Sunday, 22 January 2017

# Pawon # Tuban

Kuliner Tuban, Garang Asem Ndas Manyung Pak Ndut


Yang namanya suatu daerah tak lepas dengan kuliner. Bisa jadi kuliner jadi ciri khas daerah tertentu yang membedakan dengan daerah lainnya. Tak terkecuali Tuban sendiri. Letak Tuban yang berada di pesisir pantai utara juga tak lepas dengan kuliner berbau seafood. Berbagai masakan seperti rajungan, udang dan olahan ikan banyak di temui bahkan sudah terkenal akan kelezatannya. Bagi anda penggemar seafood, khususnya ikan patut mencoba Garang asem ikan manyung Pak Ndut.


Sebenarnya garang asem ikan manyung tak berbeda dengan garang asem dari ikan atau bahan lainnya. Namun yang paling istimewa berada pada ndas (kepala)nya. Selain rasanya yang Endess, sensasi mengoperasi ndas manyung jadi keasyikan tersendi. Terlebih jika kepala ikan manyung itu besar, akan banyak sekali di temui daging di kepalanya. Ikan manyung sendiri, sekilas berbentuk seperti ikan lele. Tapi merupakan ikan laut, dan lebih kesat.

Bagi anda yang takut amisnya bau ikan, jangan kawatir. Di warung Pak Ndut amis ikannya benar- benar hilang. Yang ada rasa asam, manis, serta sedikit pedas. Dipadukan dengan empuk serta gurihnya daging ikan membuat kuliner satu itu patut di coba. Saya yang bukan penggemar ikan laut, apalagi tidak suka dengan bagian kepala / ndas sangat menikmatinya. Bahkan ikut- ikut masuk jadi fans garang asem ndas manyung.

Membayangkan kenikmatannya tentu membuat air liur mengucur. Jadi langsung datang saja ke warung Pak Ndut yang terletak di pertigaan Glondong Gede arah ke Kecamatan Kerek. Letak warung yang dekat dengan TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Glondong Gede membuat ikan yang dimasak di warung Pak Ndut merupakan ikan segar hasil tangkapan nelayan. Letaknya yang strategis, yang berada di samping jalur utama pantura serta dekat dengan daerah pabrik semen holcim, IKSG, Varia Usaha, dll. Memungkinkan warung Pak Ndut sangat ramai di jam- jam makan sehingga jika ingin menikmati garang asem ndas manyung tanpa kehabisan hindari jam- jam tersebut.


Masalah harga garang asem ndas manyung masih bisa dijangkau dan tak membuat kantong kempes kok. Seporsi ndas manyung plus nasi di bandrol Rp. 15.000,- saja yang bisa membuat perut anda kenyang dan keringatan. Jika tak menyukai kuliner garang asem ndas manyung, bisa juga memilih menu kuliner yang lain. Tersedia juga, ikan bakar, ayam bakar, aneka sayur dan sebagainya. Bagi yang ingin syukuran, Warung Pak Ndut juga menerima pesanan nasi kotak yang lagi- lagi harga sangat terjangkau. Tunggu apalagi, jika kebetulan lewat atau sedang ingin menikmati garang asem ndas manyng langsung datang ke lokasi Warung Pak Ndut.

Gambar : lutfiyah(dot)com

7 comments:

  1. Wah ayo meluncur ke tkp, pasti maknyus rasanya

    ReplyDelete
  2. makanan favorit ku.. uenak segeerrr...

    ReplyDelete
  3. Wuih, Mantab.....
    Kuliner Tuban memang uenak

    ReplyDelete
  4. Dulu sempat bengong lihat orang masak ndas manyung. Setelah nyobain.. Tibae..wuih.. Mantap rasanya!

    ReplyDelete
  5. Ssangat terjangkau harga segitu ya mba, wah jadi pengen. Mana belum makan baca tulisan ini,, hehe
    jadi laper nih..

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan JEJAK di Rumah ku ini :D