Tentang Khansa

Tuesday, 25 March 2014

Tentang Khansa

Mempunya nama cantik bagi buah hati menjadi keinginan setiap orang tua. Begitu juga suami, meski kami sekarang belum diberi karunia buah hati, namun sebuah nama telah dipersiapkan. Heran juga saya mendengarnya. Siapapun namanya terserah saya sebagai ibunya, asalkan syaratnya panggilan harus Khansa. Lucu juga kan?, apalagi nama panjangnya tak ada kata Khansa sama sekali. Sungguh paksaan yang mengherankan.


Bagaimanapun sebuah nama adalah doa yang di berikan orang tua kepada anaknya. Sepanjang nama itu bagus maknanya okey-okey saja. Begitu juga nama Khansa. Setelah saya googling Khansa sendiri mempunyai arti baik. Selain berarti baik, Nama Khansa artinya adalah Yang memiliki hidung mancung, wanita yang baik, dan Pejuang muslimah. Dengan mengetahui artinya Khansa, saya jadi meng"amin"i nama itu untuk buah hati kita nanti. Insyallah :D

Namun lucunya, Orang terdekat kami telah lebih dulu merampas memakai nama itu :'(. Salah satunya wali murid saya. Khansa yang satu ini memang pas dengan namanya. Anaknya yang cantik dan cerdas semakin membuat kami berdua bertekad memberi nama itu. Tak apalah menggunakan nama itu, meski nama itu nama murid saya. Untuk kali ini kami bangga dengan nama itu.

Selanjudnya, ketika kita berkunjung untuk tilik, bayi putri teman dekat saya waktu kuliah. Dan, entahlah seperti sinetron di salah satu stasiun televisi, temanku juga menggunakan nama itu untuk putrinya. Yaahh, kali ini kami merasa kedahuluan menggunakan nama itu. Rasa-rasanya aneh juga sahabat dekat dengan mempunyai nama putri yang sama, meski nama bisa jadi bukti betapa eratnya ikatan persahabatan kami berdua. Setidaknya kami positif thinking, tak apalah mempunyai nama yang sama. Rumah kita berjauhan, sehingga seumpama bertemu itu mungkin setahun sekali. Sekali- kali tidak apalah membuat anak-anak kami nanti bingung dengan samanya nama mereka #mulai memaksa.

Dan, yang terakhir membuat kami berpikir lagi untuk berkali-kali menggunakan nama itu adalah putri tetangga depan rumah persis menggunakan nama Khansa. Begitu pasaran terkenalkah nama itu sehingga begitu banyak orang yang menggunakan nama itu?. Sepertinya kami tak bisa memaksakan kehendak untuk kali ini. Bagaimanpun menghormati hak tetangga untuk tidak menyamai nama putrinya harus kami lakukan. Setidaknya kami harus membuka hati untuk nama- nama indah lainnya. Mungkin teman- teman blogger bisa memberi saran sehingga kami dengan mudah bisa  "melupakan" Khansa?

24 comments:

  1. namanya bagus, semoga cepat besar dan sehat selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. ;)
      terima kasih doanya dab kunjungannya

      Delete
  2. Ya, sayangnya orang tua memberi nama pada saya yang kurang tau juga apa artinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti mereka punya alasan tersendiri memilih nama itu untuk kamu..
      bukankah begitu?

      Delete
    2. ah iya benar itu, coba ngobrol2 sama orang tua. Kalau tidak ada artinya secara literal, mungkin ada peristiwa atau alasan sampai nama itu muncul :D.

      btw, bwt penulis, ndak papa se kalau memang suatu nama sudah banyak yg pake. Seperti hal nya nama: Siti, Adi, Eka, Eko, dst. Kalau urus administrasi juga tidak masalah, karena nantinya dalam pengisian data, pasti akan ditanyakan nama ibu nya juga jadi ga tertukar datanya (misal ngurus akun tabungan di bank). Dalam keseharian juga bisa dipanggil "khansa-nya" bu Anis, "khansa-nya" depan rumah bu Anis, dst. :D

