Review Film Animasi Sing a lifestyle blog Jejak Makna Inspirasi

Sunday, 23 April 2017

Review Film Animasi Sing


Dari sekian banyak film animasi, film Sing bisa dikatakan yang paling banyak saya putar kembali. Film yang mengangkat tema kompetisi menyanyi – Sing Competition- sebagai latar cerita sangat menarik untuk dilihat. Dengan mengambil hewan sebagai pelakunya dan cerita yang ringan menjadikan film ini layak dinikmati segala usia. Terlebih banyak pesan yang disampaikan dalam film Sing yang berdurasi hampir 2 jam ini.

Boster Moon. Boster merupakan seekor kuala yang sejak kecil sangat mencintai teater dan dihadiahi sang ayah sebuah gedung teater. Untuk bisa membeli gedung teater tersebut sang ayah bekerja mencuci mobil selama 30 tahun. Namun karena sering gagal dalam pertunjukan dan moon tak bisa melunasi utangnya, gedung teater itu hampir disita oleh bank. Untuk menyelamatkannya, Moon membuat acara kompetisi menyanyi – sing competition- . Namun bukan tak ada hambatan dalam acara sing competition ini. Dimulai dengan Ny. Crawly seekor kadal tua asisten Moon yang tak sengaja salah menuliskan hadiah yang awalnya hanya $1.000 menjadi $100.000. Berbagai konflik yang pribadi yang dihadapi kontestan yang ikut dalam sing competition. Mencari donator untuk acaranya hinggga runtuhnya gedung teater dan pada akhirnya di sita oleh pihak bank.
Boster Moon sendiri awalnya seekor kuala yang penuh percaya diri. Bahkan Moon mengatakan bahwa “jika berada dititik paling bawah, itu artinya hanya ada satu jalan yaitu naik ke atas”. Namun dengan berbagai kejadian yang menimpanya terlebih setelah gedung teater yang diperjuangkannya runtuh hilanglah semangat hidupnya. Baru kemudian ketika melihat salah satu konstentannya menyanyi ia bangkit lagi.

Johnny.Johnny adalah seekor gorilla yang mempunyai hobi menyanyi putra dari perampok. Melihat selebaran tentang sing competition, ia daftar mengikuti dan diterima. Namun masalah dimulai ketika saat gladi bersih sing competition justru bersamaan dengan jadwal kedatangan kapal yang membawa emas yang akan dirampok. Dan untuk merampok kali ini Johnny dipercaya ayahnya untuk ambil bagian menjadi sopir. Dia pun berusaha menunaikan dua tugasnya antara menjadi anak dan kontestan menyanyi. Malang nasibnya saat diperjalanan untuk menjemput ayahnya ada kecelakaan mobil yang menyebabkan Johnny tak bisa ke tempat ayahnya. Sehingga ayahnya tertangkap polisi. Sejak itu ayahnya dipenjara dan tak mau menemuinya karena tahu anaknya gagal dalam misi perampokan disebabkan mengikuti kompetisi menyanyi.

Rosita.Rosita merupakan seekor ibu babi dengan dua puluh lima anak dengan suami yang sibuk bekerja. Bakat menyanyinya hanya disalurkan sambil merawat anak- anaknya. Ketika melihat slebaran sing competition semangat menyanyinya datang lagi. Rosita pun mengikuti dan di terima menjadi konstentan karena suaranya yang indah. Rosita dipasangkan dengan Gunter, seekor babbi yang energik. Persoalan muncul ketika Rosita harus dihadapkan dengan urusan rumah tangga  serta latihan kompetisi. Rosita pun membuat alat yang bisa membantunya mengatasi pekerjaan rumah tangga. Karena Norman suami Rosita tak sengaja menginjak sesuatu yang menyebabkan alat mengalami kesalahan dalam bekerja sehingga Norman dan kedua puluh anaknya berada di atas jemuran ketika Rosita pulang.

Ash. Merupakan seekor landak muda yang memiliki bakat menjadi penyanyi rock. Ash dengan kekasihnya mendaftar sing competition namun hanya Ash yang di terima. Hal itulah yang menyebabkan kecemburuan kekasih Ash. Ash berusaha meyakinkan kekasihnya jika Ash tetap mengikuti kompetisi menyanyi dan menang hadiahnya dapat digunakan untuk membangun studio rekaman sendiri. Namun kemudian kekasih Ash malah bersama landak lain dan menjadikan Ash patah hati. Namun berkat Moon dan teman- temannya di sing competition Ash bangkit dari patah hati dan menciptakan dan menyanyikan lagunya sendiri.

