Menjadi Guru Kekinian Dengan Pembelajaran Via Digital - aniskhoircom | a personal blog by Anis Khoir parenting relationship lifestyle

Minggu, 17 Desember 2017

Menjadi Guru Kekinian Dengan Pembelajaran Via Digital

Dahulu namanya sekolah adalah suatu ruangan dimana guru dan siswa bertatap muka untuk mentranfer ilmunya. Guru harus bertemu secara langsung untuk bisa mengajarkan berbagai pengetahun. Kondisi tersebut tentu kurang efektif. Apalagi jika adanya jarak yang jauh untuk bisa berada disatu tempat dan waktu sama antar siswa dan guru dengan tuntutan jaman yang berkembang begitu cepat. Terlebih di jaman milenial segalanya serba digital, hadirnya ruang kelas virtual pun juga diperlukan.

Untuk menjawab tuntutan di jaman serta digital ini, Ruangguru sebagai salah satu startup menghadirkan sebuah aplikasi berbasis smartphone untuk mendukung pendidikan secara online di Indonesia. Dalam mendukung programnya Ruangguru memiliki 6 produk yang dibuat sesuai dengan kebutuhannya. Salah satu yang menarik bagi saya yang ingin kembali mengajar dari produk Ruangguru adalah Ruangkelas.

Ruangkelas adalah sebuah layanan yang dapat diguanakan secara gratis oleh guru dan murid di Indonesia. Melalui layanan pada aplikasi Ruangkelas ini, guru tidak perlu bertatap muka dengan muridnya dalam proses pembelajaran. Pembelajaran bisa dilakukan secara online bahkan juga dapat mengevalusi tugas murid secara langsung. Jadi ketika guru harus berada di luar kota untuk tugas lainnya, tidak ada lagi jam kosong sehingga murid bebas dari pelajaran. Namun melalui layanan Ruangkelas ini pembelajaran tetap bisa dilakukan secara online dengan hasil yang maksimal.

Tidak hanya aplikasi yang mumpumi serta mendukung proses pembelajaran, Ruangkelas juga menyediakan pengembangan diri #KelasMasaDepan bagi guru yang berada di Ruangkelas. Ada beberapa tahap pengembangan diri di Ruangkelas yaitu :

1. Tahap awal. Pada tahap awal ini guru sebagai User harus mendaftar dahulu di Ruangkelas. Selanjutnya setelah diterima maka guru akan mendapatkan panduan penggunaan serta dukungan teknis Ruangkelas baik melalui email maupun telepon.

2. Tahap kedua. Tahap selanjutnya yang disebut juga Power User ini guru menerapkan program #KelasMasaDepan di tempatnya mengajar. Sebagai syarat menjadi Power User ini guru harus mengikuti pelatihan langsung dari Ruangguru. Sebagai pelengkapnya guru juga harus menciptakan minimal satu kelas dan satu set soal. Dan yang terpenting guru telah mengaktifkan kelas virtual dengan jumlah minimal murid 40 orang dalam waktu satu bulan. Sebagai penghargaan jika seorang guru telah sesuai dengan ketentuan menjadi Power User maka Ruangguru memberikan hadiah.

3. Tahap ketiga. Pada tahap ketika ini seorang guru tak hanya mengajar saja di Ruangkelas tapi juga telah menjadi Trainer. Trainer disini maksudnya mengajak rekan sesama guru untuk ikut bergabung dalam program #KelasMasaDepan. Syarat menjadi seorang trainer adalah dapat menjadi 5 guru lainnya untuk menjadi user dapam satu bulan. Ketika telah menjadi seorang trainer banyak sekali manfaat yang didapatkan oleh seorang guru dari Ruangguru. Selain mendapat insentif, berkesempatan mengikuti forum trainer tingkat daerah atau nasional juga mendapat akses khusus dalam pengembangan fitur dan produk.

4. Tahap keempat. Pada tahap keempat ini seorang guru bisa menjadi Community Leader yaitu pemimpin di komunitas guru Syarat menjadi seorang trainer adalah mengajak minimal 10 guru dari sekolah yang sama atau 7 guru dari sekolah yang berbeda. Untuk Community Leader sebagai apresiasinya Ruangguru juga memberikan insentif, berkesempatan mengikuti forum Ruangguru serta representasi #KelasMasaDepan di tingkat daerah maupun nasional.


Dari ulasan diatas aplikasi Ruangguru mampu menghadirkan solusi dari berbagai permasalahan di dunia pendidikan. Dari proses pembelajaran yang bisa dilaksanakan secara online, mempermudah murid mendapat pengetahuan serta memperbaiki kualitas guru melalui pelatihan juga meningkatkan kesejahteran dari insentif yang diberiakan.
Saat ini pun, Ruangguru sudah berinovasi dengan produk terbarunya yaitu ruang belajar. Dalam produk terbaru ini yang berbentuk video belajar, ruangguru berusaha memanjakan siswa dengan menggabungkan metode konvensional dari penjelasan seorang guru (master teacher) dengan sentuhan animasi-animasi yang menarik. Dengan ini, diharapkan video belajarsiswa dari ruangbelajar akan semakin mudah memahami topik yang dijelaskan.

5 komentar:

alif kiky mengatakan...

Ini yang tipe belajarnya auditori pas banget mbak. Terima kasih infonya mbak. Semoga metode seperti ini bisa terus berkembang

Novarina DW mengatakan...

Sekatang semakin banyak kemudahan untuk menambah wawasan keilmuan ya mbak Anis ^^

Fanny f nila mengatakan...

Aku masih blm nangkep praktiknya sperti apa sih. Mungkin memang hrs mencoba sendiri ya mba.. Tp kalo baca featuresnya di atas, aku lumayan suka konsepnya. Membantu anak2 belajar dengan cara baru dan tanpa hrs jauh2 bertemu gurunya :) . Cocok utk anak2 yg memilih homeschooling Kan yaa

Liswanti mengatakan...

Ruangguru memudahkan belajar ya

Anisa AE mengatakan...

Asyik nih. :D Kudu punya aplikasinya deh, biar bisa beljar bareng ama anak. :'D