aniskhoircom | a personal blog by Anis Khoir

Jumat, 16 Agustus 2019

Pantai BOOM Tuban
Pantai boom tuban
aniskhoir.com Mengunjungi atau berada di Tuban rasanya kurang lengkap jika tidak ke pantai. Bagaimana tidak, salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur ini berada di sepanjang pesisir pantai utara Jawa. Sehingga tidak mengherankan, selain dikenal memiliki banyak gua, Tuban juga memiliki berjejer pantai yang indah. Sebut saja dari ujung barad yang sudah dikelola baik yaitu pantai Sowan, pantai pasir putih Remen, Pantai Mangrove, pantai Bonang, Pantai Kelapa, dan juga pantai Boom. 

Untuk pantai Boom sendiri letaknya bisa dibilang berada di pusat kota. Tepatnya di samping alun-alun kota Tuban, dan bersebelahan dengan parkiran untuk kendaraan peziarah makam Sunan Bonang. Sehingga tidak mengherankan jika pantai ini juga menjadi tujuan para pengunjung yang sedang berada di kota Tuban. 
Baca juga : Pemandian alami Bekti Harjo
Untuk tiket masuk, bisa dibilang cukup murah. Hanya Rp. 8.000,- untuk dewasa sedangkan Rp. 6.000,- untuk anak-anak. Bisa dibilang area pantai Boom ini cukup luas dan sejuk. Banyak pepohonan serta angin yang semilir sehingga pas untuk piknik dengan keluarga. Apalagi jika membawa tikar dan makan bersama pasti nikmat banget ya. 
Pantai boom

Bagi yang membawa anak kecil ada playground yang bisa dinikmati secara gratis. Atau bagi yang ingin mencoba bianglala atau dermolen ada juga lho. Biasanya untuk hari libur akan ramai pengujung yang mencoba wahana tersebut. Karena luasnya area bagi yang ingin mengelilingi pantai Boom tanpa capek bisa naik kereta kelinci. Untuk tiap orang hanya membayar Rp. 10.000,- . Sedangkan bagi yang ingin mengililingi sekaligus berolahraga, ada juga sepeda goes yang bisa di sewa. Untuk sekali putaran bisa diisi empat orang cukup bayar Rp. 30.000,-. Dari harga tiket Rp. 30.000,- dapat gratis satu tiket untuk anak mencoba area bermain yang telah disediakan. Kemarin sih Wan mencoba area bermain pasir. Saya kira awalnya pasir kinestik tapi ternyata pasir biasa sehingga tidak bisa dibentuk. Okey-lah gakpapa, main pasir saja Wan juga sudah bahagia.
Pantai boom
 baca juga : 5 Pantai Romantis di Tuban
Oh ya, meskipun ini namanya pantai tapi jangan berharap bisa main air dan bermain pasir gitu ya. Karena gak akan kalian temui. Jadi pantai Boom kalo aku bilang sih semacam dermaga gitu sih dengan dikelilingi bebatuan pada bibir air lautnya. Tidak mengherankan jika sekelilingnya juga banyak kapal nelayan yang bersandar. Karena aku datang pas siang jadi kebetulan bebarengan sama nelayan yang kebetulan merapat. Bagi pecinta mancing sih bisa banget disini. Terutama bagian ujung pantai Boom. Selain pengunjung tidak terlalu ramai juga lautnya sudah agak dalam. Jadi kemungkinan dapat ikan lebih banyak. 
Pantai boom

Meskipun termasuk wisata murah meriah jangan salah kalian tetap kok bisa berselfi ria dan tempatnya instagramable. Ada spot-spot cantik yang bisa kalian gunakan untuk foto. Seperti bangunan replica kapal tersebut bisa dinaiki ke atas. Dan kalian bisa melihat sebagian kota Tuban dan pantai Boom dari ketinggian. Berhubung saya takut ketinggian, jadi sorry saja tidak ada fotonya disini ya. Cukup gambar bangunannya saja.
Pantai boom
baca juga : pantai Remen Tuban, antara pasir putih dan laguna
Overall sih menarik pantai Boom. Namun, buat masukkan saja sih, untuk tempat bermain anak kalau bisa ditambah. Terutama untuk ayunan dan lainnya yang bikin anak nyaman. Untuk kebersihan ku rasa juga perlu diperhatikan, meskipun bisa dibilang sudah banyak perbaikannya termasuk sarana dan prasarana dari beberapa tahun lalu saat aku datang ke pantai Boom. Kalau diminta menilai Pantai Boom sih saya kasih 7 dari 10 bintang. Jadi bisa dibilang recommended deh bagi yang sedang berkunjung ke Tuban.

