Keikhlasan Mensyukuri Nikmat a lifestyle blog Jejak Makna Inspirasi

Thursday, 22 November 2012

Keikhlasan Mensyukuri Nikmat


 ‘’Apakah kamu tiada melihat bahwasanya Allah menundukkan bagimu apa yang ada di bumi dan bahtera yang berlayar di lautan dengan perintah-Nya. dan dia menahan (benda-benda) langit jatuh ke bumi, melainkan dengan izin-Nya? Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengasih lagi Maha Penyayang kepada manusia”” (QS AL-Hajj:65)

Kenikmatan yang diberikanNya begitu sempurna.Mengalir dalam setiap molekul darah,menyatu dalam napas kehidupan yang tiada henti.Setiap detik tak terhingga nikmat yang tertorehkan pada kehidupan makhlukNya. Dan, yang menjadi pertanyaan, sudahkan kita bersyukur atas segala nikmat itu?, Atau jangankan kita bersyukur, apakah kita telah menerima dengan ikhlas terhadap nikmatNya?.Jangan sampai kita menjadi makhluk  khufur dengan tidak berterima kasih terhadap segala pemberianya.
Kedhoifan manusia hadir jika sisi hidupnya tidak sesuai dengan harapan pada dunia yang semu. Memandang indah kenikmatan orang lain yang justru belum tentu baik untuknya. Ada pepatah, "rumput tetangga lebih hijau", padahal sebenarnya jauh lebih hijau apa yang kita miliki. Ketidak ikhlasan terhadap nikmatnya menurut saya lebih pada tidak memahami potensi diri sendiri. Padahal kita diciptakan dengan kelebihan yang akan meningkatkan derajat kita baik di depan manusia maupun di depan yang Kuasa. Sering kali kita hanya terpacu pada kelemahan atau tepatnya terlalu membesarkan kelemahan, padahal kelemahan akan menjadi kekuatan jika kita mampu mengelola kelemahan tersebut.
Sebagai penutup, kita bisa memotivasi diri kita dengan membaca sekaligus menyelami surat cinta dariNYA.
 " Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), Maka Sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".(QS Ibrahim :7)






No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan JEJAK di Rumah ku ini :D