Mengenal Karakter Dasar Manusia dan Menggali Potensinya

 

Setiap manusia dianugerahi kemampuan yang berbeda dengan yang lainnya. Sifat tersebut selayaknya sebuah fitrah yang berkembang di dirinya. Selanjutnya menjadi karakter seseorang yang berpengaruh terhadap kehidupannya. Ada yang memandang karakter seseorang merupakan hal yang menguntungkan namun tak jarang karena karakternya yang tidak dipahami malah menjadi batu sandungan dalam hubungan dengan orang lain. Padahal jika potensi karakter manusia bisa digali akan sangat menguntungkan baik bagi karier, kehidupan pribadi maupun hubungan dengan orang lain.

Membaca tulisan Mbak Rosa dalam post trigger di KEB Blogging Collaboration tentang Karakter manusia saya tertarik untuk menanggapinya. Menurut tulisan Mbak Rosa yang beliau ambil dari ceramah Ustadzah Aisyah Dahlan ada 4 karakter manusia menurut Hippocrates yaitu Korelis, Plagmatis, Sanguinis dan Melangkolis. Secara sederhana Ustadzah Aisyah yang merupakan seorang dokter meminta untuk memilih 2 peran yang diambil seseorang dalam sebuah opera untuk mengetahui karakter dasarnya. Ada 4 peran yang ditawarkan yaitu sutradara, pemain opera, penonton dan penulis cerita. Karena manusia berasal dari gen ayah dan ibu yang berbeda maka ada 2 karakter manusia juga yang dominan dalam dirnya.

Jenis Karakter Dasar Manusia

Dalam karakter manusia tersebut semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Dan memiliki potensi tersendiri perannya dalam opera yang dapat menjadi gambaran dalam kehidupan nyata. Berikut ini 4 karakter manusia, kekurangan dan kelebihannya serta potensi yang dimilikinya.

 Korelis.

Peran seseorang yang mempunyai karakter korelis digambarkan sebagai seorang sutradara. Sebagai seorang sutradara yang mengatur pemain maka karate dasar orang korelis adalah mengatur orang lain atau sebagai pemimpin. Orang berkarakter korelis biasanya mempunyai kelebihan sebagai berikut :

•Suka memimpin dan mengorganisir

•Fokus pada tujuan sehingga kurang memperhatikan pertemanan

•Seseorang yang mandiri, rasional dan sistematis

Diantara berbagai kelebihan ini karakter manusia bersifat korelis ini juga memiliki kekurangan diantaranya :

•Kurang bisa bersabar dan mudah marah

•Merupakan seseorang yang workaholic

•Sangat sulit meminta maaf ketika bersalah

•Kurang bisa berempati terhadap orang lain

Untuk orang dengan karakter korelis cocok dengan bidang pekerjaan : dokter, director dan wiraswasta

Plegmatis.

Dalam tulisannya, Mbak Rosa menggambarkan orang yang bersifat plegmatis ibarat penonton opera. Karakter manusia bersifat plegmatis sering dijuluki pecinta kedamaian. Mereka lebih suka mengamati, tidak suka terlibat dan menghindari tantangan. Karakter plegmatis biasanya mempunyai kelebihan sebagai berikut :

Orang plegmatis merupakan orang yang tenang dan mudah bergaul

Merupakan seorang pendengar yang baik

Suka hidup damai dan memiliki empati yang tinggi

Sedangkan kekurangan karakter manusia plegamtis adalah :

Terlalu santai sehingga kurang berinovasi terhadap hal baru

Kurang suka terlibat dalam masalah

Lebih mudah menyerah ketika berada dalam kesulitan

Menghindar pada konflik

Dalam bidang pekerjaan orang berkarakter plegmatis cocok dalam bidang : staf administrasi, konselor dan customer service

Sanguinis.

Manusia berkarakter sanguinis biasanya di juluki dengan “yang terpopuler”. Dalam tulisannya mbak Rosa mengibaratkan orang sanguinis ini dalam opera berperan sebagai pemain opera. Orang sanguinis merupakan orang yang terbuka, mudah bergaul dan banyak bicara. Karakternya inilah yang menyebabkan dia menjadi orang yang populer. Beberapa kelebihan yang dimiliki orang sanguinis yaitu :

Biasanya orang sanginis ini suka ingin tahu, ekspresif dan cukup antusias

Menyukai hal spontan dan cekatan

Memiliki optimism yang tinggi

Bisa menjadi inspirasi orang lain

Sedangkan kekuarangan orang sanguinis ini biasanya :

Merupakan orang yang pelupa dan kurang bisa focus

Mudah dikendalikan oleh keadaan

Bukan pendengar yang baik karena merupakan orang egois

Suka ikut campur terhadap masalah orang lain

Dalam bidang pekerjaan orang yang berkarakter sanguinis cocok sekali menjadi presenter, sales, pengacara dan selebritis.

 

Melangkolis.

Manusia yang mempunyai karakter melangkolis digambarkan sebagai seorang penulis. Orang yang berkarakter melangkolis merupakan orang yang sangat berbakat dari semua karakter. Mereka mempunyai keceerdasan yang tinggi namun lebih suka menutup diri. Kelebihan orang yang memilki sifat melangkolis yaitu :

Merupakan orang yang kreatif, banyak ide dan penganalisa

Orang yang romantis

Orang yang teratur serta hemat

Sangat perhatian dengan orang lain

Sedangkan kelemahan orang yang memiliki sifat melangkolis yaitu :

Suka melihat masalah dari sisi negatifnya

Suka mengingat kejadian negative sehingga menjadikannya pendendam

Merupakan seseorang yang suka mengkritik tetapi tidak mau dikritik

Sulit bersosialisasi karena mempunyai standart yang tinggi

Dalam bidang pekerjaan orang yang berkarakter melangkolis cocok menjadi keuangan, hakim, notaries dan quality control

Kesimpulan

Dengan mengetahui karakter diri sendiri maka akan lebih mudah menggali potensi yang dimiliki. Sehingga tak hanya terpacu pada kelemahan yang akan membuat gagal dalam kehidupan tapi lebih menggali kelebihan yang dimiliki. Selain itu dengan mengetahui karakter dasar manusia lebih memahami sifat orang lain. Dengan mengetahui karakter dasar manusia dan potensinya tak hanya sukses diri sendiri tetapi juga suksesnya hubungan dengan orang lain. Bagaimanapun manusia makhluk soasial yang tak terpisahkan dari orang lain serta lingkungannya.

6 pemikiran pada “Mengenal Karakter Dasar Manusia dan Menggali Potensinya”

  1. kayaknya aku perpaduan korelis sama sanguinis deh, pokoknya pengennya jadi yg populer..hee
    sbnernya cinta damai juga, tp lebih sering marah2nya dari pada damainya.

    Balas

Tinggalkan komentar