Resolusi 2018, Semakin Yakin Menggapai Mimpi - aniskhoircom | a personal blog by Anis Khoir parenting relationship lifestyle

Kamis, 14 Desember 2017

Resolusi 2018, Semakin Yakin Menggapai Mimpi

Bagi pecinta karya Andrea Hirata tidak akan lupa dengan kata mutiaranya “Bermimpilah, maka Tuhan akan menjadikannya nyata”. Satu kalimat yang mampu menyihir saya atau termasuk Anda untuk terus bermimpi, berusaha mewujudkannya dan pada akhirnya mimpi akan tercapai. Tentu bukan berjalan lancar sampai mimpi dapat digenggam. Tapi setidaknya dengan membuat resolusi tahunan akan memperkecil hambatan. Dan seperti tahun sebelumnya saya pun membuat juga resolusi tahun 2018
Apakah itu Resolusi?Kata resolusi akhir- akhir ini memang akrab di telinga. Dari kata resolusi yang dihubungan dengan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), resolusi yang dihubungkan dengan gambar atau kamera  dan resolusi yang ingin seseorang capai.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ada dua pengertian resolusi. Resolusi yang bersuku kata re.’so.lu.si adalah
1. Putusan atau kebulatan pendapatberupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat, pernyataan tertulis, biasanya bersifat tuntutan suatu hal
2. Tujuan atau sesuatu yang hendak saya capai untuk tahun- tahun ke depan.
Sedangkan pengertian resolusi pada gambar atau kamera adalah ukuran dari besar kecilnya pixel
Dari pengertian di atas yang sesuai dengan makna resolusi sesuai dengan tulisan saya kali ini adalah poin yang kedua dalam KBBI yaitu tujuan yang hendak saya capai ditahun 2018 ini.
Pentingkah membuat resolusi ?Membuat resolusi ibarat sebuah kegiatan wajib sebagai penutup tahun sekaligus persiapan menyambut tahun baru. Tujuan resolusi sendiri adalah membuat apa yang impikan menjadi terfokus pada tahun depan. Baik poin apa yang diimpikan, bagaimana cara meraihnya dan mengetahui hambatan apa yang mungkin akan ditemui. Selain itu dengan membuat resolusi dan menuliskannya juga menjadi sebuah doa setiap kali membacanya. Tidak lupa juga seolah selalu diingatkan untuk tidak menyerah mewujudkan resolusi yang telah dibuat.

Resolusi saya di tahun 2018

Yang namanya manusia banyak sekali keinginannya, termasuk yang ingin saya capai ditahun 2018. Namun untuk mempermudah mewujudkannya, saya fokuskan resolusi 2018 pada empat poin berikut :

  1. Go Green lingkungan sekitar rumah. Tinggal di desa bukan berarti masih akrab dengan pohon rindang, sayur-mayur tinggal petik dan halaman rumah penuh dengan bunga hias. Di desa saya yang semakin sempit karena pertumbuhan penduduk yang cukup pesat plus tumbuhnya pabrik membawa dampak terutama suhu udara. Saya merasakan adanya peningkatan suhu dan polusi yang cukup signifikan. Sehingga sebagai langkah awal saya ingin menghijaukan lingkungan rumah saya. Lahan tanah samping yang seuprit sudah mulai saya tanami. Selanjutnya di resolusi 2018 saya ingin menanam seratus tanaman,baik sayur, buah maupun tanaman hias. Dengan minimnya lahan media yang tepat digunakan adalah polibek dan pipa yang dimanfaatkan sebagai vertical garden. Besar harapan saya nantinya lingkungan sekitar rumah menjadi hijau, sejuk dan swasembada sayur sehingga uang belanja bisa lebih hemat. Syukur jika apa yang saya lakukan nanti bisa juga menginspirasi orang lain untuk bertindak yang sama atau lebih baik dari saya untuk berkontribusi terhadap pelestarian lingkungannya.
  2. Membuat pelatihan blog gratis. Blog menjadi media yang mulai banyak dilirik netizen. Dengan bergesernya media cetak menuju online, blog menjadi salah satu media paling mudah untuk berbagi informasi. Namun sayangnya banyaknya konten hoak yang meramaikan dunia maya mengetuk hati saya untuk membuat pelatihan blog untuk pemula. Di dunia blog sendiri saya bisa dikatakan masih hijau berbicara SEO, html, desain grafis dan lainnya. Maka bekerja sama dengan pihak lain dan berkomunitas dengan sesama blogger adalah cara saya mewujudkan resolusi tersebut. Semoga moto hidup saya "Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi dirinya sendiri dan orang lain" bisa terwujud. Salah satunya dengan membuat pelatihan blog gratis.
  3. Cincin untuk ibu mertua. Ada yang mengatakan bahwa ibu mertua adalah sosok paling ditakuti oleh menantunya. Namun bagi saya pernyataan tersebut tidaklah tepat. Buktinya saya bersyukur sekali memiliki ibu mertua yang sebaik emak kandung saya. Mengapa saya ingin memberikan cincin kepada beliau?. Bisa dibilang dalam setahun terakhir keluarga saya mengalami roda berputar pada titik terbawah kehidupan. Setelah membangun rumah dengan tabungan terkuras, kami yaitu saya dan suami harus membiayai mbah masuk rumah sakit untuk operasi. Tak memiliki jaminan kesehatan membuat harus merogok kantong yang kering untuk perawatan. Dalam posisi itulah ibu mertua banyak membantu ketika kami menghadapi masa sulit. Ketika saya tak belanja karena tak memiliki uang beliau memberikan. Ketika Wan minta jajan, tanpa diminta membelikan. Dan masih banyak lagi yang tak mungkin cukup kebaikannya ditulis dipostingan ini. Cincin mungkin tak sebanding jasa ibu mertua terhadap saya. Tapi setidaknya cincin menjadi bukti cinta seorang menantu kepada ibu mertuanya.
  4. Olah raga. Bisa dibilang saya termasuk emak mager. Kondisi yang tinggi langsing tak terlalu berpengaruh terhadap bentuk badan. Tapi yang jadi catatan merah seringnya begadang, banyak duduk sambil memandangi layar laptop serta kurangnya minum air putih berpengaruh terhadap kesehatan. Untuk itulah tahun 2018 saya ingin rutin berolah raga. Dari jalan pagi, senam atau main badminton yang sudah tahun berapa berhenti saya lakukan. Sebagai langkah awal saya pun membuat list jadwal harian dan memasukkan olah raga sebagai kegiatan wajib serta pasang alarm keras-keras jika waktunya olah raga.
Dalam perjalanan mewujudkan resolusi diatas pastinya ditemui beberapa hambatan. Posisi sebagai ibu rumah tangga sekaligus freelance writer yang sering dikejar deadline berdampak pada daya tahan tubuh. Termasuk ketika tubuh sakit mau tak mau segala pekerjaan harus tertunda pelaksanaan. Meskipun begitu saya berprinsip kalau sakit jangan lama- lama. Sehingga untuk memenuhi vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan memilih Theragran-M dari PT Taisho Pharmaceutical Indonesia Tbk.