Selasa, 13 Agustus 2019

Mempersiapkan Anak Saat Memasuki Fase Perkuliahan
Anak kuliah

“Selamat Anda Lulus”, itulah yang tertulis dalam selembar surat dari salah satu Universitas terbaik di Indonesia yang menjadi impian anak Anda sejak dulu. Perasaan bahagia, bangga, sedih harus berpisah kota, campur aduk menjadi satu. Lalu Anda mulai kebingungan karena persiapan keuangan untuk universitas belum tersedia. Kemudian yang terpikir adalah, biaya kuliah dari mana? Haruskah sang anak merelakan pendidikannya? Saatnya Anda mulai memikirkan untuk menggunakan produk kredit tanpa agunan Bank Panin. Buat Anda yang sedang memikirkan untuk mengambil KTA Bank Panin, perlu diketahui bahwa KTA atau kredit tanpa agunan adalah produk pinjaman tanpa jaminan dari debitur. Karena itu, produk Kredit Tanpa Agunan ini sangat memudahkan dan menguntungkan. Terlebih, kini Anda bisa mengajukan KTA secara online. Salah satu penyedia jasa pinjaman dana online yang hadir untuk menjawab kebutuhan Anda adalah CekAja.com.

Di CekAja.com Anda bisa melihat syarat, produk pinjaman, fitur, tingkat suku bunga, kelebihan, manfaat dan informasi lainnya. Anda juga bisa daftarkan kredit tanpa agunan Bank Panin dengan keuntungan sangat mudah dan fleksibel. Anda bisa ajukan pinjaman mulai dari 3 juta sampai 500 juta rupiah. Suku bunga yang diberikan juga cukup rendah dan sangat cocok bagi Anda yang sedang membutuhkan pinjaman untuk anak Anda yang akan masuk ke fase perkuliahan.
Berikut ini hal yang harus dipersiapkan ketika anak Anda memasuki fase perkuliahan: 

Persiapan mental

Dukungan dari Anda sebagai orangtua sangat penting karena anak Anda baru pertama kali menghadapi masa perkuliahan. Yakinkan pada sang anak bahwa kuliah bukan hanya belajar di dalam kelas, tapi juga mencari pengalaman lain dan berteman banyak. Dunia perkuliahan membebaskan sang Anak untuk memilih tapi juga dengan tanggung jawab yang tinggi.

Persiapan menghadapi kota yang baru

Mencari kos-kosan, memasuki masa orientasi, dan menghadapi kota yang baru bukanlah tugas yang mudah. Memasuki masa perkuliahan tekankan sang Anak bahwa ia akan berpisah dengan teman-temannya dan ia akan membuat pertemanan baru. Selain itu, kota yang baru juga berbeda dengan tempat tinggalnya, jadi harus siap dengan perubahan itu.

Persiapan finansial

Anda sebagai orangtua juga harus mempersiapkan keuangan untuk sang Anak. Biaya kosan, biaya uang kuliah persemester, biaya peralatan kosan, dan lain sebagainya harus dipersiapkan agar sang Anak siap menjalani kehidupan barunya. Jangan lupa ingatkan anak bahwa ia akan diberi uang bulanan untuk ia pertanggungjawabkan sendiri. Hal ini penting agar ia mempergunakannya hanya untuk keperluan yang sangat penting.
Dari informasi di atas, Anda bisa menentukan kredit tanpa agunan mana yang harus Anda pilih. Hal ini termasuk besaran dana yang dapat dicairkan, waktu pelunasan, dan persyaratan yang dibutuhkan. Jangan lupa pilih kredit tanpa agunan Bank Panin yang bisa diperoleh dengan cepat dan mudah. Dengan proses yang cepat dan persyaratan yang mudah, Anda bisa menggunakan dananya dengan segera. Bunga dan biaya yang diterapkan juga terbilang kompetitif. Anda cukup mengajukannya secara online di CekAja.com sehingga Anda tak perlu repot lagi pergi ke bank untuk mendapatkan pinjaman. Berkas-berkas yang harus dikirimkan bisa Anda kirimkan melalui kurir, jadi Anda tinggal duduk manis sambil menunggu pinjaman cair.

