Sekilas Tentang Mbak Susi Susindra

Thursday, 5 May 2016

Sekilas Tentang Mbak Susi Susindra


Memang suatu kebenaran bahwa silaturrahim memperpanjang usia dan keberkahan. Memperpanjang usia bisa makna sebenarnya, atau makna implisit yaitu pada kualitas usia yang dimilikinya. Begitupun seperti di dunia nyata, di jejaring maya silaturrahim sama halnya sangat bermanfaat. Sebagai blogger saling “kulo nuwon” (bertamu) ke blog sesama blogger membawa berkah tersendiri. Ilmu, menaikkan DA, PR, melangsingkan Alexa, dan yang terpenting adalah teman.
Memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga tanpa bekerja diluar bukan akhir sebuah karier. Seabrek aktivitas pun bisa dilakoni. Dari mulai menekuni hobi sehingga bisa membantu untuk dapur terus mengepul. Membantu usaha suami eksportir ukir Jepara. Berkomunitas menambah jaringan. Sampai menjadi mom blogger profesional. Begitulah sosok Mbak Susi, wanita bertempat tinggal di Jepara dibelakang Cakrawala Susindra.

Mengenal mbak Susi atau yang lebih akrab disebut dengan Susi Susindra (Yang merupakan gabungan nama Mbak Susi dengan sang Suami Mas Indra) adalah sebuah berkah bagi saya. Sebelum di pertemukan dalam arisan link, saya suka kepoin facebooknya Mbak Susi. Saya yang sedang belajar crafting suka niru model bros buatan mbak Susi. Meskipun hasilnya tak seperti milik Mbak Susi tapi cukuplah buat kebanggaan karena bisa membuat bros sendiri.

Tentang berkomunitas, tak perlu diragukan kiprah Mbak Susi. Dalam skala daerah atau nasional pun sudah dilampui. Mbak Susi merupakan “pemegang kunci” Warung Blogger yang aktif mendisiplinkan anggotanya. Anggota Warung Blogger pun bisa dibilang tidak sedikit. Tentu tak mudah mengelola serta mengorganisirnya. Apalagi anggota yang tersebar di seluruh pelosok nusantara atau bahkan luar negeri. Tapi dengan internet jarak bukanlah hambatan untuk saling berbagi ilmu di Warung Blogger. Didaerah Mbak Susi menggawangi Jepara Menulis, Gerakan Pungut Sampah, dan serta mendukung berbagai event yang diadakan daerahnya. Mbak susi mambu memberikan kontribusi untuk membangun kotanya serta memberi semangat bahwa tinggal di kota kecil merupakan sebuah keberkahan dan dapat berkembang layaknya di kota besar. Berbagai penghargan pun sudah disabetnya. Masuk menjadi 50 besar Srikandi Blogger Indonesia tahun 2014. Menjadi Juara .Juara Pertama lomba blog Wegi 2016, dan masih banyak lagi.

Ngiri dengan aktifitas dan penghargaan mbak susi, sebagai manusia biasa pasti iya. Dengan segudang kegiatan seperti diatas kuncinya adalah manajemen waktu. Tips dari Mbak Susi adalah senin sampai kamis adalah urusan domestic rumah tangga. Sedangkan untuk jum’at, sabtu dan minggu adalah waktu berorganisasi dan stand by di perpusda Jepara. Dan yang perlu digaris bawahi disini juga bahwa apa yang Mbak Susi peroleh sekarang bukanlah secara instans. Bukan terun temurun dari nenek moyang. Bukan pula suatu kebetulan. Kesemuanya melalui proses panjang. Melalui batu rintangan, onak dan duri.

Lahir sebagai anak kembar dari keluarga biasa- biasa saja, membuat mbak susi terbiasa untuk survive dalam hidup. Biaya kuliah yang tak semua dari keluarga membuat mbak susi bekerja apa saja untuk membiayai hidup serta kuliahnya. Menjadi guide bagi para pengusaha perancis yang ingin membeli ukir jepara. Dan lain sebagainya. Yang terpenting bisa membiayai hidup dan kuliahnya.


Itulah tulisan review singkat tentang Mbak Susi Ernawati Susindra. Seorang wanita inspirasi. Yang tidak hanya mewarisi Jepara sebagai kota kelahirannya dari Ibu Kartini, tapi Mbak Susi juga mampu menjadi Kartini masa kini bagi masyarakat sekitar khususnya, kita semua pada umumnya.

5 comments:

  1. Ooh baru tau nih kalo Mba Susi punya saudara kembar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pernah disinggung Mbak Susi di grup kok Mbak Nining

      Delete
  2. Saya kira mbak susi kerja hahaha.. awalnya :D, soalnya kayak sibuk banget :p

    ReplyDelete
  3. mbak susi memangg jos, salam kenal mbak anis saya juga dari tuban loo,, di tunggu silaturohminya hehe

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan JEJAK di Rumah ku ini :D