mengunci fokus. Teknik fotografi yang harus dipelajari seorang pemula ialah mengunci focus atau focal. Harus bisa menemukan focal length yang pas sehingga gambar bisa lebih fokus baik subjek dan background. Bila salah mengunci fokus, maka hasil foto kita akan blur.

7. Membuat gambar subjek yang jelas. Sebuah foto harus bisa menampilkan subjek dengan jelas. Maka saat memotret, kita harus memperhatikan pencahayaan, aperture dan komponen lainnya. Dengan setting yang pas, bentuk subjek akan tampak jelas dan mendalam.
8. Menggunakan Flash Kamera. Bagi pengguna awam, menggunakan flash terkesan has sepele. Padahal, menggunakan flash bisa menambah kesan mendalam sebuah foto. Bisa memainkan pencahayaan sehingga subjek tampak jelas. Namun, jika salah menggunakan flash, hasil foto kita akan tampak terlalu terang.

Dan itulah kedelapan tips untuk menggunakan kamera DSLR untuk newbie. Sekarang kalian bisa menggunakan kamera DSLR dengan mudah meskipun baru pertama kali memakainya.

21 komentar:

adipraa.com mengatakan...

Makasih tipsnya mbak, saya juga lagi belajar jeprat jepret pake kamera dslr nih. :)

Fany Febriany mengatakan...

kalo saya pake mirror less mba kalo lagi rajin, kalo lagi males ambil kamera, ya pake hp hehehe.. mba, blogx dah ku follow ya, kalo berkenan sila folback :)

nur rochma mengatakan...

Dari kamera pocket hingga dlsr, ih rasanya masih belajar terus. Tapi kamera pocket sudah wassalam. Dlsr sampai dua kali ganti karena suami pengen upgrade aja. Cuma beli body aja. Sampai sekarang aku belum bisa main flash.

Tian lustiana mengatakan...

saya punya dslr tapi alhamdulillah sukanya disimpen aja wkwkkw, makasih loh ini sharing nya buat saya berguna banget heheh saya belum bisa pakai dslr

Elly Nurul mengatakan...

Camera pertamaku DLSR dan masih aku pakai untuk moment tertentu, body yang besar memang agak merepotkan, tapi jika bicara kualitas foto memang sudah tidak diragukan lagi.. tipsnya menarik mba, semoga para newbie tercerahkan ya mba

Nia K. Haryanto mengatakan...

Huhuhu, aku nih masih susah pake kamera DSLR. Hasilnya pasti aja blurr dan gak fokus. Kudu dicoba nih tipsnya. Semoga jadi bisa deh. :D

Kurnia amelia mengatakan...

Makasih kak saringnya kali aja nanti punya kamera DLSR heuheuu.

Awan mengatakan...

Pake kamera DLSR memang banyak hal yang harus dipelajari. Dan benar bangat Mba, untuk pegangnya saja kita butuh cara yang benar supaya hasil fotonya bagus :)

Sara Neyrhiza mengatakan...

jadi inget pertama kali pegang dslr waktu ikut club fotografi dulu..emang ebrasa repot untuk atur segala macemnya,,mulai dari diafragma sampai iso. mungkin karena gak betah ribetnya jadi malas untuk eksplor ketrampilan lebih lanjut

Ida Tahmidah mengatakan...

Sekarang DLSR malah banyak yang mungil2 ya Mbak... Suka pake utuk moment2 tertentu sih.. memang suka rada ribet karena kegedean..makasih tips nya ya :)

April Hamsa mengatakan...

Aku pakai dslr sekarang kemana2 cuma sayangnya kalau di tempat umum suka dilarang motret haha. Pdhl pakai hape kan jg ada kameranya yak :P
Iya kalau gak biasa megang dslr kdng bingung makainya, bbrp kali minta tolong potretin org eh suka bilang shutternya macet pdhl emang ditekan separuh dulu hehe.

Valka mengatakan...

Aku kalau foto mah foto aja. Tinggal pencet rana (shutter)nya, udah deh jadi foto. Kalau gelap baru deh nyalain flash. Biasanya kayak gitu doang. Pantesan hasilnya kadang enggak bagus. Wkwkwk. Ternyata ada tips-tipsnya ya. Wah, kudu banyak belajar lagi nih. hehe

Anisa Deasty Malela mengatakan...

Mesti langsung di praktekan ya mba, kalau cuma teori suka ga mudeng karena ga pegang langsung. Pasti hasil foto lebih cantik kalau pakai kamera DSLR ini ya :)

Elva susanti mengatakan...

Kamera DSLR keren ya mbak buat berfoto2, saya pernah nyoba foto pakai kamera DSLR punya teman tapi karena belum pernah alias newbie jadi hasilnya kurang bagus. Ternyata agar hasilnya bagus harus tahu dulu ya mbak cara pemakaiannya. Tipsnya mau saya praktekkan nih biar dapat hasil jepretan keren

cendekia channel1 mengatakan...

Yg paling kuingat dari cara pegang kamera dslr adalah peran tali pengaitnya. Salahsatu kawan kasih satu, fungsi tali salhsatunya sbg pengaman kamera ketika terselip atau membentur sesuatu agar tdk jatuh.yakni slalu lilitkan tali di pergelangan, saat mengeker

Tukang Jalan Jajan mengatakan...

Aku masih pake dslr dan mirrorless. Emang ada beberapa fungsi DSLR yang tak tergantikan. Paling penting juga angle pengambilan sih ya. Beberapa teknik baru juga lagi hits. Sepertinya akan terus berkembang nih tios nya

Okti Li mengatakan...

Pertama punya kamera dlsr suka asal bersihkan. Rusak deh. Padahal kalau dirawat siapa tahu umurnya panjang ya. Sekarang sih banyaknya pakai kamera hp saja.

Echi Mustika mengatakan...

Tips keren banget, pas nih ak memang lagi pengen beli kamera baru tapi masih bingung cara penggunaanya

Mutia Nurul Rahmah mengatakan...

Bener banget ini,simple tapi klo diterapkan bakalan bagus hasil fotonya

Windah mengatakan...

Aku sekarang pakai dslr, tapi merasa hasilnya kurang bagus. Jadi pengen ganti ke mirrorless

Novitania Pambhudi mengatakan...

Makasih kaka bermanfaat banegt untjk aku yg baru belajar fotografi.