Mengenal Karakter Dasar Manusia dan Menggali Potensinya - aniskhoircom

Tuesday, 26 December 2017

Mengenal Karakter Dasar Manusia dan Menggali Potensinya


Setiap manusia dianugerahi kemampuan yang berbeda dengan yang lainnya. Sifat tersebut selayaknya sebuah fitrah yang berkembang di dirinya. Selanjutnya menjadi karakter seseorang yang berpengaruh terhadap kehidupannya. Ada yang memandang karakter seseorang merupakan hal yang menguntungkan namun tak jarang karena karakternya yang tidak dipahami malah menjadi batu sandungan dalam hubungan dengan orang lain. Padahal jika potensi karakter manusia bisa digali akan sangat menguntungkan baik bagi karier, kehidupan pribadi maupun hubungan dengan orang lain.

Membaca tulisan Mbak Rosa dalam post trigger di KEB Blogging Collaboration tentang Karakter manusia saya tertarik untuk menanggapinya. Menurut tulisan Mbak Rosa yang beliau ambil dari ceramah Ustadzah Aisyah Dahlan ada 4 karakter manusia menurut Hippocrates yaitu Korelis, Plagmatis, Sanguinis dan Melangkolis. Secara sederhana Ustadzah Aisyah yang merupakan seorang dokter meminta untuk memilih 2 peran yang diambil seseorang dalam sebuah opera untuk mengetahui karakter dasarnya. Ada 4 peran yang ditawarkan yaitu sutradara, pemain opera, penonton dan penulis cerita. Karena manusia berasal dari gen ayah dan ibu yang berbeda maka ada 2 karakter manusia juga yang dominan dalam dirnya.

Dalam karakter manusia tersebut semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Dan memiliki potensi tersendiri perannya dalam opera yang dapat menjadi gambaran dalam kehidupan nyata. Berikut ini 4 karakter manusia, kekurangan dan kelebihannya serta potensi yang dimilikinya.

 Korelis. Peran seseorang yang mempunyai karakter korelis digambarkan sebagai seorang sutradara. Sebagai seorang sutradara yang mengatur pemain maka karate dasar orang korelis adalah mengatur orang lain atau sebagai pemimpin. Orang berkarakter korelis biasanya mempunyai kelebihan sebagai berikut :
Suka memimpin dan mengorganisir
Fokus pada tujuan sehingga kurang memperhatikan pertemanan
Seseorang yang mandiri, rasional dan sistematis
Diantara berbagai kelebihan ini karakter manusia bersifat korelis ini juga memiliki kekurangan diantaranya :
Kurang bisa bersabar dan mudah marah
Merupakan seseorang yang workaholic
Sangat sulit meminta maaf ketika bersalah
Kurang bisa berempati terhadap orang lain
Untuk orang dengan karakter korelis cocok dengan bidang pekerjaan : dokter, director dan wiraswasta

Plegmatis. Dalam tulisannya, Mbak Rosa menggambarkan orang yang bersifat plegmatis ibarat penonton opera. Karakter manusia bersifat plegmatis sering dijuluki pecinta kedamaian. Mereka lebih suka mengamati, tidak suka terlibat dan menghindari tantangan. Karakter plegmatis biasanya mempunyai kelebihan sebagai berikut :
Orang plegmatis merupakan orang yang tenang dan mudah bergaul
Merupakan seorang pendengar yang baik
Suka hidup damai dan memiliki empati yang tinggi
Sedangkan kekurangan karakter manusia plegamtis adalah :
Terlalu santai sehingga kurang berinovasi terhadap hal baru
Kurang suka terlibat dalam masalah
Lebih mudah menyerah ketika berada dalam kesulitan
Menghindar pada konflik
Dalam bidang pekerjaan orang berkarakter plegmatis cocok dalam bidang : staf administrasi, konselor dan customer service

Sanguinis. Manusia berkarakter sanguinis biasanya di juluki dengan “yang terpopuler”. Dalam tulisannya mbak Rosa mengibaratkan orang sanguinis ini dalam opera berperan sebagai pemain opera. Orang sanguinis merupakan orang yang terbuka, mudah bergaul dan banyak bicara. Karakternya inilah yang menyebabkan dia menjadi orang yang populer. Beberapa kelebihan yang dimiliki orang sanguinis yaitu :
Biasanya orang sanginis ini suka ingin tahu, ekspresif dan cukup antusias
Menyukai hal spontan dan cekatan
Memiliki optimism yang tinggi
Bisa menjadi inspirasi orang lain
Sedangkan kekuarangan orang sanguinis ini biasanya :
Merupakan orang yang pelupa dan kurang bisa focus
Mudah dikendalikan oleh keadaan
Bukan pendengar yang baik karena merupakan orang egois
Suka ikut campur terhadap masalah orang lain
Dalam bidang pekerjaan orang yang berkarakter sanguinis cocok sekali menjadi presenter, sales, pengacara dan selebritis.

