5 Perlengkapan Anak Yang Wajib di Bawa Ke Daycare (TPA)

Saturday, 24 September 2016

5 Perlengkapan Anak Yang Wajib di Bawa Ke Daycare (TPA)




Bisa menemani anak setiap saat serta melihat perkembangannya yang luar biasa menjadi dambaan setiap orang tua. Namun karena suatu keperluan baik itu bekerja, ,atau untuk menjalankan urusan yang tak memungkinkan membawa anak, maka berpisah sementara menjadi pilihan. Meminta bantuan keluarga untuk mengasuh anak bisa menjadi solusi, namun bagi yang jauh dari keluarga tidak memungkinkan untuk melakukannya.
Di kota besar, daycare telah bermunculan bak jamur di musim hujan. Daycare atau kita lebih mengenalnya sebagai Tempat Penitipan Anak (TPA) sekarang tak hanya sebagai tempat pengasuhan sementara tapi telah menjadi tempat edukasi dan sosialisasi. Tentunya hal itu akan menambah poin plus bagi orang tua dan anaknya dan bisa menjadi bahan pertimbangan untuk membawa anak ke daycare.

Baca : Kelebihan Daycare
Untuk yang pertama kali ke daycare ada 5 perlengkapan yang wajib dibawa. Walaupun kelihatan sederhana namun perlengkapan tersebut membuat anak akan merasa nyaman selama ditinggal.
  1. Susu dan botol susu. Bagi yang belum MPASI dua hal tadi benda yng kudu di bawa. Ketika lupa harus rela mengambilkannya. Pun bagi yang telah MPASI, susu masih menjadi kebutuhan makanan nomer satu bagi bayi dibawah satu tahun. Saran saya, untuk botol susu usahakan membawa lebih dari dua. Selain memudahkan pengasuhnya ketika si bayi meminta susu, juga menjaga ke-higinies-an botol susu karena si ibu sendiri yang mencucinya.
  2. Makanan dan snack. Beberapa Daycare telah menyediakan catering makan siang, sehingga orang tua tak perlu repot menyiapkannya. Bagi yang tak ada catering tentu orang tua harus membawakannya. Khusus untuk makanan, jangan menyiapkannya ketika dalam kondisi panas. Atau meskipun panas sesampainya di daycare segera di buka sehingga tak menyebabkan basi lebih dini. Jangan lupa juga makanan sampingan (snack) bagi si anak. Selain agar asupan makanan tetap terpenuhi selama di daycare, anak juga tak akan menginginkan dengan bekal snack milik temannya.
  3. Pakaian ganti dan diaper. Namanya juga anak kecil kadang ada yang tak terduga darinya. Termasuk pakaiannya tak selamanya bisa bersih dan kering. Bisa terkena tumpahan air, kotor karena mainan atau bahkan muntah. Untuk itulah orang tua minimal membawakan dua buah baju ganti. Satu untuk berjaga- jaga dan satu lagi untuk dipakai ganti ketika setelah mandi sebelum pulang dari daycare. Untuk diaper sama dengan baju minimal dibawakan dua buah juga.   
  4. Peralatan mandi. Di daycare biasanya anak di beri fasilitas mandi sore/mandi sebelum dijemput orang tua. Tentu kita bisa memanfaatkannya, sehingga saat dijemput anak dalam kondisi bersih dan wangi. Namun yang perlu diingat, kulit bayi itu sensitive sekali. Peralatan mandi  bayi A tentu tak sama dengan peralatan mandi bayi B. Untuk menjaga hal yang tidak diinginkan, iritasi misalnya yang disebabkan karena tak cocok sabun, bedak minyak telon atau juga shamponya, sebaiknya kita membawakan sendiri peralatan mandi yang biasa dipakai anak sehari-hari. Jangan lupa juga handuk ya, biar tak bergantian dengan bayi lainnya.
  5. Mainan. Untuk anak yang baru dititipkan, tentu daycare merupakan tempat baru yang tak nyaman baginya. Perlu penyesuaian dan waktu sehingga daycare bisa jadi selayaknya rumah kedua bagi mereka. Membawakan mainan kesukaannya bisa memberikan zona nyaman baginya, karena ada sesuatu yang lekat dengannya.

Bagaimana Mama, Bunda atau Ibu yang ingin menitipkan anaknya ke daycare tentu akan mengelist aneka perlengkapan diatas kan?. Pasti akan terlihat banyak seperti akan mudik hari raya. Agar tiap harinya tak terlalu banyak perlengkapan yang dibawa, pilihlah barang yang bisa ditinggal di daycare dan dibawakan secara berkala ketika habis. Misalnya saja diaper, peralatan mandi (sabun, sampho, bedak, minyak telon), dan untuk handuk sebaiknya ditinggal di daycare dan tiap akhir pekan dibawa pulang untuk dicuci. Dengan begitu barang yang dibawa tidak terlalu banyak, mudah menyiapkannya serta kemungkinan kecil barang bayi yang wajib dibawa tertinggal dirumah.

8 comments:

  1. oh kukira peralatan mandi sdh disediakan di daycare, selama ini mau coba daycare tp masih ragu.. thx sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung daycarenya mbak.
      Tapi setahu ku biasanya bawa sendiri.

      Delete
  2. Aduh, aku lebih sreg anaku tak tinggal tak titipin tetangga nis, yg pasti terpercaya lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daycare jadi pilihan untuk yang jauh dari keluarga dan kurang percaya dengan tetangga.

      Delete
  3. Anakku juga di Daycare mba.. sedih pas gak moodnya nangisnya guling-guling... kita harus tegaa...hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, di situlh teganya ibu di uji.

      Delete
  4. Kalau gak punya anak gimana mba ? apa harus bawa juga :-) hihi salam kenal :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gak punya anak bapaknya aja yang di titipkan. #eh..

      Delete

Terima kasih telah meninggalkan JEJAK di Rumah ku ini :D