      Delete
    3. terima kasih sarannya Fath, namun kadang rasa "pakewoh" itu yang kadang membuat berpikir ulang harus menggunakan nama Khansa, kecuali klo kami pindah rumah, lain lagi critanya :)

      Delete
  3. Khansa
    bahkan adik asramaku (cowok) juga dinamai Hansa (aslinya dalam dialek Arab tetap merujuk ke Khansa :D)

    nama Khansa memang memiliki kesan cantik dan cerdas. Aku sebagai lelaki pun selalu penasaran dengan orang yang bernama Khansa, "kayaknya ni orangnya cantik", hehe #abaikan

    nama2 berikut juga bagus;
    Lu`lu` (permata)
    Shakira (selalu bersyukur)
    Qanita (ta'at)
    Mufida (selalu menebar manfaat)
    Najla` (jelita)
    dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. baru tahu ada nama Hansa untuk cowok :D
      bagaimanapun nama itu seperti merk yang kan membuat orang penasaran seperti apa produknya, begitu juga nama manusia.
      iya juga, banyak nama- nama lainnya yang cantik, harus buka mata dan buka telinga..

      Delete
  4. banyak juga ya mbak yg pakai nama Khansa,cantik memang ya namanya , kalau ditanya tentang nama aku etrus terang blom tahu mbak , tapi kurasa mbak Anis dan suami akan menemukannama secantik nama Khansa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak..
      atau mbak El sumbang ide nama cantik dalam bahasa Jerman gimana ?, hehe, biar ketularan bisa ke jerman kayak mbak Ely, hehe

      Delete
    2. Wah .. harus tanya suamiku dulu nih :)

      Btw, apa kabar mbak? lama belum ada cerita baru ya? kangen :)

      Delete
    3. iya mbak el, di tunggu nama sumbangan nama cantik dr jerman :)

      baik mbak, iya ni di mbak, banyak sebenrnya unek- unek yang mau di critakan tp entahlah pekerjaan mengalahkan blogging

      Delete
  5. nama panggilan sama kan gapapa juga mbak. Contoh nih, nama panggilan saya ini lho, sebenarnya pasaran bgt. XD
    Tapi nama lengkap saya cukup bikin sumringah. Meski namanya terkesan sederhana, tapi artinya dalam banget. Semoga saya bisa menjadi seperti nama saya. Karena dalam setiap nama, terselip doa orang tua. :D

    Mumpung si buah hati belum datang, mbak Anis dan suami bisa nyari rujukan nama2 lainnya. Dirunding baik-baik, anaknya kelak pengen dijadikan orang yg seperti apa. Setiap orang tua pasti punya keinginan untuk anaknya bukan? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, moga mbak jadi seperti harapan ortunya..Amin
      ini lagi kumpulkan nama cantik lainnya. Kata pepatah "Hilang satu nama, tumbuh seribu yang cantik lainnya"#pepatah maksa..

      Delete
  6. semoga semangat dik Anis n suami tuk sgera memperoleh momongan ga bakal surut...aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminn, terima kasih mbak ambar untuk doanya

      Delete
  7. khansa....nama yang memang indah....kayaknya sulit untuk tergantingan
    tapi masih ada qonita dan najwa kan say.....sip....siap ubek2 kitab klasiknya iki...! hehe

    ReplyDelete
  8. baca-baca punya temen sekelas sma ah :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini dia nikah kagak kabar kabar..
      Dah punya nama buat calon baby kamu blm tur?

      Delete
  9. nama anaknya temenq juga khansa mbak :)
    Kalo di kampungq, banyak orang kasih nama anaknya terinspirasi dari sinetron tanpa tau artinya, waduh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya itu yg bahaya. Klo artinya bagus tak masalah namun nama kadang sekilas baguS namun trnyata maknanya jelek itu yg bahaya. Mendoakan sesuatu yg jelek pd anak sendiri

      Delete
    2. Musti sering2 cari referensi ya mbak sebelum kasih nama anak :)

      Delete
    3. iya..
      biar nama yang diberikan pas banget buat anaknya

      Delete

Terima kasih telah meninggalkan JEJAK di Rumah ku ini :D