Kolam Renang Bekti Harjo: Pemandian Alami Yang Murah Meriah

Saturday, 8 October 2016

Kolam Renang Bekti Harjo: Pemandian Alami Yang Murah Meriah




Menjelang akhir pekan tidak lepas bicara yang namanya bersantai, istirahat, dan berwisata. Terutama wisata, biasanya akan direncanakan jauh- jauh hari, apalagi jika tempat yang dituju cukup jauh untuk dijangkau dan memerlukan akomodasi yang tidak sedikit. Tetapi bagi yang “wisata tipis- tipis” rencana dadakan pun bisa digunakan. Mengeksplore wisata lokal pun tak kalah kerennya. Termasuk juga tentang tempat- tempat wisata yang ada di Tuban.
 Tentang wisata di Tuban, identik dengan yang namanya pantai. Secara lokasi Tuban yang berada di jalur pantura dengan mudah ditemukan pantai indah nan murah.

                Baca : Desa Mliwang ; Karma Menghadap Ke Utara

Namun kali ini skip dulu pantainya. Ternyata ada juga wisata di Tuban yang membuat fresh pikiran dan badan, sembari menikmati rindangnya pepohonan. Kolam Renang Bekti Harjo bisa jadi pilihan. Letaknya pun tak jauh dari Tuban kota sehingga akses jalan menuju area wisata sangat mudah. Harga tiket masuknya juga murah meriah yaitu Rp. 4000,-/orang.


 Memasuki area wisata, terdapat playground yang bisa di gunakan anak-anak untuk bermainan. Terdapat ayunan, jungkat- jungkit dan lainnya. Namun jumlahnya masih sedikit. Terdapat juga beberapa rest area yang bisa digunakan pengujung. Tempatnya yang rindang khas hawa pegunungan sangat cocok untuk bersantai. Bisa juga digunakan untuk area outbound terutama untuk anak-anak. Bagi yang ingin berenang dan tak membawa pelampung tersedia juga persewaan pelambung dengan harga Rp.3000,- untuk anak- anak dan Rp.5000,- untuk dewasa.

Untuk kolam renangnya sendiri, terdapat tiga area. Yang Pertama yaitu khusus buat anak- anak. Kolam renang yang tidak terlalu dalam dan terdapat juga pilihan tingkat ke dalaman. Bagi anak yang sudah agak besar juga tersedia selunjur di tengah kolam untuk bermain. Namun, kondisi lantai yang licin perlu mendapatkan perhatian, sehingga orang tua yang berenang bersama anak- anak harus tetap waspada ya.


Kolam renang yang kedua yaitu khusus orang dewasa. Seperti kolam khusus pada umumnya yaitu cukup dalam dan juga luas. Di sekeliling kolam renang ini terdapat pohon- pohon besar sehingga kolam renangnya cukup rindang meski berenang ditengah siang. Kebetulan kami datang pas hari biasa, sehingga kolam renang dalam pengisian sehingga tak bisa digunakan. It’s Okey, masih ada kolam satu lagi.




Yang ke tiga, dan merupakan ciri khas kolam renang di bekti harjo yaitu kolam renang alami. Airnya sendiri bukan hasil dari pompa air maupun tangki pengisian air. Jadi langsung dari sumber mata air. Bisa di bilang semacam sumber mata air yang dijadikan kolam renang. Bagian bawah kolam renang pun dibiarkan apa danya dengan bebatuan khas sebuh sungai. Airnya yang jernih, tentu tanpa kaporit dan juga arena permainan air membuat pengunjung ingin berlama- lama berenang di sana.


Yang perlu diwaspadai, terutama ketika berenang di area kolam alami adalah kera liar yang berada di pepohonan sekelilingnya. Kera tersebut bisa juga dengan tiba- tiba datang dan mengambil makanan maupun barang pengunjung. Seperti tragedy yang kami alami waktu berkunjung, karena takut dengan kera yang berlari, saya pun ikut mencebur ke kolam dengan baby Wan. Untungnya tak terjadi hal yang membahayakan. Namun sedianya saya yang tak berencana untuk berenang dan tak membawa pakaian ganti harus berbasah- basahan demi reflek melindungi baby Wan.

Satu lagi yang jadi catatan dari Kolam Renang Bekti Harjo adalah dalam hal kebersihan. Sampah bungkus makanan masih banyak ditemui di sana sini. Meskipun sudah tersedia tempat sampah, namun jumlahnya masih sedikit dibanding luasnya area. Disinilah tanggung jawab kita sebagai pengunjung tak hanya sebagai penikmat tempat wisata tapi juga ambil bagian dari menjaga kebersihan lingkungan.

14 comments:

  1. 4000 perorang murah mba..kalau di tempatku sekali masuk 15 ribu..tempatnya masih asri ya mba..

    ReplyDelete
  2. murah ya masuknya, renang bawa keluarga cocok tuh, tempatnya msh asri betul kata Yurmawita..
    Kerennya kolam renang Bekti Harjo ini airnya langsung dari mata air (y)

    ReplyDelete
  3. Murah meriah tuh mbak... bonus kera liar hihi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, hati- hti saja. terutma yng suka bawa makanan

      Delete
  4. Wah, dengan harga semurah itu kalau di Bangkalan belum bisa mbak, hehehe. Sudah murah ditambah airnya langsung mengalir dari mata air, pasti segar banget dan dingin ya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di tuban, tempat wisata masih murah mbak

      Delete
  5. Pernah ada yg bikin vlog tentang bektiharjo, aku lupa nama channelnya. hehehe. Kalo pas pulang ke Tuban mau ke bekti ahhh wes suwi gak kecek ne kono :-D

    ReplyDelete
  6. 4000 murah banget ya mba..., enak main airnya bawa anak-anak..enak juga dikantong..
    liburan jadi asyik...

    ReplyDelete
  7. benar2 muarh meriah ya, yang penting bersihd an nyaman ya

    ReplyDelete
  8. Ahahahaha..... lain kali bawa baju ganti ya Mbak. HIhihi

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan JEJAK di Rumah ku ini :D