Theragran-M merupakan multivitamin yang telah bersertefikat BPOM. Theragran-M yang mengandung Magnesium, Zinc dan vitamin berfungsi menjaga daya tahan tubuh dari serangan virus, bakteri serta jamur. Serta membantu memulihkan dengan segera kondisi tubuh pasca sakit. Theragran M jika diminum sesuai dengan dosis dan aturan tidak akan menimbulkan efek samping. Jadi sangat aman untuk dikonsumsi oleh siapa saja.
Memilih Theragran-M untuk pengembalian kondisi tubuh pasca sakit ibarat menemukan teman yang siap mendukung menggapai mimpi. Termasuk dalam melaksanakan serta mewujudkan resolusi di tahun 2018 nanti. Terima kasih Theragran-M.

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Theragran-M.



23 komentar:

  1. Semiga resolusinya bnyk yg terwujud, termasuk yg membahagiakan ibu mertua karena restu orang tua memudahkan perjalanan hidup kita....

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali, terima kasih doanya

      Hapus
  2. MasyaAllah banget ini....... Semoga terkabul sebagaimana resolusi jihad terdahulu, smiin..

    BalasHapus
  3. Semoga terlaksana mbak resolusinya..

    BalasHapus
  4. Semoga makin erat hubungan mbak dengan ibu suami.
    Dapat recomendasi vitamin baru nih. Makasih mbk

    BalasHapus
  5. Olah raga, salah satu resolusi yang wajib dan kudu bisa saya wujudkan ini Mbak. Secara sdh cukup lama banget oalah raganya vacuum, hanya jalan-jalan santai dan itupun sering mbolosnya.

    Semoga resolusinya bisa terwujud ya Mbak dan sukses pula utk lombanya. aamiin

    BalasHapus
  6. Wah, aku ingin ikutan yang resolusi kedua, Mba Anis πŸ˜„

    BalasHapus
  7. Theragran memang suplemen yang sangat membantu. :D Aku butuh banget, karena emang gampang sakit.

    BalasHapus
  8. pelatihan blog, keren mb anis. Lanjutkan. Semga semua resolusinya terwujud.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau dong jadi volunteer peserta pelatihannya kak. Semoga dimudahkan

      Hapus
  9. Saya mau ikut pelatihan blognya mbak. Masih pemula ini di bidang per-blog-an πŸ˜ƒ

    BalasHapus
  10. alhamdullillah semoga cincin untuk ibu mertua cepat terwujud mba...... ibu mertuaku juga baik banget mbak, namun beliau sudah menghadap Allah SWT, hanya bisa membalas kebaikan beliau lewat doa....

    BalasHapus
  11. Mau dong ntar ikut pelatihan blognya mbak Anis ^^

    BalasHapus
  12. Mau donk mba, pelatihan blog gratis nya.. sep plis hehehe.. gratis plis *eh* minta di geplak hahaha.. sukses ya mba, semoga semua nya segera terwujud Amin.

    BalasHapus
  13. Semoga terkabul resolusinya ya, Teh.. aamiin..

    BalasHapus
  14. Ku tampaknya jg harus bikin resolusi segera nih biar semangat sambut tahun baru:D

    BalasHapus
  15. Semoga desa Mbak menghijau segar lagi ya.

    BalasHapus
  16. Wah semoga tercapai ya resolusinya, salam kenal :D

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan JEJAK di Rumah ku ini :D