Resep Masak Telur dan Sayur Labu Siam Santan - aniskhoircom

Thursday, 21 December 2017

Resep Masak Telur dan Sayur Labu Siam Santan

Aniskhoir.com. Masak sayur tapi tetap menggugah selera adalah PR yang cukup memusingkan bagi ibu. Dengan mengkombinasikan antara sayur dan lauk lainnya bisa menjadi alternatif menggugah selera makan suami dan anak. Sayangnya, bila kombinasi yang dihadirkan salah, yang ada malah salah satunya tidak dimakan. Padahal untuk memasak itu kan tidak gampang. Butuh waktyu dan tenaga. Kecewa rasanya bila tidak dimakan sampai habis.
Kali ini Anda bisa mencoba memasak telur dan sayur labu siam santan yang cukup mudah untuk dibuat. Tentu saja ini bisa jadi alternatif yang baik bagi ibu semua agar masakanya di makan habis oleh suami dan anak-anak. Telur memiliki rasa yang sedikit tawar, ditambah dengan rasa labu siam yang khas, tentu akan semakin nikmat berkat hadirnya santan. Apalagi kalau kita pakai yang namanya Sasa Santan Kelapa.
Mengapa perlu pakai Sasa Santan Kelapa, kenapa tidak pakai santan kelapa yang baru diperas saja. Sebenarnya pakai santan kelapa yang baru diperas sih boleh-boleh saja. Tapi kan itu tidak mudah dan butuh tenaga tambahan. Sedang kalau pakai Sasa Santan Kelapa, tentu jauh lebih praktis dan mudah. Apalagi bahan yang satu ini punya kualitas yang sama dengan santan kelapa yang baru diperas. Bahkan ini bahan, dikemas dengan teknologi modern dalam keadaan sudah matang dan siap pakai sehingga bisa tahan lama ketika disimpan.
Baca juga : 5 Kuliner Andalan di Tuban
Sasa Santan Kelapa juga cocok untuk segala masakan, minuman dan makanan. Karena bahan yang satu ini punya aroma dan rasa sesegar kelapa yang langsung diperas. Apalagi meski bisa tahan lama, ia tanpa pengawet. Selain itu Santan Sasa juga kental sehingga semakin menyedapkan makanan.
Kali ini saya mau bikin menu makanan menggunakan Santan Sasa, labu siam dan juga telur. Untuk memulainya terlebih dahulu menyiapkan bahan-bahannya beserta bumbu.


-    1 buah labu siap berukuran sedang. Potong tepat menjadi dua. Gosok-gosokan kedua bagian itu sampai berbusa agar rasanya tidak getir di lidah. Kupas kulit labu siap dan buang bijinya. Potong labu siap dengan cara tipis memanjang.
-    4 telur ayam. Bisa digoreng atau direbus. Sesuai dengan selera Anda.
-    1 bungkus Sasa Santan Kelapa
-    Lengkuas dengan ukuran satu ruas jari yang sudah digeprek
-    1 batang sereh yang sudah digeprek
-    2 lembar daun salam
-    Garam, lada dan gula secukupnya.
-    Minyak dan air secukpnya
Selain bahan dan bumbu kering di atas ada bumbu halus yang harus Anda siapkan. Bisa diulek, diblender atau digiling.
-    5 butir bawang merah
-    3 butir bawang putih
-    4 buah caba merah keriting
-    Kunyit seukuran dua ruas jari.
Setelah bahan dan bumbu siap, mari memasak!
1.    Siapkan wajan dengan minyak sedikit untuk menumis bumbu halus. Sekitar 3 sendok makan. Gunakan nyala api kecil agar bumbu tidak cepat gosong.
2.    Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum (bawang merah, bawang putih, cabai keriting, dan kunyit). Sekitar tiga menit.
3.    Tambahkan lengkuas, sereh, daun salam yang sudah dipersipkan. Aduk hingga rata.
4.    Tambahkan garam, lada dan gula secukupnya. Aduk hingga rata.
5.    Masukan labu siam yang sudah dipotong tipis memanjang. Aduk sekitar dua menit.
6.    Tambahkan air untuk membuat labu siam lunak. Aduk hingga mendidih.
7.    Masukan Sasa Santan Kelapa dan telur. Aduk hingga mendidih.
8.    Icip sedikit untuk koreksi rasa. Setelah dirasa pas, angkat dan sajikan.
9.    Telur dan labu siam santan siap dinikmati.

Dulunya saya paling malas masak menu sayur lodeh karena harus parut kelapa sehingga memerlukan waktu yang lama. Namun dengan Santan Sasa, Aslinya Santan memasak lebih praktis rasanya juga istimewa.



7 comments:

  1. Aku bukan ibu jadi gmna ya.. kayaknya ini bukan segmen pembaca sepertiku hehee. Namun ini informasi yang bagus.. terimakasih.

    ReplyDelete
  2. Dan di sini nyari santan instan harus ke toko gede. Di warung2 gak ada yg jual, alasannya org sini lebih suka marut kelapa

    ReplyDelete
  3. Aku lapar aku lapar. Mba anis tanggung jawab hahaha... Lebih enak bikinin ketupatnya bu, tambah sambel. Jadi ketupat sayur hihihihi...

    ReplyDelete
  4. santan sasa ini tanpa pengawet ya, jadi merasa aman buat menggunakannya

    ReplyDelete
  5. Duh seger deh kayanya sayurnya, besok mau cobain buat aaah.. makasi resepnya yaaaa

    ReplyDelete
  6. Yang aku suka klo santannya pke model instant..masaknya jadi cepet kelar, trus bisa beralih ke pekerjaan lainnya

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan JEJAK di Rumah ku ini :D