Jaga Pandangan yuukk

Tuesday, 25 September 2012

Jaga Pandangan yuukk

Ada pepatah mengatakan bahwa cinta datang dari mata turun ke hati. Mata lah yang menjadi mata panah penyebab diri kita selamat atau celaka dari apa yang kita lihat. Apalagi jika pandangan kita gunakan untuk maksiat atau hal yang tak seharusnya kita lihat. Untuk itulah Allah sangat perhatian dalam masalah menjaga pandangan. Dalam Alqur'an Allah berfirman " Katakanlah kepada laki-laki yang beriman hendaklah mereka
menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka bagi mereka, Sesungguhnya Allah maha mengetahui apa yang mereka perbuat. Katakanlah kepada wanita yang beriman hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasaannya kecuali yang biasanya nampak darinya." (QS. Annur :31-32).

Larangan yang Allah perintahkan tentu ada kebaikan di dalamnya. Diantara manfaat yang dapat kita peroleh dari menjaga pandangan diantaranya menurut Ibnu Qayyim Al jauziyah dalam buku Taman Orang Yang Jatuh Cinta, yaitu :
  1.  Memurnikan hati dari pedihnya penyesalan. 
  2. Melahirkan cahaya dan keceriaan di dalam hati
  3. Mendatangkan kekuatan firasat
  4. Terbukanya pintu ilmu.
  5. Menguatkan keteguhan hati.
  6. Mendatangkan kelapangan, ketenangan dan kelapangan di dalam hati.
  7. Terbebasnya dari belenggu syahwat.
  8. Menguatkan dan menajamkan akal pikiran.
Semoga yang sedikit diatas bisa menjadi pengingat bagi penulis khususnya untuk selalu menjaga pandangan ( Godhul Bashor)

2 comments:

  1. asal jangan menunduk terus lho ya......awas nanti kesandung.......hehe

    ReplyDelete
  2. kalau menunduk terus justru gak akan ke sandung, tapi terbentur atau nabrak orang kali. Ya semua sesuai porsinya, dan aturan islam indah jika di jalankan sesuatu ketentuannya...termasuk jaga pandangan juga ya di dunia maya.hehehe

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan JEJAK di Rumah ku ini :D