Silakan cek https://www.cekaja.com/banks/panin/pinjaman untuk mengetahui tata cara, persyaratan, detail pinjaman, dan prosedur aplikasinya. Semoga bermanfaat!

Senin, 12 Agustus 2019

Hidup Sehat dengan Rutin Konsumsi Air Kelapa
Air kelapa

Hidup sehat dengan rutin konsumsi air kelapa. Hidup sehat itu bukan tujuan tapi cara untuk mendapatkan kehidupan yang lebih bermakna. Jika kita saja tidak bisa merawat tubuh kita sendiri, bagaimana mau memberikan sesuatu bagi orang lain? Oleh karena itu penting sekali menjaga kesehtan. Salah satu caranya adalah dengan rutin mengonsumsi air kelapa. Air kelapa banyak sekali kegunaannya dan bagi siapa saja. Dengan rutin minum air kelapa, Anda bisa terhindar dari berbagai penyakit. Sehingga Anda tak perlu mengeluarkan uang untuk biaya kesehatan. Sebagai informasi, Anda bisa mengajukan kredit tanpa agunan Bank Panin untuk biaya kesehatan. Kita tak akan pernah tahu apa yang terjadi pada diri kita, bukan? Jadi, tidak ada salahnya mengetahui kredit tanpa agunan Bank Panin. Selain untuk kesehatan, biaya pendidikan KTA Bank Panin juga memiliki tingkat suku bunga yang rendah, sehingga cocok untuk Anda yang juga membutuhkan untuk biaya pendidikan.

Apa itu kredit tanpa agunan Bank Panin? Kredit tanpa agunan adalah sebuah produk pinjaman kredit namun Anda sebagai debitur tak perlu memberikan jaminan kepada pihak pemberi pinjaman. Selain itu, jika Anda mendaftar kredit tanpa agunan Bank Panin di CekAja.com, Anda punya banyak keuntungan seperti, proses yang cepat dan cara yang mudah. Anda hanya perlu duduk manis sambil memenuhi persyaratan melalui online, berkas-berkas yang diperlukan pun bisa dikirim melalui jasa pengiriman. Anda pun hanya perlu menunggu sampai dana bisa dicairkan.

Apa saja manfaat air kelapa untuk kesehatan? Simak ulasan lengkapnya berikut ini ya.

Mengatasi dehidrasi

Dehidrasi dialami ketika seseorang kekurangan cairan di dalam tubuhnya. Bukan hanya air, yang dibutuhkan adalah ion dan mineral alami. Air kelapa adalah solusinya. Jadi jika Anda sedang diare dan membutuhkan cairan yang banyak, minumlah air kelapa tanpa campuran gula karena air kelapa sangat bermanfaat untuk kesehatan.
Menjaga kelembaban kulit

Ingin memiliki kulit lembab dan cantik sempurna? Cukup rutin mengonsumsi air kelapa setiap pagi. Air kelapa dapat mencegah penuaan dini dan menjaga kulit agar tetap sehat dan mencegah iritasi dan dapat meredakan jerawat pada wajah. Wah banyak sekali ya manfaatnya untuk kecantikan.

Menyembuhkan infeksi kandung kemih

Jika Anda sedang mengalami infeksi kandung kemih, Anda akan disuruh untuk minum air yang banyak. Tapi selain itu, air kelapa juga dibutuhkan untuk membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi kandung kemih. Minumlah air kelapa 2 hari sekali agar lebih memaksimalkan manfaatnya.

Lebih baik mencegah daripada mengobati kan? Lebih baik konsumsi air kelapa setiap hari daripada mengeluarkan biaya kesehatan yang tinggi. Jika Anda harus mengeluarkan biaya kesehatan, jangan lupa ajukan kredit tanpa agunan Bank Panin di CekAja.com. Karena dengan mengajukan kredit tanpa agunan Bank Panin di CekAja.com, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan. Keuntungannya antara lain; dapatkan dana cepat tanpa agunan, cepat dan mudah, dokumen sederhana dan proses yang cepat, fleksibel dengan jangka waktu kredit yang panjang hingga 36 bulan, serta nikmati limit pinjaman mulai dari 3 juta sampai dengan 500 juta rupiah. Ditambah jika ada berkas yang harus dikirimkan, Anda bisa mengirimkannya lewat jasa pengiriman.
Tertarik? Silakan cek https://www.cekaja.com/banks/panin/pinjaman untuk informasi seputar biaya, prosedur aplikasi, dokumen persyaratan, tingkat suku bunga, dan informasi lainnya. Semoga informasi di atas berma

