Thursday, 26 January 2017

# Parenting # Profile

Liburan Asyik Dengan Anak di Pantai Ala Alfa Kurnia




Sejak dulu saya sudah terpesona dengan yang namanya pantai. Jika diminta memilih tempat liburan maka pantailah yang jadi tujuan. Maklumlah, berasal dari Pare yang merupakan kecamatan di Kabupaten Kediri yang jauh dari laut. Untuk bisa mencicipi ombak, kami harus ke Tulungagung, Trenggalek, Blitar atau Kabupaten lain di sekitaran Kediri yang ada pantai. Dan itu memerlukan waktu sekitaran 3 jam lebih. Saya ingat benar, pertama ke pantai waktu saya study Tour kelas enam SD. Sejak itu saya benar- benar jatuh cinta dengan pasir, ombak dan hamparan air laut yang tak berbatas. Dan, terbesit doa suatu waktu nanti, saya akan menjadi bagian dari pantai itu sendiri.


Entah doa yang terkabul atau sebuah karma, takdir membawa saya untuk menetap di jalur pantura (pantai utara). Serasa pantai sudah menyatu dalam kehidupan saya. Bukan lagi keindahannya tapi hasil laut juga menjadi bagiannya. Dan keuntungan terbar saya tak perlu jauh- jauh hanya sekedar membuat istana pasir. Hanya lima langkah lima menit perjalanan dari rumah saya sampailah dipantai. Sebagai kaderisasi pecintai pantai, tentu saja saya dan suami mengajak Baby Wan.

Perlu pengenalan tempat baru bagi Baby Wan. Meski sering kami ajak ke pantai, tapi untuk bermain langsung dengan pasir dan riak ombak kami jarang lakukan. Pertama kakinya menyentuh pasir basah, ada semacam rasa enggan. Bahkan sempat ada drama menangis. Namun setelah dialihkan perhatiannya tentang binatang yang ada dipantai baby Wan mulai tertarik dan berani untuk bermain di pantai.
Memang untuk mengajak anak bermain serta liburan di pantai perlu pengkondisian. Bahkan menurut Mbak Alfa Kurnia melalui blognya pojokmungil ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum mengajak anak liburan ke pantai.

Memperkenalkan tentang pantai. Menurut Mbak Alfa Kurnia sangat perlu terlebih dahulu mengenalkan suasana pantai pada anak- anak. Anak- anak cenderung menolak suatu kondisi yang belum pernah dikenalnya. Maka agar liburan ke pantai bersama anak berhasil, maka anak harus terlebih dahulu di kenalkan dahulu dengan suasana pantai. Pengenalan bisa melalui cerita, gambar, buku bahkan video tentang pantai. Sehingga ketika liburan di pantai kemudan anak tidak nyaman, maka kita flashback apa yang pernah kita sampaikan tentang pantai sebelumnya kepada anak tentang suasana pantai. Bisa tentang pasir, air atau binatang ada yang ada dipantai yang bisa membuat anak tertarik untuk bermain dipantai.



Mengajak anak bermain Sensory Play. Berdasarkan pengalaman saya dan juga mbak Alfa Kurnia, ketidaknyamanan anak bermain dipantai disebabkan karena menempelnya pasir yang basah dikaki dan tangannya. Anak yang tak terbiasa akan merasa risih dan cenderung akan menolak untuk bermain. Sehingga menurut Mbak Alfa, sebelum liburan ke pantai, sebaiknya mengajak anak untuk bermain sensory play Kinetic sand sehingga anak terbiasa dengan tekstur pasir.

Selain melakukan kedua hal diatas, Mbak Alfa Kurnia menyarankan juga untuk memilih pantai yang nyaman untuk liburan dengan anak- anak. Nyaman di sini maksudnya selain kondisi pantai yang tak terlalu ramai, bersih juga waktu yang tepat ketika liburan. Jangan sampai kepantai pas ditengah siang hari, meskipun anak sudah terbiasa dengan kondisi pantai tapi sangat sayangkan jika anak- anak terpapar sinar matahari.

Selain tentang liburan ke pantai bersama anak, banyak tips lain di blog Mbak Alfa Kurnia tentang parenting, lifestyle dan yang lainnya. Dan yang juga menarik dibaca dalah kehidupan Mbak Alfa selama tinggal di Brunei Darussalam mengikuti sang suami bersama kedua buah hatinya, Cinta dan Keenan. Blog yang memiliki “A life Premature Mom”, sangat asyik untuk di kunjungi. Dengan disain blog yang sederhana namun menampilkan kesan feminism dan elegan.Tulisannya pun sangat enak dibaca. Pantas rasanya jika tulisan Mbak Alfa sering muncul di situs Rocking Mama.

Penasaran dengan blog mama cantik berkaca mata ini, langsung bertamu langsung saja ke pojokmungil yang penuh informasi dan inspirasi.

2 comments:

  1. Di Tuban banyak pantainya za bun, ada pantai Bom, pantai Pancuran dll. asyik banget bisa main di pantai tiap hari,

    ReplyDelete
  2. wih enak kayaknya ya mba klo pantai deket dr rumah hihi

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan JEJAK di Rumah ku ini :D