Lakukan Hal Ini Untuk Pagi Yang Lebih Semangat a lifestyle blog Jejak Makna Inspirasi

Saturday, 29 October 2016

Lakukan Hal Ini Untuk Pagi Yang Lebih Semangat




Beberapa hari lalu saya membaca sebuah riset bahwa suasana hati sepanjang hari tergantung bagaimana membuka pagi. Suasana pagi yang bersemangat, tanpa ngantuk dan lelah tentu menjadi kuncinya.  Namun, tak dapat dipungkiri, karena beberapa alasan entah pekerjan atau hanya sekedar kesenangan memaksa seseorang untuk begadang. Apalagi bagi deadliner seperti, yang memiliki ide kadang di detik terakhir, mau tak mau merelakan berkurangnya jatah tidur malam untuk menyelesaikan suatu pekerjaan . Disisi lain pekerjan yang lain juga sudah menanti keesokan harinya. Namun tidur yang larut malam tentu berefek pada keesokan harinya. Keengganan untuk bangun pagi harinya menjadi masalah selanjutnya.  

Sebelum memiliki bocil alias bocah cilik Baby Wan, tak masalah mengganti semalam dengan keesokan harinya. Dengan sedikit rayuan, suami serta pekerjaan domestik rumah tangga bisa dikondisikan sesukanya *ditimpukbantal. Giliran sekarang, dunia saya seolah mengikuti Baby Wan. Artinya ketika Wan bangun saya harus stand by untuk menjaganya atau memomongnya. Sehingga bagaimanapun kondisinya, yang namanya emak dengan bocil itu kudu semangat, apalagi pada paginya.


Setiap orang punya cara tersendiri untuk membuat paginya lebih semangat, begitu pun dengan saya. Ada beberapa kiat yang biasanya dapat saya lakukan sebagai rutinitas pagi. Meskipun sederhana namun terbukti bisa jadi mood boster pagi.

Minuman hangat. Kondisi udara pagi yang dingin plus mata yang masih ngantuk, paling enak berada di atas kasur, dan bermimpi di bawah selimut. Namun jika diturutkan, hari bisa berantakan. Untuk mengusir dingin serta membuat mata melek menyeruput minuman hangat bisa jadi solusi. Sensasi hangat yang dihasilkan minuman dapat mengalirkan ke seluruh tubuh.

Ibadah. Sebagai seorang muslim, memulai hari dengan ibadah subuh dapat menjadi pembuka yang baik. Selain sebagai bentuk menjalankan kewajiban yang full pahala juga sebagai ketaatan sebagai muslim. Sholat subuh bisa jadi sarana untuk meminta pada Sang Pemilik hidup untuk memudahkan kita dalam menjalankan hari. Gerakan sholat subuh pun juga ampuh sebagai bentuk olah raga ringan yang membangunkan anggota tubuh.

Olah raga ringan. Setelah sholat subuh dengan gerakan ringannya, alangkah baiknya jika kita sempurnakan dengan olah raga ringan. Bagi anda yang punya cukup waktu dan tidak punya bocil yang sedang tidur untuk ditinggal, jalan- jalan pagi bisa ampuh menghilangkan ngantuk. Namun, jika untuk keluar rumah tidak memungkinkan, maka senam a.k.a menggerakan tubuh di dalam rumah pun bisa jadi pilihan. Tak perlu sampai bercucuran keringat dan menghabiskan waktu yang lama untuk berolah raga. Ketika badan sudah terasa hangat dan mata tak lagi ngantuk, itu artinya tubuh kita telah siap memulai hari dengan pagi yang penuh semangat.

1 comment:

  1. Kalau bangun tidur saya biasanya minum air putih biasa itu mbak. Alhamdulillah sdh kebiasaan sejak kecil kalau bangun tidur trs minum air putih

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan JEJAK di Rumah ku ini :D