Selasa, 06 Agustus 2019

KIsah Bulan Agustus
Bulan agustus

Mengawali tulisan di bulan Agustus ini di buka tentang kemerdekaan. Rasanya semua pojok daerah sudah penuh dengan warna warni merah putih. Ya, bulan Agustus bagi kita bangsa Indonesia selalu diidentikan dengan kemerdekaan. Maka sebagai cara memperingatinya berbagai cara orang lakukan. Dari mulai aneka lomba anak sampai lomba untuk orang dewasa, tumpengan, jalan sehat sampai yang tidak pernah ketinggalan yaitu pawai budaya atau karnaval.

Ingatanku kembali dijaman kecil dulu. Setiap Agustusan pasti aku dan teman-teman mencari tahu kapan karnaval kecamatan diadakan. Di karnaval kecamatan inilah dapat melihat banyak kreasi serta aneka pertunjukkan yang lengkap. Bahkan biasanya sangking banyak peserta yang ikut, acara yang dimulai selepas dhuhur akan selesai habis magrib. Itu artinya akan banyak cerita yang kami bagi dengan sesame teman disekolah besok harinya. Yang tidak lihat, siap-siap mendengarkan saja dan iri terhadap apa yang kami lihat di karnaval itu.

Tidak mengherankan jika kemudian aku akan merayu Bapak untuk mengantarku dan kakak melihat. Jauh hari aku akan menginfokan pada bapak agar beliau bisa tidak bekerja pada hari H dan mengantar kami. Sebenarnya bapak tipe orang yang sayang pada anaknya dan menuruti keinginan anaknya selama beliau bisa. Namun kondisi kesehatan beliau yang kadang sakit tiba- tiba tidak mungkin bisa mengabulkan keinginan kami.
baca juga : Kunci sabar merawat orang tua sakit
Aku ingat, 2 kali bapak mengantarkan kami melihat karnaval. Waktu itu aku masih kelas 2 SD sedangkan Mbakku kelas 5. Dengan menggunakan sepeda ontel kami dibonceng bersama. Dengan bersepeda sekitar 30 menit tentu cukup melelahkan bapak. Belum lagi, jalan masih yang berbatu karena proses pengaspalan belum dilakukan. Tidak jarang kadang kita dibonceng dalam kondisi tidak seimbang dan hampir jatuh. Meskipun ada perasaan sedikit takut tapi sepanjang jalan bapak akan mengajak kami bercerita. Selain menghindari agar kami tak jenuh selama perjalanan, juga menunjukkan apapun yang kami lewati. Karena jarang bisa membonceng kami berdua maka biasanya bapak akan mencari jalan berbeda ketika berangkat dan pergi sehingga memberi pengalaman kami lebih banyak.

Karnaval di daerah kami selalu identik dengan jaranan. Jaranan sendiri merupakan orang yang diberikan mantra khusus sehingga hilang dari kesadarannya. Tidak jarang jaranan akan makan ayam mentah, makan kaca atau yang menakutkan mengamuk di tengah jalan. Kalau sudah begitu kami akan mundur dan ketakutan. Di situlah peran bapak akan menjaga kami, dan mengajak kami mencari tempat yang aman. Dalam artian tetap bisa melihat tapi jauh dari jalan yang dilalui jaranan.

Pulangnya Bapak selalu membelikan kami jajan mainan. Saya ingat benar, andalan jajan yang Bapak belikan yaitu roti marie. Jika ada yang berpikir “ah, hanya roti marie. Saya aja tidak suka”. Jika hal itu terjadi sekarang tentu tidak ada yang istimewa. Namun di jaman dahulu, atau dua lima tahun lalu, roti itu barang langka. Kami hanya menemuinya di toko besar yang di desa pun hanya satu toko yang menjualnya. Masalah harga demikian pula. Terlalu mahal bagi kami. Sehingga mendapatkan rotie mari hanya saat-saat yang bisa dikatakan istimewa saja.
baca juga : Pembelajaran pawai karnaval bagi anak
Kisah bulan Agustus dengan Bapak cukup membekas pada kami. Ya, karena Bapak sering diuji dengan sakit maka bisa dibonceng serta beliau dalam keadaan sehat sesuatu yang langka. Dan tiap kali Agustus tiba, aku dan kakakku akan mengingat kisah ini. Meski sekarang Beliau telah berada di sisiNya, setiap bulan Agustus tiba lagi- lagi kami menceritakannya. Termasuk sekarang aku tuliskan pada blog pribadi ini.

