9 Barang Berikut Bisa Dibawa Ketika Tilik Bayi - aniskhoircom | a personal blog by Anis Khoir parenting relationship lifestyle

Rabu, 07 Februari 2018

9 Barang Berikut Bisa Dibawa Ketika Tilik Bayi

barang-untuk-tilik-bayi
Hadirnya seorang bayi menjadi sumber kebahagian tersendiri. Bukan hanya sang keluarga saja yang merasakannya tetapi juga orang-orang yang berada di sekitarnya. Biasanya sebagai wujud ikut bahagia ada kebiasaan di masyarakat yaitu menjenguk bayi. Di desa saya lebih akrabnya disebut tilik bayi. Tilik bayi ini biasanya dilakukan sejak hari bayi lahir sampai usia selapan (35 hari)

Sudah menjadi kebiasaan masyarakat untuk menjalin silaturahim biasanya datang tilik bayi juga disertai dengan buah tangan. Di daerah satu dengan lainnya tentu berbeda tergantung adat istiadatnya. Namun pada intinya benda yang dibawa merupakan yang dibutuhkan sehingga bisa digunakan secara maksimal.

Bagi pasangan muda yang belum terbiasa tilik bayi kadang bingung mau membawa apa jika ada tetangga, teman atau rekan kerja yang melahirkan. Jika sekarang Anda sedang mengalaminya, berikut ini daftar alternatif benda yang bisa dibawa ketika tilik bayi.
1. Uang. Bagi yang tidak sempat membelikan sesuatu untuk kado memberikan uang bisa jadi alternatif bawaan. Apalagi bagi seseorang yang dari segi ekonomi sedang kesusahan, memberikan uang akan sangat membantu biaya penyembuhan atau syukuran pasca melahirkan. Di daerah asal saya membawa uang merupakan tradisi dalam tilik bayi. Nilainya pun tidak banyak hanya sekitaran Rp. 30.000,-an saja. Sehingga selain praktis juga tidak memberatkan bagi yang ingin tilik bayi.
2. Peralatan Mandi. Membawa peralatan mandi sudah sangat umum dilakukan. Beberapa produk perawatan bayi bahkan banyak yang menyediakan hamper cantik dengan isi peralatan mandi bayi lengkap yang cocok untuk tilik bayi. Jadi jika membeli hampir yang sesuai tak perlu lagi kebingungan mencari kado lainnya.
3. Pakaian bayi. Pakaian bayi sering menjadi pilihan sebagai kado untuk tilik bayi. Banyaknya model yang ditawarkan,  harga yang bisa disesuaikan dengan anggaran serta mudahnya mendapatkannya menjadi alasan kenapa memilih pakaian bayi. Seperti pengalaman saya yang kepincut piyama carter di Tokopedia setelah mengintip setelan bayi carter terbaru untuk bisa dijadikan barang bawaan tilik bayi. Sehingga tanpa berpikir panjang langsung klik aja masuk keranjang. Tanpa harus kepanasan plus kehilangan bensin ketika membeli barang bawaan tilik bayi.
4. Mainan bayi.  Bagi sebagian orang membawa mainan itu tidak penting. Tetapi bagi saya berdasarkan pengalaman, dapat kado mainan itu berguna sekali. Apalagi ketika anak mulai butuh stimulasi untuk menunjang tumbuh kembangnya. Mainan hasil kado bisa dikeluarkan sehingga menghemat pengeluaran.
5. Diaper. Bisa dibilang barang yang selalu dipakai bayi selain perlengkapan mandi dan pakaian adalah diaper. Jadi membawa diaper sebagai kado ketika tilik bayi bisa berguna sekali. Tapi yang jadi catatan jangan sampai membelinya ukuran terlalu kecil ya. Saran saya sih ukuran S saja. Minimal jika bayinya besar kan bisa digunakan, kalaupun berat bayi kecil bisa digunakan jika SI Bayi agak besar.
Oh ya perhatikan juga beberapa hal sebelum memilih diaper untuk barang bawaan tilik bayi.
6. Tas bayi. Dulu saya paling senang itu tilik bayi membawa tas bayi. Karena tipe saya orang yang simple jadi ketika ke baby shop pun bisa langsung ambil, bayar dan kemudian berangkat tilik bayi. Dan ternyata ketika saya melahirkan dan dapat tas bayi itu senang sekali. Jadi selain saya gunakan sendiri yang lainnya tasnya bisa saya simpan. Dan kalau ada teman yang melahirkan bisa saya gunakan juga untuk tilik bayi.
7. Gendongan bayi. Waktu Wan bayi saya dapat banyak gendongan bayi. Dari mulai gendongan jarik klasik ala orang desa sampai baby carrier yang pakainya saja mengalami kesulitan. Dengan banyak gendongan yang saya dapat, dapat disimpulkan bahwa gendongan termasuk barang favorit yang bisa dijadikan untuk barang tilik bayi. Selain itu dari segi harga pun beragam. Jadi bisa disesuaikan dengan anggaran.
Baca juga : Inilah alasan memilih clodi untuk bayi
8. Perlengkapan mencuci. Dalam bayangan masyarakat ketika mempunyai bayi maka banyak memiliki cucian. Maka ada yang membawa sabun cuci dan pewangi ketika tilik bayi. Meskipun sekarang masalah cucian bisa diatasi dengan adanya diaper, namun nyatanya membawa perlengkapan mencuci masih banyak dilakukan.
9. Sembako. Di daerah saya di Tuban tilik bayi bisa mengahabiskan anggaran cukup besar bagi ukuran pendapatan masyarakat desa. Bagaimana tidak untuk satu kali tilik bayi saja bisa membawa beras, gula, minyak goreng, sabun cuci bahkan telur dan pisang. 