Melangkolis. Manusia yang mempunyai karakter melangkolis digambarkan sebagai seorang penulis. Orang yang berkarakter melangkolis merupakan orang yang sangat berbakat dari semua karakter. Mereka mempunyai keceerdasan yang tinggi namun lebih suka menutup diri. Kelebihan orang yang memilki sifat melangkolis yaitu : 
Merupakan orang yang kreatif, banyak ide dan penganalisa 
Orang yang romantis
Orang yang teratur serta hemat
Sangat perhatian dengan orang lain 
Sedangkan kelemahan orang yang memiliki sifat melangkolis yaitu :
Suka melihat masalah dari sisi negatifnya
Suka mengingat kejadian negative sehingga menjadikannya pendendam
Merupakan seseorang yang suka mengkritik tetapi tidak mau dikritik
Sulit bersosialisasi karena mempunyai standart yang tinggi
Dalam bidang pekerjaan orang yang berkarakter melangkolis cocok menjadi keuangan, hakim, notaries dan quality control

Dengan mengetahui karakter diri sendiri maka akan lebih mudah menggali potensi yang dimiliki. Sehingga tak hanya terpacu pada kelemahan yang akan membuat gagal dalam kehidupan tapi lebih menggali kelebihan yang dimiliki. Selain itu dengan mengetahui karakter dasar manusia lebih memahami sifat orang lain. Dengan mengetahui karakter dasar manusia dan potensinya tak hanya sukses diri sendiri tetapi juga suksesnya hubungan dengan orang lain. Bagaimanapun manusia adalah makhluk soasial yang tak terpisahkan dari orang lain serta lingkungannya.

27 comments:

  1. Kalau saya bingung dengan karakter saya, antara melankolis dan plegmatis. Tetapi kayaknya lebih ke plegmatis dech. Soalnya antara kelebihan dan kekurangannya banyak yg cocok.
    Kalau melankolis cuma ada beberapa yg sesuai dengan karakter diri saya. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk lebih dipahami karakternya biar bisa menggali lebih dalam potensinya

      Delete
  2. Saya ini tipe apa ya mbak. Gak kenal sama diri sendiri. Kalau bukan korelis ya sanguinis ini kayaknya. Tapi lebih ke korelis si.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dua-duanya berarti. Kan 2 sifat yg lebih dominan

      Delete
  3. Apapun sifat dasarnya, manusia tidak ada yg sempurna dan sangat bergantung kepada orang lain. Setidaknya itu pelajaran yg bisa diambil dari tulisan di atas :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju..
      Manusia ada untuk saling melengkapi

      Delete
  4. Mantap tulisane mbak anis, karakter orang sangat banyak.. Saya termasuk orang yg optimis dan komitmen tinggi terhadap suatu tujuan

    ReplyDelete
  5. kalo ingin tahu tipe di atas, ada aplikasi yg bisa dipakai kah?

    ReplyDelete
  6. Aku banget tuh. Melankolis. :v

    ReplyDelete
  7. Aku sanguin dominannya. sisanya campuran dari karakter lainnya hehehe. nah komposisinya berapa persen itu belum tau :)

    ReplyDelete
  8. Nice share, Teh. Aku haru lebih memahami, biar bisa mendalami karekter nih..
    Merenung dulu, mmpung hujan..he

    ReplyDelete
  9. aku sempat belajar ini waktu pelatihan semasa SMA. semua tipe sih manusia ada sedikit-sedikit tapi tergantung juga sih aku ada di lingkungan seperti apa. kalau mayoritas aku lebih ke phlegmatis

    ReplyDelete
  10. Menarik sekali mempelajari karakter manusia. Selalu ada hal baru yg didapat.

    ReplyDelete
  11. Kalau kesukaan akan karakter yang dianalogikan gonta ganti gimana kak?

    ReplyDelete
  12. Kurasa aku plegmatis,,,tetapi aku pengennya jadi pengusaha,,wkwkwkwk

    ReplyDelete
  13. Setiap orang pasti ada keempat sifatvitu, tapi ada 1 yg lbih dominan

    ReplyDelete
  14. Setiap orang pasti ada keempat sifatvitu, tapi ada 1 yg lbih dominan

    ReplyDelete
  15. Dulunya saya melakolis. Tapi sekarang cenderung ke plegmatis

    ReplyDelete
  16. Aku termasuk yang mana ya? Korelis iya. Tapi kok pelupa juga. Hehehe

    ReplyDelete
  17. sepertinya aku termasuk yang plagmatis..hehe..terimakasih ilmunya

    ReplyDelete
  18. Aku cenderung plegmatis kayaknya mba.. ngalir aja...jadi pengamat��

    ReplyDelete
  19. Kalau kombinasi sanguin melankolis, ada ga ya mbak? He.. he...

    ReplyDelete
  20. Terima kasih atas informasinya

    ReplyDelete
  21. kayaknya aku perpaduan korelis sama sanguinis deh, pokoknya pengennya jadi yg populer..hee
    sbnernya cinta damai juga, tp lebih sering marah2nya dari pada damainya.

    ReplyDelete
  22. koleris melankolis saya Mbaaak, eh tapi katanya watak ini masih bisa berubah ubah Mbak..😄

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan JEJAK di Rumah ku ini :D