Keuntungan Menjadi Blogger - aniskhoircom | a personal blog by Anis Khoir parenting relationship lifestyle

Selasa, 10 April 2018

Keuntungan Menjadi Blogger

keuntungan menjadi blogger
Jika ditanya apa sekarang pekerjaan saya, maka ibu rumah tangga jawaban tepatnya. Bisa juga sesekali mengatakan sebagai blogger. Ya, bagaimanapun tidak semua orang yang paham profesi apakah ini. Terutama bagi saya yang tinggal di desa. Bagi orang yang tidak tahu, pekerjaan blogger cuma mainan hp dan sesekali ketik-ketik di depan laptop. Paling juga ada yang menganggap mainan. tidak tahu jika ngeblog ternyata bisa menghasilkan.

Awalnya tidak ada yang tahu jika profesi blogger yang saya tekuni ini menghasilkan. Apalagi ibu mertua yang rumahnya berdekatan, sering mengeluhkan saya mainan di depan laptop padahal belum masak. Susah menjelaskan juga sih karena selama ini saya memutuskan jadi ibu rumah tangga merupakan keputusan yang “aneh”. Dianggap sebagai sarjana pengangguran dan sekarang kerjaannya ketik- ketik tidak jelas. Namun semua berubah, ketika seringnya paket datang. Paket karena sampel produk, kadang hadiah voucher belanja yang saya tukar barang dan si ibuk juga kecripatan rejeki dari saya menulis di blog. Kemudian tanpa diminta, setelah tahu ternyata apa yang saya lakukan menghasilkan seolah orang terdekat menjadi buzzer saya di tetangga.

Ketika ada yang tanya kenapa saya sering dapat paket, dengan bahasa yang sederhana maka ibuk mertua karena upah dari “nulis di hp”. Definisi nulis di hp ini yang ambigu. Bagi orang yang ingin tahu akan tanya ini itu. Tapi yang pada akhirnya dijelaskan juga tidak tahu memilih menyerah dan mengatakan pekerjaan orang kekinian, titik. Sekarang tetangga pun jadi hapal kalau ada paketan pasti larinya ke rumah saya. 

Profesi blogger yang awalnya dari hobi dan kini menjadi hoki tidak sengaja saya jalani. Ketika mencintai hobi dan mengembangkan menjadi profesi menjalaninya menjadi tanpa beban dan menyenangkan. Keuntungan menjadi blogger selain kepuasan batin, kini materi pun bisa saya dapatkan.
1. Mendapatkan penghasilan. Menulis di blog jika ditekuni dengan baik maka bisa menjadi sumber penghasilan. Banyak cara mendapatkan penghasilan melalui blog. Bisa dengan mereview produk berbayar, iklan dari google dan lainnya. Seperti kisah saya diatas, bisa mendapatkan bnayak barang gratisan dari review produk. Atau yang lebih hebat lagi, seperti teman saya demi konsentrasi mengurus blog yang dibangun memutuskan keluar dari PNS. Keputusannya pun benar. Materi yang dia peroleh lebih dari ketika menjadi PNS dan waktu kerja fleksibel sehingga bisa lebih banyak bersama keluarga.
2. Mendapatkan pengakuan. Sebagai ibu rumah tangga ada yang menganggap sebelah mata karena tanpa bekerja. Maka ketika menjadi blogger hal itu tidak terjadi. Menjadi blogger juga bisa berpenghasilan tanpa harus meninggalkan rumah. Selain itu ada kebanggaan tersendiri terhadap karya yang bisa kita publish lewat blog. 
3. Mendapatkan banyak teman. Bisa dibilang pertemanan antar blogger sangat erat. Berawal dengan saling berkunjung atau blogwalking lanjut dengan interaksi di dunia nyata. Apalagi bagi yang tinggal di kota besar sering ada event yang mempertemukan antar blogger. Dari situ terjalinlah pertemanan yang akrab dan bisa saling sharing berbagai permasalahan dalam dunia blogging.
4. Harus update pengetahuan. Selayaknya teknologi lainnya, dunia blogging juga mengalami perkembangan secara terus menerus. Bahkan setiap tahun bisa dibilang harus menyesuaikan dengan algoritma google sebagai mesin pencarian terbesar. Mau tidak mau jika ingin bertahan dalam dunia perbloggingan harus siap untuk update pengetahuan dan terus belajar agar tidak ketinggalan. Dari situlah, bagi saya yang ibu rumah tangga, otak saya dipaksa untuk berpikir dan terus belajar. Tentu sangat mengutungkan sehingga apa yang ada dipikiran bukan hanya sekedar urusan domestic rumah tangga saja, tapi ibu rumah tangga pun dituntut untuk bisa maju dan berpengetahuan luas .
5. Berbagi ilmu. Jadi niat awal ketika membangun sebuah blog bukan untuk mendapatkan pengahasilan. Justru saya hanya ingin tulisan yang sederhana ini bisa sebagai sarana berbagi kepada orang lain. Dengan begitu, tulisan saya bisa berguna bagi orang lain yang membutuhkan informasi tentang apa yang saya tuliskan di blog. Jika sekarnag mendapatkan penghasilan, itu semua merupakan bonus ynag tidak terduga dan tidak serta merta menyertainya. Karena blog hingga mampu menghasilkan secara materi perlu proses panjang bukan cuma sehari jadi. 
6. Peluang pekerjaan lainnya. Menjadi blogger dituntut untuk aktif juga mengelola media social yang dimilikinya. Karena bagaimanapun, media social merupakan sarana yang cocok untuk promosi blog kita untuk mendapatkan pembaca yang lebih luas. Biasanya follower blogger di media social cukup banyak. Dari situlah banyak yang mengajak kerja sama blogger untuk menjadi buzzer untuk mengenalkan produknya kepada masyarakat luas.

Sekarang ketika blog telah bagian dari keseharian saya, rasanya keuntungan menjadi blogger ini juga saya ingin tularkan pada orang lain. Meskipun dalam ilmu perbloggingan masih sedikit, namun dengan berbagi semakin memberi keberkahan dan kemanfaatan khususnya kepada diri sendiri dan juga orang lain.  

6 komentar:

  1. Betul banget ini, dengan blog walking jadi nambah pengetahuan dan silaturahmi dengan banyak teman :D.

    BalasHapus
  2. Jadi blogger emang harus update pengetahuan untuk mengisi konten di blognya.

    BalasHapus
  3. Asik ya ... kayak mbak Anis (mbayangin)

    BalasHapus
  4. Aku mau dong dapat upah gara-gara nulis di hp seperti kak Anis.

    BalasHapus
  5. mastahhhh...
    saya yang masih pemula jadi tercerahkann....
    salam kenal kak

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan JEJAK di Rumah ku ini :D