Mike . Mike merupakan seekor tikus yang berbakat dalam menyanyi. Namun karena kepiawaianya menjadikannya sangat sombong. Bahkan sudah merasa jika hadiah sing competition adalah miliknya. Ia pun meminjam uang yang sangat banyak di bank dan uang tersebut digunakan untk bermain kartu dengan beruang. Namun karena Mike curang, beruang pun terus mengejar-ngejar Mike

Meena. Meena merupakan seekor gajah yang mempunyai suara yang merdu. Disisi lain Meena seorang gadis yang sangat pemalu. Atas saran keluarganya Meeena mengikuti sing competition. Namun karena demam panggung dia tidak berhasil untuk sekedar bernyanyi dalam audisi. Kemudian Meena datang lagi untuk meminta audisi ulang, namun malah ditawari oleh Moon menjadi pegawai panggung. Baru ketika ada kejadian yang menyebabkan dua konstentan yaitu pete seekor unta dan kelompok katak keluar dari sing competition  Meena ditawari oleh Moon untuk menjadi konstentan. Tapi ketakutan yang membuatnya maju mundur antara menerima atau tidak. Tetapi Moon meyakinkan Meena. Dengan kata-kata Moon “Jangan biarkan rasa takut hentikan dirimu melakukan hal yang kau suka “ Meena menjadi bersemangat.

Klimaks dari film sing ini ketika mike berada di teater Moon untuk latihan beruang datang dan meminta uangnya.Mike pun mengatakan kalau uangnya dibawa oleh Moon. Karena mike akan dimakan beruang Moon pun menyerahkan kotak uang yang selama ini hanya berisi uang sejumlah $1.000. Kotak uang pun dipecah oleh beruang diatas panggung kaca yang penuh air yang menyebabkan kaca pecah dan air keluar semua sehingga gedungnya runtuh. Dengan runtuhnya gedung dan kenyataan bahwa hadiah yang dijanjikan Moon tidak ada, juga meruntuhkan tak hanya Moon namun juga ke lima kontestan.

Pada ending film, Moon kembali bersemangat untuk membuat pertunjukan setelah mendengar Meena menyanyi. Namun kali ini bukan sebuah kompetisi menyanyi tapi sebuah pertunjukkan yang tepatnya untuk menghibur diri mereka sendiri. Di bekas gedungnya yang runtuk Moon bersama kontestan kecuali Mike membuat panggung dan menatanya menjadi gedung teater terbuka. Awalnya hanya segelintir yang menonton yaitu keluarga meena dan Rosita, namun karena satu peserta dapat menunjukkan penampilan yang menawan maka berlahan penonton pun berdatangan. Film pun ditutup dengan kebahagian bbahwa Rosita mampu kembali menunjukkan bakat menyanyinya yang lama terlupa karena rumah tangga, Johnny kembali berdamai dengan ayahnya. Ash menemukan dirinya dan berhasil membawakan lagu ciptaannya. Meena berhasil mentaklukkan ketakutannya dan bahkan menutup pertunjukkan dengan sempurna. Mike yang sadar bahwa bukan hanya dirinya yang mempunyai bakat luar biasa karena ada Meena. Dan yang paling bahagia adalah Moon dapat memiliki, membangun dan re-open gedung teater miliknya

Selain sebagai hiburan banyak yang bisa diambil dari film Sing ini, terutama tentang tidak putus asa, persahabatan dan pengorbanan. Meskipun bukan film musical namun sesuai judulnya banyak dihadirkan lagu- lagu yang sudah akrab di telinga kita. Jika diminta memberi nilai untuk film ini saya member 8 dari 10 angka. 

3 comments:

  1. pastinya film animasi ini banyak muncul lagu dan penonton diajak menyanyi dan menari ya... anak2 pasti antusias :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi lebih ke kompetisi menyanyi nya mbak Santi

      Delete
  2. Sepertinya seru ini film animasinya ya, Mba. Coba aku cari n tonton ah :)
    Thank Mba :)

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan JEJAK di Rumah ku ini :D