Selasa, 30 Juli 2019

Ingin Jualan Online Mudah, di Blibli.com Aja

“Uang bisa dicari, ilmu bisa digali, tapi kesempatan untuk berbakti pada orang tua tak akan terulang lagi” 

Sore itu entah berkah atau musibah pada akhirnya keputusan besar kami ambil. Setelah pertimbangan baik buruknya kami memutuskan kembali ke desa. Sebelumnya kami tidak membayangkan bagaimana kehidupan kami di desa. Ya, sejak menikah kami tinggal di kota yang jauh dari kampung halaman suami. Namun karena kondisi bapak mertua yang memerlukan bantuan anak lelakinya untuk mengelola sawah di desa, mau tak mau dan atas nama pengabdian kami pulang. 

Pulang kampung bagi yang lama diperantauan layaknya memulai hidup baru lagi. Terutama saya, yang bukan asli warga disana. Untuk itulah sebagai bentuk kemandirian berumah tangga, kami membangun rumah sendiri. Meski tidak besar tapi cukup menguras tabungan kami dan juga utang disana sini. 
Rumah sederhana yang kami bangun
Dengan kondisi keuangan kami diatas, tentu saya sebagai istri tidak bisa berdiam diri. Bagaimanapun saya harus membantu suami mencari penghasilan lain. Sebagai opsi pertama kami membuka toko kebutuhan sehari juga menyediakan pakan ternak. Namun ternyata tak semudah membalikkan tangan. Meskipun lokasi toko kami strategis, di dekat jalan utama kampung namun ternyata ada beberapa toko tetangga di sana. Mau tidak mau kami harus bersaing dengan mereka. Belum lagi masyarakat di desa kami yang masih mempercayai klenik. Jadi percaya tidak percaya menggunakan dukun dan semacamnya masih lumrah untuk melariskan dagangannya. 
Membuka toko sebagai penghasilan tambahan

Memulai Membuka Toko Online di Blibli.com 

“Kenyataan hidup mengajarkan, bukan peluang yang menciptakan kemauan, tetapi kemauanlah yang menciptakan peluang ( John C. Maxwell) 

Disela- sela menjaga toko yang bisa dikatakan mati enggan hidup pun tak mau, saya tetap menjalankan hobi yaitu menulis. Ternyata konsistensi tersebut menghasilkan reward yang bentuknya bisa uang atau juga berupa voucher belanja. Salah satu yang sering saya dapatkan yaitu voucher belanja Blibli. Ternyata voucher yang diberikan blibli tersebut membuat saya kecanduan. Bagaimana tidak, meskipun tidak mendapatkan voucher, saya tetap dan suka belanja di Blibli karena berbagai kemudahan yang diberikan serta lebih aman dari penipuan. Dari pengalaman tersebut, saya ingin membuka menciptakan peluang dengan menjadi jualan online Mulailah saya mencari tahu berbagai persyaratan serta ketentuan untuk menjadi The Big FAMILY OF BLIBLI. 

Menjadi Seller Blibli, Tak Sulit Kok. 

Masih percaya menjadi Seller itu sulit? Berarti kamu belum kenal Blibli. Karena di Blibli itu mudah banget dan tidak sesusah yang dibayangkan. Hanya perlu 3 langkah saja hasil penjualan udah diterima ditangan. 

1. Buka Toko. Yang namanya mau jualan harus buka toko dulu dong. Buka toko di Blibli gak perlu bangun toko yang keluargan biaya berjuata- juta, atau sewa kios yang tidak kalah mahalnya. Semua bisa dilakukan dengan gratis tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Cukup masuk ke Blibli.com klik “Daftar Sebagai Penjual” kemudian tulis data lengkap serta upload dokumen yang diperlukan. Bagi seller perorangan cuma perlu KTP dan NPWP saja. Kalau sudah, tunggu email konfirmasi. Saat sudah menerima email verifikasi yang berisi kode OTP itu artinya sudah siap buka toko dan jualan. Segitu mudahnya ya jualan online di Blibli ya. 