Jadi saran saya sebelum tilik bayi untuk mempermudah barang apa yang di bawa, terlebih dahulu tentukan anggarannya. Selanjutnya kira-kira barang itu mudah didapatkan atau tidak. Jika sudah demikian tak perlu pusing lagi membawa barang untuk tilik bayi. 

23 komentar:

  1. Yang no 8 inspiring banget nih

    BalasHapus
  2. Saya kadang suka nyetok barang buat tilik bayi. Soalnya tetangga banyak ibu usia produktif.

    BalasHapus
  3. Nah ini dia, Mbak. Aku suka bingung bawain apa. Makasih infonya.

    BalasHapus
  4. Terimakasih mbak sarannya. Kebetulan teman2 udh banyak yg nikah

    BalasHapus
  5. Daerah saya juga sama Mbak, ada tradisi tilik bayi juga.
    Salam kenal Mbak Anis...

    BalasHapus
  6. Wah dari judul sudah kelihatan ini orang Jawa :) hehe

    BalasHapus
  7. Saya rasa apapun itu cocok, asalkan yang masih ada kaitannya untuk bayi ya, Teh..he

    BalasHapus
  8. mantap emak anis tipsnya, saya juga sering tilik bayi tapi hanya baju karena kepikiran jika kerepotan belum nyuci bisa digunakan ganti, sabun cuci juga ketika repot si ibu mgkin tidak sempat beli dan alat-alat mandi

    BalasHapus
  9. Di Ternate banyak yang membawa perlengkapan cuci, detergen banyaknya. Saya sempat 'kaget' karena di daerah asal tidak biasa begitu. Berguna juga sampai berbulan2 tidak beli detergen.

    BalasHapus
  10. inspiring artikelnya kak.. Btw blognya manis :D

    BalasHapus
  11. Wahh unik unik ya ternyataa😊

    BalasHapus
  12. Saya biasanya pilih baju atau tas klo tilik bayi 😊

    BalasHapus
  13. Wuah....sembako ^^ brarti tiap daerah punya kebiasaan unik ya mbak soal tilik menilik bayi. Menarik!

    Btw selain menentukan anggaran, biasanya aku pastikan gendernya juga hehe.

    BalasHapus
  14. Ibu saya kalo tilik bayi seringnya bawa sabun cuci sama pewanginya. Hihi

    BalasHapus
  15. Yang terakhir jadi wajib kalau di daerahku mbak. Hehe

    BalasHapus
  16. Podo ora beda jauh sama daerah saya Paciran, di daerah saya bawanya gula, sabun, baju atau aksesoris buat bayi.

    BalasHapus
  17. Saya lebih suka bawa uang karena busa dibelanjakan sesuai keinginan si penerima. Kalau kado berupa barang biasanya malah jarang terpakai karena mungkin tdk cocok dengan selera si penerima atau mungkin sdh banyak juga yg memberi sehingga malah dobel-dobel dan kurang bermanfaat

    BalasHapus
  18. Kalau aku sering bawa sabun buat cuci baju deh :D

    BalasHapus
  19. Lebih mudah langsung ngasih uang yaa, enak bisa langsung dipakai juga sama ibuknya si bayi, hehe.

    BalasHapus
  20. Saya pribadi gak pernah tilik bayi sendiri. Biasanya istri saya.. Jadi gak tau menahu mau bawa apa

    BalasHapus
  21. uang adalah bahasa universal, hehe...

    BalasHapus
  22. ya sependapat sekali yang pertama itu anggarannya, selanjutnya ga banyak mikir

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan JEJAK di Rumah ku ini :D