Karena Blogger Bukan Asal Curhat aniskhoir.com

Saturday, 24 June 2017

Karena Blogger Bukan Asal Curhat



Dengan semakin mudahnya mengakses internet, dunia blog pun semakin ramai. Bermunculannya blogger baru menambah warna tulisan yang disajikan. Pun diamini dengan banyaknnya kompetisi blog giveaway, dan job review. Mulai dari hadiah yang seseruan saja misalnya pulsa sampai dengan puluhan juta. Tak mengherankan jika blogger yang awalnya ngeblog hanya untuk mencoba tetap waras dengan menulis kemudian mulai menekuni blog secara professional bahkan ada yang menjadikannya pekerjaan.


Saya pribadi telah seusia anak kelas dua SD mengenal blog. Bukan berarti saya telah mahir namun sejauh itu hanya mengenal blog dikulitnya saja sehingga sampai saat ini saya bukan apa-apa. Blog kadang masih kadang lumutan, dijadikan sarang laba-laba dan saya sendiri masih blogger remahan rengginang dalam toples Kong Guan.


Ketika saya mulai gabung dengan komunitas blogger dua tahun lalu, pandangan saya tentang dunia blogging mulai berudah. Blog yang awalnya sebagai tempat curhat menjadi ajang pencarian uang. Ternyata para emak,embak dan bapak dengan tulisan yang berkualitas bukan saja bisa menghasilkan uang, tapi liburan bahkan juga persahabatan dari sebuah dunia bernama blogging.

Menjadikan tulisan yang mempunyai kualitas bukan perkara mudah. Tulisan harus mempunyai bobot nilai sehingga apa yang disampaikan bukan sekedar dongeng tapi berdasarkan data yang valid dan bermakna. Untuk itulah saya melakukan Beberapa hal  untuk menjadikan blog bukan tempat asal curhat

  1. ·         Membaca buku – Bagi seorang blogger membaca adalah suatu keharusan. Dari membaca mendapatkan ide yang menarik untuk dituliskan, memperbanyak kosa kata dan mendapatkan data jika berkaitan dengan sesuatu yang ilmiah.
  2. ·         Blogwalking – Bisa dibilang blogwalking bagi blogger ibarat studi banding ke blog orang lain. Meskipun setiap orang punya gaya menulis sendiri, namun dari blogwalking kita bisa mendapatkan banyak informasi lainnya. Selain itu yang telah focus memonetisasi blognya blogwalking bisa jadi cara ampun untuk menaikkan DA dan PA yang menjadi parameter kualitas blog.
  3. ·         Gabung komunitas blogger. Tidak dipungkiri bahwa teman mempunyai peranan yang besar dalam perkembangan seseorang, begitupun dengan seorang blogger. Dengan gabung dengan komunitas blogger setidaknya kita mempunyai teman yang mempunyai passion yang sama sehingga ketika mengalami writer block bisa menjadi motivasi untuk kembali menulis lagi. Dikomunitas blogger kita juga jadi tahu banyak informasi perkembangan blogging yang dinamis. Dengan begitu tidak mengalami ketertinggalan karena perkembangan blogging pun sangat pesat

Sebenarnya tentang menulis blog itu kembali lagi tujuan awal kita membangun blog untuk apa. Seorang teman saya yang kebetulan rajin sekali menulis mengatakan bahwa blog adalah ajang dia berbagi tulisan kepada orang lain. Sehingga jika pun tulisan dikopi orang tanpa ijin dia pun mengikhlaskan karena kembali lagi tujuan awalnya. Atau ada yang membangun blog untuk tujuan komersil pun sah saja. Dan yang perlu digaris bawahi jika ingin membangun blog hanya sekedar ajang curhat, maka curhatlah yang bermanfaat sehingga bisa memberi manfaat kepada orang lain, bukan malah membuka aib pribadi atau orang lain. Maka sebagai penutup, kembali lagi blogger itu jangan asal curhat, tetapi menulislah yang bermanfaat.

2 comments:

  1. Jadilah blogger yang bermanfaat... Betul...

    ReplyDelete
  2. Dulu sih bikin blog cuma asal-asalan aja. Baru tahun ini mencoba nulis di blog dengan lebih rapi dan foto yang mendukung. Ternyata memang lebih banyak yang suka dan baca :D

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan JEJAK di Rumah ku ini :D