2. Upload Produk. Kalau toko sudah jadi giliran persiapkan barang untuk dijual. Untuk barang dagangannya mudah banget lho. Cukup upload foto barang yang kita jual ya. Kasih deskripsi sejelas mungkin produk tersebut, dari mulai harga sampai spesifikasinya. Kalau sudah siap semua, kita tunggu pesanan yang datang 

3. Respon Pesanan

Kalau sudah ada pembeli barang kita, akan ada pemberitahuan lewat email serta SMS. Segera respon dengan mengirimkan produk sesuai pesanan. 
Cara bikin toko online di Blibli

4. Terima pembayaran. Kalau barang sdah terkirim, tunggu ya konfirmasi dari penerima barang. Kalau barang udah sampai di tempat pemesan, kita akan menerima pembayaran di rekening yang terdaftar. Pembararan bisa kita dapatkan seminggu sekali ya.. 

Benefit gabung jadi seller Blibli

Selain karena udah seneng sejak jadii konsumen dulu, alasan memilih Blibli sebagai marketplace adalah karena beberapa hal berikut ini : 

1. Keluasan pilihan kategori. Jadi di Blibli banyak pilihan produk yang dapat dijual sehingga membuka peluang penjual lebih besar menawarkan berbagai produknya. 

2. Gratis photo produk. Bagi penjual yang bingung foto barang dagangannya, tidak usah kawatir karena Blibli menyediakan gratis foto produk yang bisa dimanfaatkan para seller. 

3. Kemasan gratis. Dulu setiap beli barang di Blibli itu senang banget karena salah satunya dari sisi kemasan. Barang yang kita pesan dikemas secara rapi dan menggunakan kardus khusus dengan label Blibli sehingga kesan profesial terlihat. Dan ternyata kemasan tersebut didapat seller gratis dari Blibli. Asyikkan.. 

4. Gratis biaya kirim. Yang sering jadi kendala berjualan online itu biasa karena biaya kirim yang cukup tinggi. Apalagi yang letak daerahnya jauh. Tapi di Blibli baik pembeli maupun penjual dimanjakan dengan gratis biaya kirim. 

5. Kemudahan proses pengiriman. Mengalami proses pengiriman ribet? Tidak ada lagi jika berjualan di Blibli. 

6. Asuransi pengiriman produk. Pernahkah merasa takut rusak atau hilang barang yang kita jual? Saya pernah merasakan. Berjualan di Blibli tidak perlu merisaukannya lagi. Ada asuransi pengiriman produk yang membuat penjual menjadi tenang. 

7. Layanan merchant care. Ada masalah dalam pembayaran atau kendala lain?, langsung aja menghubungi merchant care yang tersedia 24 jam. 

8. Terdepan dalam inovasi In Store. Menjadi seller Blibli tidak perlu takut ketinggalan inovasi, karena Blibli terus melakukan inovasi, termasuk inovasi In Store 

Menjadi Seller Milenial Kudu Tetap Belajar 

Menjadi seller bukan berarti hanya berdiam diri dan terima gaji. Karena dunia akan berkembang pesat terlebih di era revolusi industri 4.0 ini. Agar menjadi seller milenial tentu butuh banyak belajar, Blibli memberikan kesempatan edukasi bagi seller untuk pengembangan bisnis online melalui Blibli University. Di sini para seller bisa belajar berbagai tutorial bisns, video learning dan artikel pengembangan bisnis 

Koneksi itu Penting

Orang yang berhasil adalah orang yang bisa menginspirasi dan mau diinspirasi orang lain. Oleh karena, selain sebagai tempat jual beli, Blibli juga memberikan ruang pada seller untuk mengembangkan koneksi bisnis dengan pemilik merchant lainnya. Jadi disini para merchant bisa diskusi, berkoneksi dan tentunya menginspirasi. 

Membuka toko di Blibli bagi saya seperti menemukan dewi fortuna bagi ekonomii keluarga. Bagaimana tidak, saya bisa mendapatkan penghasilkan meskipun dirumah saja. Bahkan bisa dibilang penghasilan dari toko di Blibli lebih besar dari toko dirumah dulu. Bagaimana tidak, kostumer saya bisa berasal dari seluruh penjuru Indonesia bahkan Papua. Dan yang bikin tenang lagi, saya tidak perlu saingan lagi dengan tetangga dalam berjualan. Dengan begitu, saya bisa berbakti pada orang tua, hubungan dengan tetangga tetap terjaga serta pundi-pundi rupiah tetap mengalir setiap minggunya. Kalian mau seperti saya? Buka saja toko di Blibli segera.