}); 3 Cara Me Time Ala Ibu Rumah Tangga parenting and lifestyle blog

Saturday, 30 September 2017

3 Cara Me Time Ala Ibu Rumah Tangga


Bicara ibu rumah tangga tak bisa lepas dengan pekerjaan rumah yang tiada habisnya. Dari mulai bangun tidur sampai tidur kembali pekerjaan ada saja menghampiri. Terlebih bagi ibu yang memiliki anak masih kecil. Untuk sekedar ke kamar mandi pun kadang masih diikuti. Tak mengherankan jika stress terjadi pada ibu rumah tangga. Maka untuk menghindari dari stress ibu rumah tangga membutuhkan waktu khusus buat dirinya atau sering di sebut me time.


Karena me time artinya seseorang harus sendiri. Maka seorang ibu harus pintar-pintar mencuri waktu untuk dirinya. Ada beberapa cara me time yang biasa saya lakukan yang bisa.

1.    Menonton film. Sudah rahasia umum jika seorang ibu banyak yang jadi pecinta drama Korea. Drama Korea yang romantis, cerita yang tidak mbulet serta hampir sama dengan realita bisa menjadi penghilang kepenatan sekaligus hiburan bagi ibu rumah tangga karena pekerjaan hariannya yang menyita waktu dan tenaganya. Tentu untuk bisa menikmati dan menghayati untuk bisa me time dengan menikmati Drama Korea menunggu si kecil tidur terlebih dulu. Tapi kebiasaan saya jika anak tidur kadang ikutan tidur.

2.    Menulis. Bagi emak- emak blogger menulis adalah cara agar tetap waras menghadapi kenyataan. Ada beberapa masalah yang tak bisa dikeluarkan secara verbal maka dengan menulis jadi cara ampuh untuk mengemukakannya sehingga hati terasa lega. Dan bagi saya jika menunggu me time menulis saya biasanya pagi ketika si kecil masih tidur. Dan dengan me time melalui tulisan selain dapat melegakan pikiran bisa juga mengahasilkan jika dikelola dengan baik.

3.     Membaca. Menjadi ibu rumah tangga bukan alasan untuk berhenti belajar. Menjadi ibu rumah tangga harus cerdas dalam mengelola keuangan, menyelesaikan masalah keluarga sampai menjadi guru bagi anaknya. Itulah sebabnya membaca menjadi suatu keharusan di sela pekerjaan harian. Bagi saya selain ada waktu khusus untuk membaca yaitu sebelum tidur, diselal- sela si kecil asyik main, saya bisa menyelipi dengan membaca beberapa lembar.

4.    Belanja ke pasar. Bagi saya yang harus tiap hari menyiapkan makanan untuk keluarga tentu  membutuhakan bahan makanan. Kesempatan ke pasar bisa saya jadikan untuk sekaligus refresing dan me time. Dengan melihat alat rumah tangga, mencicipi beberapa jajanan pasar atau melihat pembeli lainnya sedikit banyak bisa mengurangi kelelahan akibat urusan rumah tangga.

Ternyata untuk bisa me time pintar- pintar kita mengatur saja. Dan saya selalu mengusahakan setiap hari untuk bisa me time meskipun tak lama karena me time bisa menetralisir stress yang menimpa. Selamat ber me-time…

2 comments:

  1. Kalau yg ke 4, keuntungan lainnya bisa menjalin hubungan sosial dengan lingkungan sekitar rumah.... Nice me time mbak

    ReplyDelete
  2. Thanx atas sharingnya, mbak. Saya sendiri adalah seorang suami dengan 3 anak. Kadang saya jengkel kalau lihat anak2 saya yang nomor 2 & 3 (dua2nya laki2) lagi sibuk berantem dan teriak2, sementara istri saya kelihatannya cuek saja. Tapi setelah baca tulisan sampeyan, saya pikir mungkin istri saya sedang ingin "me time". Toh mulai bangun tidur sampai mau tidur lagi, hampir semua kebutuhan mereka dicandak istri. Jadi ya wajar kalau sekali2 dia ingin punya waktu sendiri.
    Next time, kalau dua anak laki2 saya lagi bikin kegaduhan, saatnya bapak "beraksi", hehe...
    Thanx sekali lagi infonya, mbak

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan JEJAK di Rumah ku ini :D